Comscore Tracker

4 Alat Sederhana Untuk Jadi YouTuber Pemula

Gak perlu beli yang mahal-mahal dululah

Menjadi karyawan kantoran yang bekerja di gedung tinggi, dari pukul 9 pagi sampai 5 sore nampaknya bukan pekerjaan yang menarik minat lagi para millennials. Sejak adanya Atta Halilintar, sang King of YouTubers Indonesia, millennials mulai terinspirasi menjadi content creator di YouTube.

Apalagi angka fantastis yang ditawarkan YouTube bisa melebihi gaji para pekerja kantoran. Untuk menjadi YouTuber, kamu tidak perlu mengeluarkan modal jutaan Rupiah lho. Cukup siapkan modal untuk membeli empat alat sederhana untuk jadi YouTuber pemula berikut ini:

1. Alat untuk merekam video

4 Alat Sederhana Untuk Jadi YouTuber Pemulapexels.com/@felixmittermeier

Alat perekam merupakan barang yang wajib kamu miliki. Kamu tidak perlu memiliki kamera profesional untuk memulai. Ada banyak YouTube terkenal yang merekam video mereka hanya dengan kamera smartphone mereka.

Jangan jadikan penghalang kalau kamu tidak memiliki kamera bagus. Pergunakan dan maksimalkanlah apa yang kamu miliki sekarang.

2. Stabilizer

4 Alat Sederhana Untuk Jadi YouTuber Pemulapexels.com/@weekendplayer

Stabilizer dapat membantu meningkatkan kualitas video yang kamu rekam. Kalau kamu merekam hanya mengandalkan tanganmu, ada kemungkinan video yang kamu rekam itu goyang dan tidak stabil sehingga hasilnya menjadi tidak bagus.

Kamu tidak perlu membeli dengan harga jutaan Rupiah, mulailah dari stabilizer yang biasa namun sudah bisa membuat video rekamanmu terlihat stabil.

3. Aplikasi edit video

4 Alat Sederhana Untuk Jadi YouTuber Pemulapexels.com/@negativespace

Setelah merekam, hasilnya akan lebih baik kalau kamu menyunting video-mu terlebih dahulu. Ada banyak aplikasi edit video gratis yang bisa kamu unduh. Kamu bisa memotong bagian yang tidak terlalu penting, menambahkan meme atau animasi dan membubuhkan subtitle untuk membantu temanmu yang tunarungu bisa menikmati video-mu.

Kamu bisa memilih aplikasi video gratis seperti FilmoraGo, Adobe Premiere Clip, VideoShow, PowerDirector, KineMaster, dan lainnya.

4. Siapkan konsep

4 Alat Sederhana Untuk Jadi YouTuber Pemulapexels.com/@startup-stock-photos

Konsep adalah modal termahal yang harus kamu miliki. Rata-rata, para YouTuber bisa mendapatkan banyak audiens karena konsep yang mereka usung. Konsep yang original dan menarik akan membuat orang mau menonton video-video yang kamu unggah.

Lalu darimana cara mendapatkan konsep dan ide yang menarik? Sering-sering saja menonton video, membaca dan memperhatikan sekitarmu. Itu saja sudah cukup menginspirasi kamu untuk menghasilkan konsep ideal di channel  YouTube.

Gimana, udah siap jadi YouTuber?

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Wesa Bhadrasana di IDN Times Community dengan judul Ingin Seperti Atta Halilintar? Ini 5 Modal Wajib YouTuber

Topic:

  • Irma Yudistirani
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya