Comscore Tracker

5 Aplikasi Untuk Membuat Kartu Ucapan Lebaran, Gampang Cara Pakainya

Bisa sebagai pengganti kamu karena gak bisa mudik

Sebentar lagi mau Lebaran nih. Tapi kamu gak bisa pulang kampung, atau bahkan mudik karena ada kebijakan physical distancing dan diam di rumah dari pemerintah. Padahal biasanya kamu bersilaturahmi bersama keluarga sambil menikmati kue khas Lebaran di rumah.

Tenagn, gak perlu sedih. Sebagai gantinya karena gak bisa pulang, berikan saja kejutan pakai aplikasi untuk membuat kartu ucapan Lebaran. Ya, setidaknya keluarga di rumah atau teman kamu jadi senang. Berikut rekomendasi aplikasi kartu ucapan lebaran:

1. Adobe Spark Post

5 Aplikasi Untuk Membuat Kartu Ucapan Lebaran, Gampang Cara PakainyaAdobe Spark Post (Dokumentasi Pribadi)

Siapa yang tak kenal software Adobe. Setelah sukses sebagai software art & desain di komputer, kini Adobe telah merambah smartphone. Yaitu Adobe Spark Post.

Seperti namanya Adobe Spark Post: Poster & Graphic Design Editor, aplikasi ini bisa kamu gunakan untuk membuat kartu ucapan lebaran. Cara pemakaiannya cukup mudah, dan fitur-fitur kustomisasi font hingga gambarnya cukup lengkap.

2. Over: Edit & Add Text to Photos

5 Aplikasi Untuk Membuat Kartu Ucapan Lebaran, Gampang Cara PakainyaOver (Dokumentasi Pribadi)

Aplikasi desain grafis oleh pengembang asal Amerika ini memang cukup asing terdengar. Secara basic, ini seperti aplikasi desain grafis pada umumnya. Kamu bisa mudah menentukan ukuran desain, menambahkan foto, dan mengedit teks.

Aplikasi ini memiliki pilihan grafis seperti background, font, sampai foto. Untuk sumber fotonya, aplikasi ini didukung oleh Unsplash.com, sumber foto gratis yang cukup populer.

Menariknya, aplikasi ini memiliki banyak template untuk ucapan Ramadan maupun idulfitri, meski kamu harus berlangganan premium untuk mendapatkan desain-desain tertentu yang lebih bagus.

3. Desygnner: Free Graphic Design, Photos, Full Editor

5 Aplikasi Untuk Membuat Kartu Ucapan Lebaran, Gampang Cara PakainyaDesygner (Dokumentasi pribadi)

Aplikasi ini biasa digunakan untuk membuat konten media sosial (Medsos), dan konten lain yang digunakan untuk kepentingan presentasi, pemasaran, maupun situs.

Cara penggunaannya juga gak ribet. Hanya saja kamu perlu ketelatenan dan kesabaran ekstra ketika menggunakan aplikasi ini. Uniknya, aplikasi ini memiliki fitur penjadwalan waktu post di medsos.

4. PicsArt Photo Studio: Collage Maker & Pic Editor

5 Aplikasi Untuk Membuat Kartu Ucapan Lebaran, Gampang Cara PakainyaPicsArt/Dokumentasi Pribadi

PicsArt pada dasarnya aplikasi yang lebih mudah digunakan untuk mengedit foto. Tapi bukan berarti kamu tidak bisa membuat kartu ucapan lebaran di sini. Kamu mungkin membutuhkan effort lebih, karena PicsArt tidak memiliki template seperti aplikasi yang sudah disebutkan di atas sebelumnya.

Kamu bisa memanfaatkan fitur free photo dari PicsArt dan menambahkan tulisan “Selamat Idulfitri”. Dalam hal koleksi foto, PicsArt memiliki banyak koleksi foto masjid, Ramadan, maupun foto lain bernuansa Islam yang bisa kamu manfaatkan.

5. Canva: Graphic Design for Flyers, Logo & Poster

5 Aplikasi Untuk Membuat Kartu Ucapan Lebaran, Gampang Cara PakainyaCanva (Dokumentasi Pribadi)

Canva adalah aplikasi yang bisa diapakai oleh para pemula. Maka tak salah bila aplikasi yang dikembangkan dari Australia ini banyak diminati. Terbukti dari Google Play Store memiliki rating 4.8 bintang, dan menjadi Editors Choice untuk aplikasi kategori Art & Design.

Canva sendiri biasa digunakan untuk keperluan pembuatan konten di medsos dan produk desain grafis lainnya seperti pemasaran, bisnis, undangan, serta lainnya.

Canva mengklaim memiliki 60 ribu template yang siap untuk diedit, lebih dari 3 juta foto, dan kamu juga bisa menambahkan filter dan foto kamu sendiri.

Itulah rekomendasi aplikasi kartu ucapan Lebaran. Semoga kiriman kartu ucapan secara virtual ini bisa mengobati keluarga atau teman yang kangen kamu ya.

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Terra Esa di IDN Times Community dengan judul 5 Rekomendasi Aplikasi Desain Buat Bikin Kartu Ucapan Lebaran, Fancy!

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya