Comscore Tracker

Anak Muda di Bali Diajak Promosi Wisata Lewat TikTok, Mau Mencobanya?

Hayo sih nih yang suka main TikTok?

Badung, IDN Times - Platform video berdurasi singkat yang tenar dengan nama TikTok, mendukung kreativitas anak muda di Bali untuk mengekspresikan ide kreatifnya. Hal tersebut disampaikan oleh Senior Director, Global Marketing, Business Solutions, TikTok, Ads Lionel Sim, yang juga menjadi pembicara di forum APOSTech, Kamis (21/11). Acara APOSTech yaitu sebuah konferensi teknologi tingkat Asia yang diadakan di Nusa Dua, Badung.

“Saat ini, orang-orang lebih banyak menghabiskan waktu menonton video melalui ponsel, sehingga menimbulkan perubahan dalam waktu mengonsumsi video singkat," ucap Lionel.

Pihaknya menjelaskan, TikTok menjadi platform yang memberikan ruang kepada penggunanya, untuk mengekspresikan ide kreatif mereka melalui konten dan menawarkan pengalaman menonton video dengan cara yang mudah, menarik, serta dapat dipersonalisasi.

1. Ajak anak muda Bali untuk berkreasi melalui TikTok

Anak Muda di Bali Diajak Promosi Wisata Lewat TikTok, Mau Mencobanya?IDN Times/Ayu Afria

TikTok ingin mengajak anak muda di Provinsi Bali untuk memanfaatkan platform tersebut, untuk mengintegrasikan industri kreatif dan pariwisata yang memiliki potensi sangat besar.

"Bali adalah salah satu provinsi penting bagi TikTok di Indonesia. TikTok tidak hanya menawarkan konten-konten yang menghibur. Tetapi dapat juga berperan dalam mengajak generasi muda di Bali untuk mempromosikan pariwisata dan industri kreatif ke dunia,” ujar Head of User and Content Operations TikTok Indonesia, Angga Anugrah Putra.

Menurut Angga, di Bali banyak creators konten TikTok meskipun belum bisa menunjukkan jumlahnya dalam angka. Misalnya pencinta hewan, creator makeup, creator fashion beauty, hingga yang hobi makan.

2. Video komedi adalah konten terpopuler di Indonesia

Anak Muda di Bali Diajak Promosi Wisata Lewat TikTok, Mau Mencobanya?IDN Times/ Ayu Afria

Beberapa fakta yang mungkin belum diketahui, video yang banyak ditonton orang Indonesia adalah komedi. Saat menggunakan TikTok, pengguna di Indonesia menonton lebih dari 100 video per hari.

Wajar saja, karena rupanya TikTok menawarkan beragam konten. Mulai dari hewan peliharaan, seni, kartun, komedi, kecantikan, makanan, pendidikan, dan masih banyak lagi. Dan ternyata dari semua itu, komedia menjadi konten paling favorit.

Selain itu, sebagai bukti bahwa orang-orang Indonesia menyukai aplikasi ini adalah filter grow old. Meskipun ada beberapa orang yang merasa menua itu mengerikan, pengguna di Indonesia sangat penasaran melihat diri mereka 10-20 tahun ke depan.

Filter grow old menjadi filter paling digemari oleh pengguna TikTok di Indonesia. Selain filter menarik ini, filter lainnya yang paling banyak digunakan pengguna di Indonesia adalah flower ring yang menjadikan wajah pengguna lebih cantik, dan bisa menambahkan hiasan bunga di kepalanya,” jelasnya.

3. TikTok rupanya berkolaborasi dengan pemerintah

Anak Muda di Bali Diajak Promosi Wisata Lewat TikTok, Mau Mencobanya?IDN Times/Ayu Afria

Selain menyediakan platform untuk menciptakan video durasi pendek yang menangkap momen-momen penting, TikTok juga sering berkolaborasi dengan pemerintah dan pihak lokal lainnya melalui kegiatan online serta offline. Angga menyebutkan, selain Dinas Pariwisata, pihaknya juga bekerja sama dengan Kominfo dan beberapa dinas lainnya.

Salah satunya tantangan tagar terpopuler di Indonesia. Orang Indonesia tidak hanya suka mengikuti tantangan. Tapi juga gemar menonton video tantangan tersebut. “Tantangan #EkspresiMerdeka, bekerja sama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga, mendapatkan 64,9 juta view. Sementara #ColorfulMedan yang berkolaborasi dengan Dinas Pariwisata Kota Medan meraih 24,3 juta view,” ucap Angga.

Topic:

  • Ayu Afria Ulita Ermalia
  • Irma Yudistirani

Just For You