Comscore Tracker

Cara Memperbaiki Flashdisk yang Tidak Terbaca, Gampang Kok!

Selow guys. Cobain dulu caranya sebelum beli yang baru

Flashdisk sampai sekarang menjadi benda wajib yang harus dimiliki oleh para pelajar hingga pekerja. Meskipun kecil dan mudah dibawa ke mana-mana, faktanya flashdisk juga rentan mengalami masalah.

Masalah umum yang sering dihadapi adalah file-nya tidak dapat terbaca. Waduh! Apakah flashdisk-nya rusak? Belum tentu. Berikut ini cara mengatasi flashdisk yang tidak terbaca:

Baca Juga: Cara Menghilangkan Virus Shortcut di Flashdisk Tanpa Antivirus

1. Coba kamu buka Properties

Cara Memperbaiki Flashdisk yang Tidak Terbaca, Gampang Kok!lifewire.com

Windows 10 hadir dengan fitur khusus untuk mengecek maupun memperbaiki perangkat penyimpanan yang mengalami masalah. Termasuk masalah file yang tidak terbaca.

Sekarang buka File Explorer, pilih driver flashdisk kamu lalu klik kanan dan pilih Properties. Pilihlah Tools, klik Check di bagian Error Checking. Pilih opsi Scan and Repair Drive. Silakan ditunggu sampai Windows menemukan dan memperbaiki masalahnya.

Cara ini berlaku hanya untuk flashdisk yang driver-nya masih bisa terbaca di File Explorer.

2. Uninstall device

Cara Memperbaiki Flashdisk yang Tidak Terbaca, Gampang Kok!addictivetips.com

Satu kemungkinan flashdisk kamu tidak terbaca di File Explorer karena driver-nya mengalami kerusakan. Kalau kondisinya memang seperti itu, pilihlah Uninstall Device di flashdisk kamu.

Caranya, klik kanan Start Menu dan pilih Device Manager. Geser kursornya ke driver flashdisk, klik kanan lalu pilih Uninstall Device. Setelah itu restart laptopp atau PC, dan Windows otomatis akan menginstal driver flashdisk kamu yang baru.

Baca Juga: Cara Jitu Basmi Virus Shortcut di Flashdisk Tanpa Antivirus

3. Ubah pengaturan USB Root Hub

Cara Memperbaiki Flashdisk yang Tidak Terbaca, Gampang Kok!wincrunch.com

Caranya, buka Device Manager dan klik kanan USB Root Hub di bagian USB Serial Bus Controllers. Pilih Properties, lalu hapus centang Allow the computer to turn off this device to save power di bagian tab Power Management.

KAlau ada lebih dari satu USB Root Hub, maka lakukan juga untuk yang lainnya. Apabila proses tersebut sudah selesai, restart laptop atau PC kamu dan lihatlah hasilnya. Apakah flashdisk kamu sudah terbaca?

4. Cara yang terakhir adalah mematikan USB Selective Suspend Setting

Cara Memperbaiki Flashdisk yang Tidak Terbaca, Gampang Kok!thewindowsclub.com

Windows umumnya akan mematikan daya flashdisk yang tertancap di laptop atau PC setelah tidak digunakan beberapa menit. Tujuannya Untuk menghemat daya tahan baterai maupun keawetan perangkat USB. Mungkin hal itulah yang membuat flashdisk kamu jadi tidak dapat terbaca. Kamu bisa mematikan fitur ini kok.

Caranya, search Power & sleep di System. Pilih Additional Power Setting di sisi kanan > Change plan settings > Change advanced Power Setting. Pilihlah USB Selective Suspend Setting di bagian USB Settings, kemudian atur On battery maupun Plugged in ke Disabled. Nah, apakah flashdisk kamu jadi terbaca?

Itulah cara mengatasi flashdisk yang tidak terbaca. Kamu ada cara yang lain? Bagi infonya di kolom komentar ya.

Baca Juga: Tips Mengatasi Flashdisk Tak Terbaca dan Cara Merawatnya

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya