TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Cara Bermain Contexto Game, Tebak Kata dengan AI

Sederhana, tapi bikin penasaran

Tampilan Contexto Game. (Contextogame.io)

Perkembangan teknologi game kini semakin pesat. Satu di antaranya menggabungkan dengan teknologi Artificial Intelligent (AI) atau kecerdasan buatan. Jika kamu tertarik memainkan game yang dipadukan dengan AI, kamu bisa mencoba bermain Contexto Game. Penasaran seperti apa? Simak penjelasannya ya!

Baca Juga: 6 Poki Games 2 Player, Cocok untuk Mabar Nih

1. Apa itu Contexto Game

Foto hanya ilustrasi. (unsplash.com/Sven Brandsma)

Game kata-kata yang mulai populer ini adalah besutan dari developer asal Brasil. Contexto Game terinspirasi dari jenis game yang sama yaitu Semantle Game. Contexto Game mengajak pemainnya untuk menebak sebuah kata rahasia.

Bedanya dengan game sejenis adalah pemain bisa menebak kata berkali-kali tanpa ada batasan. Kata rahasia ini akan selalu berubah setiap hari (berubah pada tengah malam). Hal ini akan membuat pemain semakin penasaran untuk menebak kata rahasia dengan tepat. Kamu tidak perlu mengunduh Contexto Game, karena bisa diakses melalui browser (web based).

2. Penggunaan teknologi AI

Ilustrasi website yang menggunakan AI dalam pembuatannya. (Pixabay.com/geralt)

Walaupun sekilas mirip dengan game tebak kata lainnya, namun Contexto Game telah menggunakan teknologi AI. Pemain menemukan kata bukan berdasarkan meletakkan huruf dan posisi yang benar. Sebaliknya, pemain menemukan kata berdasarkan relevansi dan kesamaan kontekstual.

Contexto Game menggunakan algoritma AI berdasarkan GloVe (Global Vectors for Word Representation) dari The Stanford Natural Language Processing Group. Algoritma AI ini mencari kedekatan relatif antara kata-kata. Misalnya, kata 'game' sering muncul di sekitar kata-kata seperti 'bermain' dan 'komputer'. Namun, kata 'game' ini jarang muncul di sekitar kata 'jerapah' atau 'lantai'.

Verified Writer

Ari Budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya