Comscore Tracker

Kamu Online Hampir 24 Jam? Penting Kenali Problematic Internet Use Ini

Jangan sampai dicap ansos oleh temen-temen kamu

Tak dapat dipungkiri bahwa internet menjadi salah satu aspek penting dalam membantu mempermudah kehidupan manusia sehari-hari. Melalui internet segalanya menjadi lebih cepat dan kamu bisa menemukan apa saja di sana dengan biaya yang relatif murah. Kendati begitu, teknologi ini bisa memberikan dampak negatif kepada setiap orang.

Setelah diusut lebih lanjut, rupanya internet juga bisa mengubah mood (suasana hati), konsentrasi, hingga memberikan pengalaman disosiasi kepada para penggunanya. Itulah alasan kenapa banyak orang yang lebih suka menyendiri dan berselancar di 'dunia'-nya sendiri yang penuh akan konten online serta game online.

Apabila ada teman kamu yang seperti itu, atau malah kamu sendiri yang mengalaminya, berarti kamu atau dia sudah terkena 'problematic internet use' (PIU). 

Istilah tersebut memang belum familiar, masih terdengar asing kan? Padahal ini bukan sesuatu yang langka kok karena kamu pasti melihatnya di mana-mana. Kenali lebih lanjut seputar problematic internet use di bawah ini.

1. Apa itu problematic internet use (PIU)?

Kamu Online Hampir 24 Jam? Penting Kenali Problematic Internet Use Inionlineacademiccommunity.uvic.ca

Sebelum masuk ke pembahasan lebih dalam, kamu harus tahu terlebih dahulu apa itu problematic internet use atau PIU. Menurut Dr. David Greenfield dari Centre for Internet
Behaviour yang ada di Amerika Serikat, PIU merupakan penggunaan internet yang berlebihan sehingga membuat kamu mengalami perubahan motivasi, konsentrasi, mood, dan menghasilkan pengalaman disosiasi.

Untuk beberapa orang, penggunaan internet malah bisa disalahgunakan. Apalagi internet zaman now benar-benar mampu memengaruhi perilaku dan pekerjaan seseorang. Jika sampai kebablasan, internet bisa memberikan pengaruh yang sangat tidak baik.

2. Lebih sering terjadi di kalangan remaja

Kamu Online Hampir 24 Jam? Penting Kenali Problematic Internet Use Initelegraph.co.uk

Melansir Victoria State Government, PIU lebih sering menyerang remaja, baik itu wanita maupun pria. Usut punya usut, kebanyakan remaja masa kini terlalu keasyikan menggunakan internet sehingga penggunaan internet menjadi tidak terkontrol. 

Terlebih, aktivitas online mereka sampai bisa membuat segala urusan di dunia nyata terabaikan. Kalau kamu sering menemukan orang yang selalu sibuk bermain hp nya, baik saat sedang bekerja, kuliah, ataupun bermain, maka dia kemungkinan besar tergolong orang-orang yang sudah kena PIU. Begitu juga dengan dirimu, jika merasa sudah terlalu banyak menghabiskan waktu dengan HP, segera kontrol diri.

3. PIU tidak bisa didiagnosis

Kamu Online Hampir 24 Jam? Penting Kenali Problematic Internet Use Inigomerblog.com

Kecanduan internet sudah dipelajari dan terjadi di seluruh dunia. Meski demikian, PIU belum masuk ke dalam klasifikasi DSM IV (Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders Edition IV).

Dengan begitu maka seseorang yang terkena PIU tidak akan bisa didiagnosis oleh dokter. Praktis, akses medis untuk menangani PIU menjadi terbatas. jadi upayakan untuk melakukan pengurangan waktu konsumsi internet sedikit demi sedikit.

Baca Juga: Anak 90-an Pasti Tahu, Ini 7 Gadget Lawas yang Masih Layak Kamu Beli

4. Risiko terkena PIU

Kamu Online Hampir 24 Jam? Penting Kenali Problematic Internet Use Inikevincomunica.com

Segala sesuatu yang kamu lakukan di dunia ini pasti ada akibatnya. Termasuk PIU, ketika kamu menggunakan internet secara berlebihan tanpa bisa mengontrolnya, maka akan ada beberapa risiko yang bakal menghantuimu. Berikut beberapa risikonya:

  • Menderita depresi atau kecemasan;
  • Tidak mendapat dukungan sosial;
  • Memiliki sedikit teman di dunia nyata;
  • Sering kebosanan dan stres;
  • Memiliki cacat fisik karena sering berdiam diri asyik dengan HP atau depan layar komputer.

5. Tanda-tanda sudah terkena PIU

Kamu Online Hampir 24 Jam? Penting Kenali Problematic Internet Use Inicanvas.com

Sebenarnya tidak ada tanda-tanda pasti dari apakah kamu terkena problematic internet use atau tidak. Namun, beberapa hal ini mungkin bisa menjadi acuan untuk mengetahui apakah kamu tergolong ke dalam orang yang terkena PIU atau tidak:

  • Khawatir kalau tidak online;
  • Kesulitan menyelesaikan pekerjaan rumah;
  • Mengganti peran teman di dunia nyata dengan teman di dunia online;
  • Hanya merasa senang ketika sedang bermain game;
  • Mendapat beberapa gejala fisik seperti sakit kepala, mata kering, penurunan atau peningkatan berat badan yang drastis, hingga sakit leher.

6. Bisa memicu hubungan keluarga retak

Kamu Online Hampir 24 Jam? Penting Kenali Problematic Internet Use Iniallprodad.com

Keluarga seharusnya menjadi orang terdekat bagi setiap anggota keluarganya. Sayangnya, pada praktiknya banyak kita temukan orang-orang yang justru tidak bisa dekat dengan keluarganya sendiri. Nah PIU adalah salah satu alasan kenapa seorang remaja tidak bisa dekat dengan keluarganya, malahan berpotensi merusak hubungan keluarga, demikian dikutip dari The Conversation.

Sebagai contoh, ketika keluarga besar kamu sedang berkumpul ke rumah kamu, kamu lebih suka pergi ke atas untuk kembali bermain game. Pasalnya, di perkumpulan tersebut kamu tidak bisa mendapatkan kenyamanan seperti ketika kamu bermain internet.

Tentu saja orangtua mu menganggap kamu tidak sopan karena kamu menghindari keluarga besar sendiri. Inilah kenapa PIU bisa membuat hubungan keluarga menjadi retak.

7. Apa yang harus kamu lakukan untuk keluar dari PIU?

Kamu Online Hampir 24 Jam? Penting Kenali Problematic Internet Use Initheconversation.com

Melepaskan diri dari problematic internet use (PIU) tentu tidaklah mudah. Bagaimana tidak, PIU berarti kamu sudah kecanduan internet dan game online. Lepas dari kecanduan akan sesuatu tentu perlu usaha yang lebih.

Kalau sudah kena yang namanya kecanduan, pasti sulit untuk dihentikan. Nah coba saja kamu bikin seseorang sembuh dari kecanduan rokok atau narkoba, pasti susah kan? PIU juga sama dengan hal itu.

Tapi tenang, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk keluar dari PIU. Salah satu caranya adalah dengan membatasi diri kamu sendiri untuk bermain internet serta game online.

Kamu harus bisa tegas kepada diri sendiri supaya bisa sembuh dari kecanduan internet. Pastinya kamu ogah kan dicap ansos lah, introvert lah, oleh teman-teman sebayamu?

Baca Juga: 9 Cara Mengurangi Kecanduan Gadget, Ikuti Tahapnya agar Bisa Produktif

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya