Comscore Tracker

Hati-hati, 6 Smartphone Ini Radiasinya Tinggi

Mending kamu cek deh biar kesehatanmu gak gangguan

Keberadaan smartphone hampir setiap hari menemani kehidupan manusia. Mulai dari kepoin media sosial (Medsos), menelepon seseorang, chatting, browsing, mendengarkan musik, menonton video adalah aktivitas yang nyaris rutin kamu lakukan setiap hari. Iya gak? Tapi kamu harus berhati-hati ya. Sebab, beberapa smartphone memiliki kadar radiasi yang tinggi, lho! Ini dia daftarnya:

1. Kenali dulu yuk tentang specific absorption rate (SAR)

Hati-hati, 6 Smartphone Ini Radiasinya Tinggimsn.com

Berbicara tentang radiasi smartphone tentunya tak lepas dari specific absorption rate (SAR). Ini adalah ukuran laju di mana energi diserap oleh tubuh manusia ketika terkena frekuensi radio elektromagnetik. SAR tidak hanya didapat dari smartphone, tetapi juga dari MRI scanner maupun USG.

Saat mengukur SAR, telepon diletakkan di kepala manusia seperti dalam posisi menelepon. Lalu, nilai SAR diukur di lokasi yang memiliki tingkat penyerapan tinggi di kepala. Wajarnya, batas SAR dalam smartphone adalah 2W/kg. Sementara Federal Communications Commission (FCC) mensyaratkan SAR berada di bawah 1,6W/kg.

2. Xiaomi Mi Mix 3 (1,45 W/kg)

Hati-hati, 6 Smartphone Ini Radiasinya Tinggicnet.com

Laman Statista merilis daftar smartphone yang memiliki kandungan radiasi tertinggi. Hasilnya, beberapa smartphone Xiaomi termasuk di dalamnya!

Satu di antaranya Xiaomi Mi Mix 3 yang memiliki kadar SAR 1,45 W/kg. Padahal smartphone ini memiliki fitur yang unggul seperti RAM 10 GB, konektivitas yang mendukung hingga 5G, desain slide, serta memiliki 4 kamera (Dua di belakang dan dua di depan).

3. HTC U12 Life (1,48 W/kg)

Hati-hati, 6 Smartphone Ini Radiasinya Tinggizdnet.com

Di atas Xiaomi, ada HTC U12 Life dengan kadar SAR 1,48 W/kg. Dalam list yang dirilis Statista, hanya ada dua smartphone HTC yang masuk di daftar. Padahal HTC U12 Life ini diperkuat dengan memori internal berkapasitas 64 GB, 4 GB RAM, serta dual kamera 16 MP (belakang) dan 5 MP (depan). Hati-hati bila ini smartphone kamu.

4. OnePlus 6T (1,55 W/kg)

Hati-hati, 6 Smartphone Ini Radiasinya Tinggibgr.com

Ponsel yang terkenal dengan OS Android Pie 9.1 dan layar Corning Gorilla Glass 6 ini juga tak luput dari persoalan radiasi. Laman Statista menyebut OnePlus 6T ini memiliki kadar SAR hingga 1,55 W/kg. Yang cukup menjadi perhatian adalah ada empat seri smartphone OnePlus dalam daftar yang memiliki tingkat radiasi tinggi!

5. Xiaomi Mi Max 3 (1,58 W/kg)

Hati-hati, 6 Smartphone Ini Radiasinya Tinggiapiastos.gr

Xiaomi lagi-lagi berada dalam daftar smartphone dengan tingkat radiasi tertinggi. Tercatat, kadar SAR dalam Xiaomi Mi Max 3 ini adalah 1,58 W/kg. Padahal smartphone ini terkenal tangguh untuk gaming. Fitur-fitur di dalamnya pun cukup mengagumkan. Yakni diperkuat dengan Android 8.1 (Oreo), 128 GB memori internal dan RAM hingga 6 GB.

6. OnePlus 5T (1,68 W/kg)

Hati-hati, 6 Smartphone Ini Radiasinya Tinggitrustedreviews.com

Dengan SAR 1,68 W/kg, OnePlus 5T ini jelas berada lebih dari di ambang batas yang direkomendasikan oleh Federal Communications Commission (FCC). Laman Statista menyebut bahwa OnePlus 5T ini berada di peringkat dua smartphone dengan radiasi yang paling tinggi. Pertimbangkan baik-baik dalam memiliki smartphone ini, ya!

7. Xiaomi Mi A1 (1,75 W/kg)

Hati-hati, 6 Smartphone Ini Radiasinya Tinggitechweez.com

Sampailah kita pada urutan pertama smartphone dengan tingkat radiasi tertinggi! Ya, Xiaomi Mi A1 adalah juaranya. Smartphone ini memiliki kadar SAR 1,75 W/kg, jauh lebih tinggi dari yang dianjurkan yaitu 1,6 W/kg. Dengan kadar radiasi yang tinggi, ditakutkan itu akan memengaruhi kesehatan dan keamanan penggunanya.

Nah, itulah daftar smartphone yang memiliki tingkat radiasi tinggi. Untuk selengkapnya, kamu bisa cek di statista.com.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Just For You