Comscore Tracker

Antisipasi Sebelum Hilang! 7 Rekomendasi Aplikasi untuk Backup Data

Sebaiknya sedia payung sebelum hujan ya!

Hal tak terduga, bisa tiba-tiba terjadi tanpa kita prediksi. Termasuk saat kehilangan handphone ataupun gadget yang mendadak rusak. Sebelum hal itu terjadi, lebih baik ambil langkah antisipasi seperti backup data, kontak, dan dokumen-dokumen penting. Mengingat kini semakin banyak aktivitas yang dilakukan di handphone, mem-back up data sudah menjadi sebuah keharusan.

Sedia payung sebelum hujan yuk! Sebelum terlambat, backup-lah data-data kamu! Berikut ini 7 rekomendasi aplikasi yang dapat digunakan untuk back up semua data kamu.

1. Google Drive

Antisipasi Sebelum Hilang! 7 Rekomendasi Aplikasi untuk Backup Datafstoppers.com

Siapa yang tak kenal Google Drive? Rasanya, hampir semua orang memiliki aplikasi ini. Aplikasi yang diluncurkan pada 27 April 2011 ini sangat bermanfaat untuk mengunggah file dan berkas penting secara gratis hingga 15 GB! Cara mengakses Google Drive pun mudah karena langsung terkoneksi dengan Gmail kita.

Bisa dibilang, Google Drive adalah aplikasi backup data yang paling terkenal. Ini terbukti dari jumlah unduhan yang mencapai lebih dari 1 miliar! Jika menurutmu 15 GB yang disediakan Google Drive kurang, kamu bisa melakukan upgrade! Kamu bisa memilih upgrade ruang kapasitas 100 GB atau 1 TB yang bisa dibayar per bulan atau per tahun.

2. G Cloud Backup

Antisipasi Sebelum Hilang! 7 Rekomendasi Aplikasi untuk Backup Datagcloud.zoolz.com

Beranjak ke aplikasi G Cloud Backup yang telah diunduh lebih dari 5 juta kali. G Cloud Backup menjanjikan ruang penyimpanan 10 GB yang bisa diakses secara gratis. Dengan aplikasi ini, kamu bisa menyimpan kontak, pesan, foto, video, musik, dokumen, file hingga history telepon dengan aman dan mudah.

G Cloud Backup akan otomatis mencadangkan file apabila kita sedang tersambung dengan jaringan WiFi. Selain itu, kamu bisa melindungi aplikasi ini dengan kata sandi agar tak semua orang bisa membukanya. Sebelum itu, jangan lupa mendaftar dan membuat akun terlebih dahulu!

3. Easy Backup

Antisipasi Sebelum Hilang! 7 Rekomendasi Aplikasi untuk Backup Datamobikin.com

Perlu diingat bahwa aplikasi Easy Backup hanya bisa mencadangkan, memulihkan, dan mengekspor kontak seluler kita saja. Aplikasi ini pertama kali dirilis pada 3 November 2014 dan telah berhasil mencapai angka 1 juta unduhan. Ukurannya pun ringan dan tak terlalu menyita ruang penyimpanan, hanya 10,45 MB saja.

Dengan Easy Backup, kamu bisa mencadangkan kontak hanya dengan sekali tekan. Kamu juga bisa mengekspor kontak yang bisa dikirim langsung ke alamat email. Kontak juga bisa dikirim ke aplikasi lain, seperti Whatsapp, Gmail, Google Drive, Dropbox, Skype dan lainnya. Untuk mengakses aplikasi ini, cukup registrasi dengan alamat email, ya!

4. Dropbox

Antisipasi Sebelum Hilang! 7 Rekomendasi Aplikasi untuk Backup Dataneowin.net

Dropbox adalah pesaing utama dari Google Drive. Bahkan, Dropbox dirilis lebih dulu, yakni pada 4 Mei 2010. Untuk versi gratis, Dropbox akan memberikan ruang sebesar 2 GB secara cuma-cuma. Kamu juga bisa melakukan upgrade ke versi Dropbox Plus (2 TB) atau Dropbox Professional (3 TB).

Dengan Dropbox, kamu bisa menyimpan dan mengakses file dari perangkat mana saja. Selain itu, kita bisa membagikan file dengan siapa saja, tanpa mereka harus memiliki akun Dropbox. Selain itu, kamu bisa tahu kapan orang melakukan perubahan pada file Dropbox, sehingga kita bisa melacaknya. 

Baca Juga: Hari Backup Data, Inilah 9 Sejarah Perkembangan Fitur Dokumen Cadangan

5. Box

Antisipasi Sebelum Hilang! 7 Rekomendasi Aplikasi untuk Backup Datasoftwareengineeringdaily.com

Meski namanya mirip, Box berbeda dengan Dropbox. Aplikasi Box pertama kali diluncurkan pada 22 September 2010 dan berhasil meraih lebih dari 10 juta unduhan di Google Playstore. Box menyediakan ruang penyimpanan sebesar 10 GB secara cuma-cuma di awal, namun kamu bisa melakukan upgrade jika perlu ruang yang lebih besar.

Dengan Box, kamu bisa mengakses seluruh file, baik lewat smartphone, tablet atau PC. File yang bisa kamu unggah adalah foto, video, PDF hingga file yang berkaitan dengan Microsoft Office. Kamu juga bisa membagikan file dengan mudah dan mengakses file secara offline. Jadi, masih ragu untuk mengunduhnya?

6. My Cloud

Antisipasi Sebelum Hilang! 7 Rekomendasi Aplikasi untuk Backup Datastoragereview.com

Kalau ini adalah aplikasi backup data yang dirilis oleh Western Digital (WD), perusahaan yang memproduksi hard disk eksternal. Dengan aplikasi My Cloud, kamu bisa mengakses file dan folder dari mana saja, termasuk lewat smartphone atau tablet. Bukan hanya itu, kamu bisa melihat file berdasarkan tipenya.

Lebih lanjut, kamu bisa melihat gambar dengan format file RAW dengan aplikasi My Cloud. Selain itu, kamu bisa melihat kapasitas ruang penyimpanan dan membedakan kategori berdasarkan file video, foto, musik dan dokumen lainnya. Tak perlu khawatir, aplikasi ini tidak menyita banyak ruang penyimpanan. Ukurannya hanya 24,27 MB saja.

7. Microsoft One Drive

Antisipasi Sebelum Hilang! 7 Rekomendasi Aplikasi untuk Backup Datatheverge.com

Terakhir, ada aplikasi Microsoft OneDrive yang wajib kamu unduh. Aplikasi yang pertama diluncurkan pada 28 Agustus 2012 ini berhasil meraih lebih dari 500 juta unduhan di Google Playstore. Dengan OneDrive, kamu bisa menyimpan file Word, Excel, PowerPoint dan OneNote dengan cepat.

OneDrive memberi ruang penyimpanan sebesar 5 GB secara cuma-cuma. Tapi, kalau kamu ingin ruang yang lebih besar, coba upgrade saja! Untuk ruang sebesar 100 GB, kamu diharuskan membayar sekitar US$1.99 (atau sekitar Rp28 ribu) per bulan. 

Nah itu 7 rekomendasi aplikasi untuk backup data. Bisa segera dicoba ya untuk selamatkan semua data-data penting kamu.

Baca Juga: Ini Fakta World Backup Day yang Jatuh Setiap 31 Maret

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya