Comscore Tracker

7 Tips Biar Instagram Kamu Jadi Lebih Pribadi, Gak Cuma Mode Private

Jadi lebih bebas deh sekarang

Perkembangan media sosial yang kini semakin masif, ternyata cukup berisiko bagi pengguna aktifnya. Tidak sedikit di antara kita yang justru tidak begitu mengenal baik orang-orang yang follow atau berteman dengan kita.

Apalagi mengetahui siapa yang kira-kira menjadi stalkernya. Kemungkinan ini menjadi lebih menakutkan terutama pada Instagram, platform yang mendorong penggunanya membagikan foto dan video mereka.

Oleh karena itu, jika kamu termasuk orang yang khawatir akan stalker dan kejahatan internet lainnya, going private adalah pilihan yang terbaik. Dengan begitu kamu bisa hanya berinteraksi dengan orang-orang terdekat saja.

Bagaimana tips agar akun Instagram kamu semakin private? Berikut ini cara-cara yang bisa kamu lakukan.

1. Jangan hubungkan akun Instagram dengan Facebook

7 Tips Biar Instagram Kamu Jadi Lebih Pribadi, Gak Cuma Mode Privateidcloudhost.com

Pada umumnya orang aktif di Facebook dan Instagram untuk alasan yang berbeda. Facebook digunakan untuk berinteraksi dengan keluarga, sedangkan Instagram untuk komunikasi dengan teman.

Oleh karena itu, kamu mungkin memiliki hal-hal yang tidak ingin kamu bagikan ke salah satunya. Untuk menghindari “bocornya” post di Instagram ke laman Facebook, kamu harus memutuskan tautan keduanya.

Untuk melakukannya, masuklah ke Settings, scroll untuk menemukan Linked accounts, kemudian klik Facebook. Untuk memutuskan tautan, klik Unlink button.

2. Setel akun ke mode private

7 Tips Biar Instagram Kamu Jadi Lebih Pribadi, Gak Cuma Mode Privatefollows.com

Pilihan terbaik untuk menghindar dari orang asing di Instagram adalah dengan menyetel mode private. Dengan mengaktifkannya, kamu bisa memilih siapa yang bisa menjadi follower dan siapa saja yang bisa melihat story atau post kamu.

Kamu akan terhindar dari orang asing dan stalker karena kamu mengenal betul siapa audiens kamu. Untuk menyetelnya, pergilah ke Settings dan klik pilihan Private account.

3. Pillihlah close friends list

7 Tips Biar Instagram Kamu Jadi Lebih Pribadi, Gak Cuma Mode Privatevox-cdn.com

Jika kamu ingin memiliki follower yang banyak, kamu tentu butuh akun yang sifatnya publik. Kamu masih bisa kok mendapatkan privasi dengan membuat daftar close friends yang terdiri dari orang-orang terdekatmu saja. Fitur ini ditujukan agar kamu bisa membagikan momen pribadi atau keluh kesahmu, tanpa diketahui semua follower-mu.

Untuk melakukannya, pergilah ke kamera untuk story. Kemudian klik Settings di bagian kiri atas. Di sana kamu bisa memilih siapa saja yang akan termasuk ke dalam Close Friends List. Dengan begitu kamu bisa membagikan story hanya kepada mereka saja.

Baca Juga: Apa yang Harus Kamu Lakukan jika Akun Instagrammu Diretas?

4. Mengontrol audiens Instagram Story

7 Tips Biar Instagram Kamu Jadi Lebih Pribadi, Gak Cuma Mode Privatefonepaw.com

Jika kamu ingin menambahkan saringan yang lebih banyak lagi, kamu bisa menyembunyikan update story-mu dari orang-orang tertentu. Misalnya dari bos, keluarga, atau temanmu. Kamu juga bisa mengatur apakah orang lain dapat resharing story atau tidak.

Kamu dapat mengakses pengaturan ini di bagian story, kemudian centang siapa saja yang ingin kamu block untuk melihat apa yang kamu bagikan. Scroll ke bawah untuk menyetel fitur Sharing.

5. Nonaktifkan activity status

7 Tips Biar Instagram Kamu Jadi Lebih Pribadi, Gak Cuma Mode Privatemacrumors.com

Orang lain bisa melihat kapan terakhir kali kamu mengakses Instagram melalui activity status. Namun tidak seperti WhatsApp, pengguna Instagram tidak terlalu sering menggunakan fitur DM karena masih ada aplikasi lain yang lebih baik.

Oleh karena itu, sebenarnya fitur activity status tidak memiliki signifikansi. Untuk mematikannya, kamu bisa mengaksesnya di Settings > Activity status.

6. Menyaring komentar orang lain

7 Tips Biar Instagram Kamu Jadi Lebih Pribadi, Gak Cuma Mode Privateimgix.net

Pernahkah kamu mendapatkan komentar “Ingin tumbuh tinggi? Yuk cek profil kami kak!”? Komentar-komentar promosi seperti itu memang tidak bisa dihindari, terutama untuk akun yang sifatnya publik.

Tidak jarang, pengguna mendapatkan komentar negatif yang penuh dengan kebencian. Jika kamu merasa terganggu dengannya, Instagram memiliki fitur yang bisa menyaring komentar netizen.

Ada banyak opsi yang ditawarkan. Apakah kamu ingin membuat whitelist atau blacklist. Selain itu kamu juga bisa menyaringnya secara otomatis dan manual. Cukup pergi ke Settings > Comment controls. Instagram pun memungkinkan penggunanya untuk tidak menerima komentar sama sekali.

7. Sembunyikan lokasimu

7 Tips Biar Instagram Kamu Jadi Lebih Pribadi, Gak Cuma Mode Privatetechcrunch.com

Lokasi adalah salah satu informasi paling pribadi yang bisa dieksploitasi orang lain jika tidak hati-hati. Oleh karena itu sebaiknya jangan pernah membagikan lokasi di kontenmu dan mengabulkan permintaan akses GPS dari Instagram.

Untuk pengguna iOS, kamu bisa mengaksesnya melalui Settings > Privacy > Location Services. Sedangkan untuk pengguna Android, ini terletak pada Settings > Security & Location.

Dengan mengaplikasikan cara-cara di atas kamu bisa menikmati Instagram dengan lebih pribadi. Tidak perlu lagi khawatir jika nantinya ada orang lain yang akan iseng atau berbuat yang gak baik ke diri kamu. Kalau kamu tipe yang sangat sensitif dengan omongan orang, atau komentar negatif, cara ini bakal buat kamu lepas dari kecemasan itu. Selamat mencoba ya!

Baca Juga: Coba Filter Keren Instagram Story dari 21 Akun yang Wajib Kamu Follow

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya