Comscore Tracker

7 Merek Smartphone Asli Milik Indonesia, Ada yang Buatan Anak ITS Lho

Dikira Indonesia gak bisa memproduksi ya

Selama ini industri smartphone didominasi oleh merek-merek asal luar negeri. Seperti Xiaomi dari Tiongkok, Samsung dari Korea Selatan dan Apple dari Amerika. Tapi jangan salah. Indonesia juga memproduksi smartphone yang bisa jadi, masih kamu pakai hingga sekarang.

Apa saja sih mereknya? Berikut ini ulasannya.

1. Evercoss

7 Merek Smartphone Asli Milik Indonesia, Ada yang Buatan Anak ITS Lhoevercoss.com

Perusahaan yang sebelumnya bernama Cross Mobile ini adalah salah satu pabrikan smartphone asal Indonesia yang cukup eksis (setidaknya di pasaran Indonesia). Menyasar kalangan menengah ke bawah, perusahaan yang mulai dirikan pada tahun 2008 di Jakarta ini sudah banyak memproduksi ponsel, tablet dan smartphone berkualitas dengan harga murah.

Beberapa produk smartphone buatan pabrikan satu ini adalah Evercoss Winner Series dan Evercoss Elevate Series. Fyi, gak semua produk dari pabrikan ini buatan Indonesia! Beberapa komponen hardware masih menggunakan produk Tiongkok dan juga Jerman.

Baca Juga: 5 Aplikasi Untuk Melacak Telepon Orang yang Suka Meneror Kamu

2. Mito Mobile

7 Merek Smartphone Asli Milik Indonesia, Ada yang Buatan Anak ITS Lhomitomobile.com

Kalau bicara soal perusahaan ponsel lokal, maka nama peraih Top 3 vendor ponsel terbesar di Indonesia ini gak boleh dilupakan. Pasalnya, pabrikan yang berpusat di Jakarta ini memang salah satu pabrikan ponsel pertama dan tertua di Indonesia.

Pabrikan yang didirikan sejak tahun 2006 ini dikenal dengan produk ponsel dan smartphone untuk kelas menengah ke bawah. Salah satu produk smartphone paling populer dari pabrikan satu ini adalah Mito Fantasy Note A30 yang dibanderol dengan harga di kisaran 1,5 juta rupiah.

3. HiMax

Pabrikan yang didirikan pada Oktober 2012 ini adalah salah satu perusahaan lokal Tanah Air yang sukses memproduksi smartphone berkualitas dengan harga yang terjangkau. HiMax yang sebenarnya pemilik aslinya adalah tim asal Jepang ini kerap memproduksi ponsel keren dengan fitur menawan yang diklaim gak kalah jika dibandingkan dengan brand Asia lainnya seperti Xiaomi dan Asus.

Salah satu produk smartphone keren yang pernah diproduksi oleh HiMax adalah HiMax Polymer dan juga HiMax Pure S.

4. Advan

7 Merek Smartphone Asli Milik Indonesia, Ada yang Buatan Anak ITS Lhoadvanindonesia.com

Advan merupakan sebuah perusahaan elektronik asal Indonesia yang juga kerap memproduksi smartphone. Perusahaan satu ini mulai didirikan pada tahun 2007 di Jakarta dan fokus memproduksi beberapa barang elektronik seperti smartphone, ponsel 2G dan juga tablet.

Salah satu kelebihan dari smartphone buatan Advan ini adalah harganya yang sangat terjangkau dan spesifikasinya yang sudah sangat keren. Produk smartphone Advan yang paling populer adalah Advan G1, Advan i5 dan tablet T3H yang bentuknya sekilas mirip iPad.

5. Polytron

7 Merek Smartphone Asli Milik Indonesia, Ada yang Buatan Anak ITS Lhopolytron.co.id

Sejak era 1970-an, Polytron sudah dikenal sebagai pabrikan elektronik ternama asal Indonesia. Pabrik yang mulai didirikan pada 18 Mei 1975 di Kudus ini banyak memproduksi barang elektronik untuk masyarakat Indonesia yang salah satunya adalah smartphone.

Keunggulan dari smartphone buatan Polytron ini salah satunya karena harga yang terjangkau, tapi spesifikasinya sudah sangat memadai. Salah satu, produk smarpthone Polytron yang terbaik adalah P520 yang ditujukan untuk kalangan menengah ke atas.

6. Zyrex

7 Merek Smartphone Asli Milik Indonesia, Ada yang Buatan Anak ITS Lhozyrex.com

Awalnya, perusahaan satu ini memproduksi komputer saja. Namun seiring dengan perkembangan zaman, perusahaan yang didirikan pada 1996 ini pun juga memproduksi smartphone.

Salah satu keunggulan smartphone buatan Zyrex adalah spesifikasinya yang cukup garang dan harganya yang amat terjangkau. Beberapa smartphone buatan pabrikan Zyrex adalah ZA 977 dan tablet SA-7321.

7. Digicoop by ITB

7 Merek Smartphone Asli Milik Indonesia, Ada yang Buatan Anak ITS Lhodigicoop.id

Kamu percaya gak kalau smartphone dibuat langsung oleh tim dari Institut Teknologi Bandung (ITB)? Ya, Digicoop buatan ITS ini diklaim sudah mengusung TKDN (Tingkat kandungan dalam negeri) sesuai anjuran Kementerian Komunikasi dan Informasi.

Smartphone ini dilaporkan sudah mengusung konektivitas 4G dan dibanderol sekitar Rp1,2 jutaan. Smartphone ini kabarnya sudah mengusung RAM 1GB, ROM 8GB, kamera 5MP dan 2MP, dan baterai 1.800mAh.

Di antara smartphone yang sudah disebutkan di atas, adakah yang kamu punya?

Baca Juga: 4 Smartphone Layar Lipat yang Rilis Tahun ini, Dibanderol Puluhan Juta

Topic:

  • Irma Yudistirani

JADWAL SALAT & IMSAK

25
MEI
2019
20 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

Just For You