Comscore Tracker

Bisa Ubah TV Biasa Jadi Smart TV, Ini 7 Rekomendasi Android TV Box 

Makin canggih ya sekarang

Pengin menonton film atau serial secara langsung di TV? Jangan khawatir. Dengan kecanggihan teknologi era sekarang, semuanya menjadi mungkin lho. Nah untuk menyaksikan film atau serial secara langsung di TV, salah satu cara paling populer adalah menggunakan Android TV Box.

Apa itu ya? Android TV Box adalah perangkat streaming yang menjalankan sistem operasi Android dan berisi aplikasi-aplikasi streaming populer. Beberapa contohnya adalah Netflix, YouTube, Prime Video, Disney+, Hulu dan HBO Max.

Sederhananya, kamu bisa mengubah TV biasa menjadi Smart TV dengan berbagai fitur pintar di dalamnya. Apabila kamu bingung memilihnya, bisa cek di bawah ini ya beberapa rekomendasi untuk kamu saat memilih Android TV Box. 

1. Chromecast with Google TV

Bisa Ubah TV Biasa Jadi Smart TV, Ini 7 Rekomendasi Android TV Box slashgear.com

Chromecast with Google TV masih sebuah Chromecast di mana pengguna bisa mengirim film, video YouTube hingga lagu secara langsung ke TV dari HP atau komputer. Namun, sekarang ini hadir dengan hal ekstra berupa kemampuan untuk streaming langsung lewat aplikasi terkait.

Jadi tidak hanya bisa menampilkan ulang konten yang diputar di HP, Chromecast kini juga bisa digunakan sebagai media streaming lewat fitur Android. Google selaku pengembang bahkan mengembangkan UX sendiri untuk ini dan memanggilnya Google TV.

2. NVIDIA Shield TV

Bisa Ubah TV Biasa Jadi Smart TV, Ini 7 Rekomendasi Android TV Box cnet.com

NVIDIA Shield TV jadi salah satu Android TV Box pilihan banyak pengguna sekaligus yang paling mahal di daftar ini. Mengemas prosesor quad-core Tegra X1+, RAM 2GB dan penyimpanan 16GB, NVIDIA Shield TV punya spesifikasi mumpuni untuk mengimbangi besarnya katalog aplikasi di Play Store.

Perangkat ini menawarkan streaming di resolusi 4K, dukungan audio Dolby Atmos dan DTS-X serta bisa digunakan sebagai smart home hub bersama Google Assistant maupun Amazon Alexa. Jika itu masih kurang, ini juga bisa memainkan berbagai game AA lewat layanan streaming via cloud – GeForce Now.

3. Xiaomi Mi Box S

Bisa Ubah TV Biasa Jadi Smart TV, Ini 7 Rekomendasi Android TV Box youtube.com/zollotech

Setelah dua sebelumnya punya banderol harga cukup tinggi, kini saatnya beralih ke yang lebih ramah bagi kantong sebagian besar orang. Xiaomi Mi Box S merupakan versi terbaru dari Mi Box yang membawa sejumlah peningkatan, salah satunya dukungan 4K HDR. Namun secara spesifikasi, ini hampir identik dengan pendahulunya.

Lebih lanjut, Mi Box S juga memiliki fitur Google Assistant dan Google Cast yang bisa diakses melalui remote-nya. Akan tetapi, karena ini perangkat yang terbilang tua, maka performa streaming 4K-nya tidak bisa disejajarkan dengan perangkat lain yang lebih mahal.

Baca Juga: 10 Smart TV Murah Terbaik di 2020, Spek dan Fitur Keren!

4. Xiaomi Mi TV Stick

Bisa Ubah TV Biasa Jadi Smart TV, Ini 7 Rekomendasi Android TV Box androidpctv.com

Masih dari Xiaomi, kini giliran Mi TV Stick bertenaga Android TV yang akan dibahas. Sesuai namanya, ini merupakan perangkat streaming dengan form-factor ala USB stick atau flashdisk. Mi TV Stick hadir dengan Google Chromecast bawaan dan dukungan perintah suara lewat Google Assistant.

Perangkat ini juga dilengkapi dengan remote Bluetooth yang memiliki tombol sendiri untuk Netflix dan Prime Video. Namun untuk harganya yang sangat terjangkau, ini tidak menawarkan fitur kelas atas seperti dukungan 4K streaming. Plus, juga belum ada kabar mengenai penambahan fitur di perangkat ini.

5. Amazon Fire TV Cube

Bisa Ubah TV Biasa Jadi Smart TV, Ini 7 Rekomendasi Android TV Box cnet.com

Apabila apa yang ditawarkan Amazon Fire TV Stick 4K masih dirasa kurang, selalu ada alternatif lain untuk dipilih. Salah satu alternatif terbaik tidak lain tidak bukan adalah Fire TV Cube – yang punya ukuran lebih besar dan tentu saja, harga lebih mahal.

Gawai ini menawarkan sejumlah keuntungan seperti dukungan port Ethernet dan bisa digunakan sebagai speaker pintar bertenaga Alexa. Jika dibandingkan dengan Fire TV Stick 4K, Fire TV Cube lebih tangguh karena menggunakan prosesor hexa-core, RAM 2GB dan penyimpanan internal 16GB.

6. Ematic Jetstream 4K Ultra HD TV Box

Bisa Ubah TV Biasa Jadi Smart TV, Ini 7 Rekomendasi Android TV Box androidpctv.com

Ematic Jetstream 4K Ultra HD TV Box dibuat untuk memenuhi kebutuhan streaming di TV bagi mereka yang punya budget minim. Sama seperti kebanyakan Android TV Box pihak ketiga, ini menjalankan sistem operasi Android 8.1 Oreo, mendukung streaming di resolusi 4K dan telah memiliki sertifikasi Widevine untuk kualitas streaming konten di resolusi terbaik.

Android TV box ini juga dibekali dengan remote minimalis yang punya tombol khusus untuk YouTube, Netflix, Google Play Store dan Google Assistant. Plus, penyimpanan 8GB dari perangkat ini juga bisa diperluas dengan kartu microSD.

Demikian tadi ulasan sekaligus rekomendasi mengenai Android TV Box terbaik yang mampu ubah TV biasa menjadi Smart TV. Ada salah satu perangkat yang kamu dambakan di daftar di atas?

7. Amazon Fire TV Stick 4K

Bisa Ubah TV Biasa Jadi Smart TV, Ini 7 Rekomendasi Android TV Box digitaltrends.com

Produk Fire TV dari Amazon merupakan beberapa dari banyaknya perangkat streaming populer di luar sana dan banyak yang tidak tahu jika semuanya ditenagai oleh Android. Namun, Amazon mengganti Play Store dengan Appstore milik mereka yang tidak kalah lengkap.

Salah satu perangkat Fire TV terbaik adalah Fire TV Stick 4K yang seperti namanya, mendukung streaming 4K Ultra HD hingga 60fps, di samping Dolby Vision dan HDR10+. Tahun lalu, Fire TV Stick 4K juga mendapat pembaruan dengan tersedianya aplikasi YouTube setelah bertahun-tahun absen dari perangkat Fire TV.

Baca Juga: 7 Aplikasi Streaming Terbaik untuk Diinstal di Smart TV

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya