Comscore Tracker

7 Tips Meningkatkan Performa Chrome di Smartphone Android 

Langsung deh jadi cepet banget

Google Chrome termasuk salah satu layanan web browser dari Google yang dipakai di seluruh dunia. Sejak dirilis pada 2008 lalu, kehadirannya sempat dipandang pesimis oleh CEO Google saat itu, Eric Schmidt. 

Dalam perjalannya, ternyata Google Chrome berkembang jadi salah satu layanan terlaris Google. Bahkan produk ini digunakan oleh 67 persen desktop populasi dunia. Tercatat sekitar lebih dari 3 miliar pengguna!

Hanya saja saat di-install di HP Android, Google Chrome menemui masalah, termasuk kinerjanya yang melambat. Apabila kamu memiliki persoalan yang sama, bisa intip di bawah ini 7 tips untuk meningkatkan performa chrome di smartphone android kamu.  

1. Mode Lite

7 Tips Meningkatkan Performa Chrome di Smartphone Android mode Lite untuk Google Chrome Android (news.softpedia.com)

Ada dua faktor yang dapat digunakan untuk mengukur kinerja browser, hardware dan kecepatan internet. Tidak peduli seberapa cepat smartphone Android-mu, kecepatan Google Chrome berpatokan pada kecepatan internet. Ini yang sering bikin browser lambat. Tetapi, tahukah kamu kalau Google Chrome pun punya opsi minim data?

Perkenalkan, mode Chrome Lite untuk Android. Mengaktifkan opsi ini, server Google akan mengompres dan mengoptimalkan Chrome untuk smartphone-mu. Bukan hanya surfing jadi lebih lancar, Google Chrome jauh lebih cepat dan data pun tetap hemat! Tidak perlu di-download, inilah cara mengaktifkan mode Lite di Google Chrome pada smartphone:

  • Buka Google Chrome
  • Ketuk tombol menu (berbentuk 3 titik) di pojok kanan atas layar
  • Pilih Settings
  • Gulir ke bawah dan buka Lite Mode.
  • Geser agar aktif.

2. Bersihkan cache

7 Tips Meningkatkan Performa Chrome di Smartphone Android opsi membersihkan cache di Google Chrome Android (IDN Times/Alfonsus Adi Putra)

Tembolok atau cache adalah data penjelajahan yang disimpan di penyimpanan lokal. Jadi, saat memuat laman, browser tinggal menarik cache agar lebih cepat. Namun, jika cache menumpuk, Google Chrome malah jadi lambat!

Oleh karena itulah, pastikan untuk membersihkan cache Google Chrome secara rutin. Meskipun memuat laman sedikit memakan waktu, setidaknya Google Chrome tetap "segar" dan ringan. Inilah cara-cara untuk membersihkan cache di Google Chrome pada smartphone:

  • Buka Google Chrome
  • Ketuk tombol menu
  • Pilih Settings
  • Ketuk opsi Privacy and security dan pilih Clear browsing data
  • Pilih Cached images and files lalu Clear Data

3. Preload laman

7 Tips Meningkatkan Performa Chrome di Smartphone Android opsi preload laman pada Google Chrome Android (IDN Times/Alfonsus Adi Putra)

Algoritma Google amat mutakhir hingga dapat memprediksi apa yang akan kamu cari. Inilah yang membuat Google Chrome amat cepat. Faktanya, Google Chrome di desktop dan smartphone dapat memuat terlebih dulu (preload) situs sebelum diakses.

Memang, lebih banyak data yang terbuang. Tetapi, Google Chrome dijamin jauh lebih cepat, terlebih jika kamu lebih sering pakai Wi-Fi! Inilah caranya agar Google Chrome dapat preload laman:

  • Buka Chrome
  • Tekan tombol menu
  • Pilih Settings
  • Ketuk Privacy and security
  • Aktifkan opsi Preload pages for faster browsing and searching

Baca Juga: Rekomendasi 7 Browser Desktop Terbaik Selain Google Chrome, Udah Coba?

4. Shortcut Chrome

7 Tips Meningkatkan Performa Chrome di Smartphone Android shortcut situs dari Google Chrome Android (IDN Times/Alfonsus Adi Putra)

Aksesibilitas adalah kunci dari kecepatan. Nah, semakin cepat kamu dapat menemukan Google Chrome, akan jadi semakin cepat mengaksesnya, kan? Nah, kamu dapat menciptakan shortcut laman yang paling sering kamu kunjungi di tampilan utama daripada dicari manual. Inilah cara membuat shortcut laman di Google Chrome:

  • Buka Chrome
  • Buka laman yang ingin kamu buat shortcut-nya
  • Tekan tombol menu
  • Pilih Add to Home screen
  • Edit judul sesuai keinginan Anda dan pilih Add

5. Update versi Chrome

7 Tips Meningkatkan Performa Chrome di Smartphone Android store.google.com

Seperti aplikasi cerdas pada umumnya, mereka terus diperbarui. Google terus memberikan update untuk Chrome agar tetap efisien, kaya fitur, dan tidak ada bug. Kalau Chrome di HP-mu tidak kunjung di-update, tidak heran akan melambat.

Oleh karena itu, selalu pastikan versi Google Chrome tetap up-to-date! Kamu dapat membuka Play Store, ke My apps & games, lalu periksa apakah Google Chrome perlu di-update. Kalau iya, tunggu apa lagi? Sikat!

6. Fitur eksperimental Chrome

7 Tips Meningkatkan Performa Chrome di Smartphone Android opsi fitur eksperimental "flags" pada Google Chrome Android (IDN Times/Alfonsus Adi Putra)

Kamu ingin "berpetualang" menjelajahi Google Chrome di smartphone Android lebih dalam? Mungkin kamu berpikir bisa menemukan opsi atau mengutak-atik fitur agar Google Chrome lebih cepat.

Kamu bisa mengakses kumpulan flags pada Google Chrome. Caranya, cukup ketikkan perintah "chrome://flags" di kotak URL. Hasilnya, kamu akan dibawa ke fitur eksperimental Google Chrome tersebut. Tetapi, pastikan kamu telah mencari tahu dulu apa yang akan kamu ubah. Salah ubah, Chrome malah dapat mengalami malfungsi!

7. Tutup tab yang menumpuk

7 Tips Meningkatkan Performa Chrome di Smartphone Android ilustrasi tab pada Google Chrome di Android (howtogeek.com)

Kamu mungkin ingin membuka semua tab yang diinginkan agar tidak susah mencari. Tetapi, inilah yang bikin Google Chrome mandek. Justru, usahakan hanya buka tab yang kamu perlu.

Layaknya kapal yang tidak dimuat terlalu banyak, Google Chrome jadi lebih cepat! Jadi, coba cek mana tab yang tidak kamu perlukan, lalu tutup dengan menekan ikon "x" di sisi kanan atas kotak tab.

Nah itu beberapa tips yang bisa dilakukan untuk meningkatkan performa chrome di smartphone android kamu. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Iklan di Chrome, Ada 5 Solusi yang Bisa Kamu Coba

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya