Comscore Tracker

Batal Rilis! iPhone SE 2 Tertunda Muncul karena Wabah COVID-19

Menyerupai iPhone 8 tapi memiliki kualitas setara iPhone 11

Perusahaan teknologi asal Amerika Serikat Apple bakal merilis iPhone SE (Special Edition) 2 dalam waktu dekat. Seperti dilaporkan sebelumnya, iPhone SE 2 direncanakan akan dirilis pada awal Maret 2020. Sayangnya, pandemi virus corona mengacaukan jadwal yang sudah direncanakan.

Ya, Apple batal merilis iPhone SE 2 pada awal Maret lalu. Padahal banyak sekali yang menunggu kehadiran iPhone SE 2. Bagaimana tidak, iPhone SE 2 rupanya dirancang dengan matang sehingga bentuknya menyerupai iPhone 8 tapi memiliki kualitas setara iPhone 11.

Berikut beberapa update seputar iPhone SE 2 yang gagal rilis pada awal Maret 2020. Cek yuk spesifikasinya!

1. Akan dirilis pada musim semi

Batal Rilis! iPhone SE 2 Tertunda Muncul karena Wabah COVID-19sea.pcmag.com

Mengutip Business Insider, jadwal rilis terbaru dari iPhone SE 2 bakal jatuh pada musim semi ini. itu artinya Apple akan meluncurkan iPhone teranyarnya antara bulan April-Juni 2020. Dirilisnya iPhone SE 2 dalam waktu dekat ini semakin diperkuat dengan blunder yang dilakukan oleh pihak Apple. Baru-baru ini, The Verge dan iMore melihat bahwa Apple Store secara tidak sengaja mereferensikan iPhone SE di situs webnya.

2. Takut merugi karena tingkat konsumsi masyarakat sedang menurun

Batal Rilis! iPhone SE 2 Tertunda Muncul karena Wabah COVID-19cultofmac.com

Reuters melaporkan bahwa Apple sedang merugi akibat dari virus corona. Pabrik Apple kebanyakan berpusat di Tiongkok, alhasil produksi mereka menjadi lumpuh karena Tiongkok menjadi salah satu negara yang terpapar virus corona cukup parah. Dengan demikian, produksi dan penjualan Apple benar-benar merosot.

Tentu saja hal tersebut menjadi pertimbangan pihak Apple dalam meluncurkan iPhone SE 2. Pastinya mereka takut merugi apabila nekat meluncurkan iPhone SE 2 dalam waktu dekat ini, karena tingkat konsumsi masyarakat pun sedang menurun. 

3. Memiliki bentuk mirip dengan iPhone 8

Batal Rilis! iPhone SE 2 Tertunda Muncul karena Wabah COVID-19businessinsider.sg

Jika iPhone SE Original yang meluncur pada 2016 lalu didesain mirip dengan iPhone 5S, maka iPhone SE 2 diprediksi memiliki bentuk yang mirip dengan iPhone 8, demikian dilansir dari 9to5Mac. iPhone SE 2 diyakini memiliki layar sebesar 4,7 inch, sama persis seperti iPhone 8.

Selain itu, jika mengikuti iPhone 8, maka besar kemungkinan iPhone SE 2 akan mempertahankan tombol home dan mungkin hanya memiliki satu kamera menghadap ke belakang.

4. Punya prosesor sama seperti iPhone 11 dan 11 Pro

Batal Rilis! iPhone SE 2 Tertunda Muncul karena Wabah COVID-199to5mac.com

Menurut Nikkei Asian Review dan Kuo, iPhone SE 2 akan dibekali prosesor yang sama seperti iPhone terbaru Apple saat ini yakni iPhone 11 dan 11 Pro. Dengan begitu, maka chip A13 Bionic siap menjadi sumber kekuatan dari iPhone SE 2. Hal tersebut menjadi semakin mungkin terwujud mengingat dulu iPhone SE juga dibekali prosesor yang sama seperti iPhone 6S yaitu chip A9 

Baca Juga: iPhone XR vs iPhone 11, Mana yang Lebih Baik? Ketahui di Sini

5. Lebih murah dari iPhone 8 dan 11

Batal Rilis! iPhone SE 2 Tertunda Muncul karena Wabah COVID-19firstpost.com

Walaupun memiliki kualitas setara dengan iPhone 11 dan 11 Pro, tapi iPhone SE 2 justru hadir dengan harga yang jauh lebih murah. Saat ini saja, iPhone 11 Pro dibanderol seharga US$1000 (Rp16 jutaan) dan iPhone 11 memiliki harga US$700 (Rp11 jutaan). iPhone SE 2 jauh lebih murah dari itu, harganya dipatok hanya US$400 (Rp6,5 juta) saja.

Tidak hanya itu, dengan harga Rp6,5 juta maka iPhone SE 2 juga lebih murah tipis dari iPhone 8 yang punya harga Rp7 jutaan. Harga itu akan membuat iPhone SE 2 setara dengan Google Pixel 3a.

6. Menggunakan layar LCD

Batal Rilis! iPhone SE 2 Tertunda Muncul karena Wabah COVID-19Amazon.co.uk

Berhubung harganya murah, maka iPhone SE 2 mungkin hanya akan dipasang layar LCD saja. Tidak seperti iPhone yang masuk ke dalam klasifikasi high-end. Mereka dibekali tampilan OLED yang mampu menunjukkan warna hitam yang lebih dalam dan menawarkan kontras yang lebih baik.

7. Hadir dalam 3 varian warna

Batal Rilis! iPhone SE 2 Tertunda Muncul karena Wabah COVID-19wccftech.com

Ketika sudah diluncurkan nanti, kamu bisa memilih iPhone SE 2 yang memiliki 3 varian warna. Adapun warna-warna yang ditawarkan adalah putih, hitam, dan merah. Ini sangat berbeda jauh dari laporan yang dikeluarkan oleh Kuo sebelumnya di mana mereka mengatakan kalau iPhone SE 2 memiliki 3 varian warna berupa silver, abu-abu, dan merah.

8. Kapasitas penyimpanan

Batal Rilis! iPhone SE 2 Tertunda Muncul karena Wabah COVID-19techadvisor.co.uk

Apple menawarkan iPhone SE 2 dalam kapasitas penyimpanan 64 GB dan 128 GB. Itu mirip dengan opsi yang ditawarkan Apple untuk iPhone 11, tetapi iPhone SE 2 kelihatannya tidak akan memiliki opsi yang 256GB. Tetapi laporan yang lebih baru dari 9to5Mac mengatakan iPhone SE 2 akan datang dalam konfigurasi 64GB, 128GB, dan 256GB.

Nah itu beberapa kabar terbaru seputar iPhone SE 2 yang batal rilis awal Maret 2020 lalu. Tunggu jadwal pasti rilisnya ya. Jangan sampai ketinggalan karena iPhone ini sangat murah dan berkualitas, idaman banget deh!

Baca Juga: iPhone SE 2 Murah, HP Mirip iPhone 8 dengan Kualitas Setara iPhone 11!

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya