Comscore Tracker

10 Kebiasaan yang Membuat Daya Baterai Smartphone Cepat Habis

Notifikasinya 100 persen sih, tapi gak bertahan satu jam

Beli smartphone yang daya baterainya 5.000 mAh, tapi tetap saja cepat habis? Apakah karena keseringan dipakai, sehingga membuat daya baterainya cepat habis? Sebelum berspekulasi banyak hal, coba deh perhatikan dan ingat-ingat kebiasaan apa saja yang kamu lakukan bersama smartphone. Karena beberapa kebiasaan bisa menghabiskan baterai:

1. Membiarkan WiFi, bluetooth dan mobile data menyala secara bersamaan

10 Kebiasaan yang Membuat Daya Baterai Smartphone Cepat Habistheverge.com

Menyalakan ketiga fitur itu secara bersamaan bisa menghabiskan daya baterai lho. Jadi sebaiknya matikan dulu satu dari beberapa fitur tersebut jika tidak digunakan.

2. Sinyal yang lemah atau kecil juga ikut berpengaruh terhadap hidup dan matinya daya baterai

10 Kebiasaan yang Membuat Daya Baterai Smartphone Cepat Habisgiphy.com

Smartphone akan bekerja keras untuk menemukan sinyal. Terutama jika kamu berada di daerah yang sinyalnya sulit dijangkau. Pencarian sinyal inilah yang memengaruhi baterainya mudah cepat habis. Kalau sedang berada di area yang jauh dari peradaban sinyal, sebaiknya matikan dulu data seluler sampai menemukan tempat yang bagus untuk mencari sinyal.

3. Brightness yang tinggi bisa menguras daya baterai

10 Kebiasaan yang Membuat Daya Baterai Smartphone Cepat Habisgiphy.com

Semakin terang tampilan layar smartphone, semakin cepat pula baterainya habis. Kurangi cahayanya atau masukkan ke dalam dark mode.

4. Notifikasi menyala seharian

10 Kebiasaan yang Membuat Daya Baterai Smartphone Cepat Habisgiphy.com

Mengaktifkan notifikasi aplikasi bahkan sampai digetarkan sepanjang hari, tentu dapat menguras daya baterai smartphone. Jadi matikan saja notifikasi aplikasi yang tidak penting.

5. Layar smartphone menyala terus

10 Kebiasaan yang Membuat Daya Baterai Smartphone Cepat Habisgiphy.com

Layar smartphone adalah bagian yang paling banyak menghabiskan energi. Menyala terus-terusan, jelas akan menguras baterai. Sebaiknya kamu mengganti durasi auto-lock lebih cepat.

6. Memakai aplikasi yang menghabiskan baterai

10 Kebiasaan yang Membuat Daya Baterai Smartphone Cepat Habisgiphy.com

Aplikasi yang berkualitas tinggi dan berat bisa menghabiskan daya baterai lebih cepat. Jadi kurangi main game yang kualitas dan kapasitasnya tinggi. Termasuk keseringan menonton video, juga ikut memengaruhi daya baterai.

7. Sinkronisasi terus menerus di beberapa aplikasi

10 Kebiasaan yang Membuat Daya Baterai Smartphone Cepat HabisYouTube.com/TecworkZ

Beberapa aplikasi memiliki opsi untuk selalu memuat sinkronisasi atau mem-backup data secara otomatis. Ada baiknya mematikan opsi dan hanya melakukan sinkronisasi atau backup ketika diinginkan.

8. Sistem smartphone tidak up to date

10 Kebiasaan yang Membuat Daya Baterai Smartphone Cepat Habispopsci.com

Sistem yang tidak update hanya akan memperlambat kinerja smartphone sekaligus menguras baterai. Karena itu, segera update menjadi versi terbaru.

9. Ada permasalahan dengan hardware smartphone

10 Kebiasaan yang Membuat Daya Baterai Smartphone Cepat Habisandroidauthority.com

Kemungkinan baterai smartphone memang sudah tidak bagus lagi sehingga mudah habis. Isu ini hanya bisa diselesaikan dengan mengganti baterainya.

10. Auto update di semua aplikasi akan memengaruhi daya baterai

10 Kebiasaan yang Membuat Daya Baterai Smartphone Cepat HabisYouTube.com/Tech VS You

Kamu juga perlu memerhatikan ini. Coba cek pengaturannya, dan segera matikan auto update. Lebih baik kamu memeriksa secara manual saja di Play Store atau App Store. Update beberapa aplikasi yang diperlukan saja.

Itulah kebiasaan yang bisa menguras daya baterai smartphone. Beda dengan zaman 2000-an. Baterainya masih bisa dilepaskan dari smartphone jika alami kerusakan. Kalau sekarang, baterai dibenamkan ke dalam smartphone. Jadi perlu ke service centre jika ingin memperbaikinya, dan biayanya tentu tak murah.

Baca Juga: 6 Cara Cepat Mengembalikan Data Hilang di Flashdisk yang Kena Virus

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya