Comscore Tracker

Awas Tertipu! Ciri-ciri Toko Gadget Online Palsu

Masih banyak orang yang tertipu beli handphone

Kamu pernah menjadi korban penipuan jual beli online? Ya, inilah yang terjadi jika kecanggihan teknologi jatuh di tangan orang-orang jahat. Pasti banyak para penjahat yang memanfaatkan dunia online untuk menipu, terutama di media sosial (Medsos). Untuk itu, berikut ciri-ciri toko gadget online yang melakukan penipuan:

1. Harganya kelewat murah ketimbang harga pasar

Awas Tertipu! Ciri-ciri Toko Gadget Online PalsuIDN Times/Arief Rahmat

Umumnya akun-akun penipuan menjanjikan barang dengan harga kelewat murah dan tidak masuk akal. Misalnya, iPhone 11 dijual seharga Rp1 juta. Jika ditanya kenapa bisa semurah itu, biasanya mereka beralasan sedang ada promo besar di tokonya, atau mereka mengambil barang black market (BM).

2. Akunnya masih baru dan postingan tidak banyak

Awas Tertipu! Ciri-ciri Toko Gadget Online Palsublog.ueni.com

Sebenarnya mudah untuk melihat akun itu penipuan atau tidak. Biasanya akun itu baru saja dibuat dan tidak memiliki banyaj postingan. Kamu juga akan menemui nama toko yang terkesan dibuat ala kadarnya dan ketika dicari, bakalan ada beberapa akun yang serupa namanya.

3. Tidak mau didatangi tokonya

Awas Tertipu! Ciri-ciri Toko Gadget Online Palsupexels.com/Negative Space

Karena melakukan penipuan secara online, mereka tidak akan mau didatangi tokonya, dan tidak bisa cash on delivery (CoD). Mereka pasti menolak untuk bertemu dengan berbagai alasan.

4. Tidak bisa mengirimkan foto atau video barang dengan namamu

Awas Tertipu! Ciri-ciri Toko Gadget Online Palsutwitter.com

Salah satu cara untuk memastikan akun tersebut penipu atau bukan adalah meminta mereka untuk mengirimkan gambar barang yang disertai namamu. Mereka akan sering menolak secara halus dengan membalas “Jika tidak percaya, ya sudah.” Jika penjual ini asli dan memang berusaha keras menjual barangnya, maka permintaan mudah macam itu akan dilakukan olehnya.

5. Mereka akan menolak melakukan video call

Awas Tertipu! Ciri-ciri Toko Gadget Online Palsumindlessmagazine.com

Ada satu cara lagi yang kemungkinan terbesar akan ditolak oleh para penipu. Yaitu melakukan video call. Jika kamu ingin video call supaya bisa melihat barangnya secara langsung, mereka pasti akan menolaknya dan banyak alasan.

6. Product knowledge penjualnya sangat rendah

Awas Tertipu! Ciri-ciri Toko Gadget Online Palsuintelligenthq.com

Satu cara lagi untuk terhindar dari penipuan ini adalah menguji product knowledge mereka. Umumnya para penipu hanya mengetahui produk luarnya saja tanpa mengetahui dalamnya.

Misalnya, kamu ingin membeli handphone. Coba tanyakan tentang iOS dari iPhone, atau software handphone tersebut. Jika benar-benar menjual barang, mereka setidaknya tahu pengetahuan basic tentang produknya. Jika mereka menjawab secara asal-asalan, sudah dipastikan itu penipuan.

7. Kalau kamu sudah terlanjur transaksi, penipu akan punya banyak alasan kenapa barangnya tidak kunjung sampai. Ia akan beralasan barangnya tertahan di bea cukai atau lainnya.

Awas Tertipu! Ciri-ciri Toko Gadget Online Palsueconomictimes.indiatimes.com

Kalau kamu terlanjur melakukan transaksi jual beli dan mentransfer sejumlah uang, maka ada dua skenario yang terjadi:

  • Pertama adalah kamu akan mendapatkan barang palsu alias KW
  • Kedua, mereka akan beralasan barang tertahan di bea cukai dan butuh biaya lebih untuk menebusnya.

Ingatlah. Kalau ia sampai meminta sejumlah uang lagi, bisa dipastikan nomor handphone mereka auto nonaktif begitu kamu mentransfer uang.

Itu dia ciri-ciri toko online penipuan. Intinya, tidak perlu tergiur dengan barang yang harganya lebuh murah dari harga pasaran. Apalagi jika harganya sudah tidak normal. Lebih baik beli di toko resmi saja. Karena kamu bisa melihat fisik barangnya secara langsung.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya