Cedera Parah, Ini 3 Pemain Bali United yang Memutuskan untuk Operasi

Para pemain harus menyiapkan mental

Gianyar, IDN Times - Cedera menjadi musibah yang paling ditakuti oleh setiap pemain sepak bola profesional. Bukan hanya karena tidak dapat tampil membela tim, namun berimbas pula kepada karier jangka panjang para pemain.

Jika cedera yang dialami cukup parah, operasi merupakan salah satu solusi untuk penyembuhan total. Namun hal ini tidak mudah bagi pemain sepak bola profesional, karena mengambil keputusan operasi pasca cedera memerlukan kesiapan mental. 

"Untuk sampai ke tahap naik meja operasi itu tidak mudah, terutama untuk seorang atlet. Atlet butuh mental dan keyakinan yang kuat sebelum memutuskan untuk operasi," tutur dokter tim Bali United, Ganda Putra, Jumat (28/10/2022). 

Berikut 3 pemain Bali United yang memilih menjalani operasi karena mengalami cedera yang cukup parah.

Baca Juga: Evaluasi Tim, Konsistensi Bali United Merosot Setelah Menang Besar

1. Sidik Simima yang alami cedera meniscus

Cedera Parah, Ini 3 Pemain Bali United yang Memutuskan untuk OperasiSidik Saimima. (baliutd.com)

Sidik Saimima bergabung dengan Bali United pada Januari 2020 lalu. Sidik Saimima mengalami cedera ketika menjalani latihan rutin pada awal musim ini.

"Sidik Saimima mengalami cedera meniscus yang robek saat latihan," ujar dokter tim Bali United, Ganda Putra.

Pemain asal Tulehu, Maluku ini lalu memutuskan untuk naik ke meja operasi pada 11 September lalu, setelah mempertimbangkannya secara matang. Sidik Saimima yang sempat bergabung dalam pemusatan latihan Timnas Indonesia ini, sedang dalam tahapan pemulihan pasca operasi.

Jika proses penyembuhan berjalan lancar sesuai perencanaan, Saimima dijadwalkan bisa bergabung dengan rekan-rekannya di lapangan pada pertengahan Desember nanti.

2. Kadek Agung Widnyana Putra alami cedera lutut

Cedera Parah, Ini 3 Pemain Bali United yang Memutuskan untuk OperasiKadek Agung. (baliutd.com)

Kadek Agung Widnyana Putra merupakan pemain muda masa depan Bali United. Penampilannya yang impresif di klub, membuatnya masuk dalam skuad Timnas Indonesia. Bahkan ia ikut membawa Timnas Indonesia Juara Piala AFF U-22 pada tahun 2019 silam.

Namun ia saat ini harus absen cukup panjang, setelah mengalami cedera lutut. Pemain asal Luwus, Tabanan itu salah tumpuan ketika terjatuh saat menghadapi Persikabo 1973 pada 3 Februari 2022.

Memiliki masa depan yang panjang sebagai atlet sepak bola, Kadek Agung memutuskan untuk menjalani operasi di Jakarta agar pulih total dari cedera yang dialaminya.

Saat ini gelandang tengah Bali United ini tengah menjalani tahap pemulihan pasca operasi. Dijadwalkan ia kembali merumput pada Desember mendatang.

3. Gunawan Dwi Cahyo absen sepanjang kompetisi Liga 1 Indonesia musim lalu

Cedera Parah, Ini 3 Pemain Bali United yang Memutuskan untuk OperasiGunawan Dwi Cahyo. (baliutd.com)

Gunawan Dwi Cahyo merupakan pemain senior Bali United yang bergabung dengan Bali United sejak tahun 2019 lalu. Ia juga pemain yang berperan penting di lini belakang, sehingga Bali United meraih gelar juara perdana di Liga 1 Indonesia pada tahun 2019 silam.

Gunawan Dwi Cahyo mengalami cedera saat melakoni laga pra musim pada Piala Menpora 2021. Ia mengalami cedera lutut cukup parah dan memaksanya menjalani operasi untuk pemulihan.

Akibatnya Gunawa Dwi Cahyo harus menepi dari lapangan hijau sepanjang kompetisi 2021/2022. Momen latih tanding menghadapi Persis Solo pada 4 Juni lalu, menjadi titik balik kembalinya Gunawan untuk merumput pasca operasi cedera yang dialaminya.

Kini pemilik nomor punggung 13 tersebut sudah menjalani sesi latihan bersama Fadil dan kolega di lapangan dan sudah siap kembali mengisi pos pertahanan Serdadu Tridatu.

Topik:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya