Comscore Tracker

Sebulan Lebih Tanpa Kompetisi, Kondisi Pemain Bali United Terganggu

Bali United berharap segera ada kepastian

Gianyar, IDN Times - Pihak manajemen Bali United, hingga Selasa (8/11/2022) belum menerima kepastian terbaru terkait kelanjutan kompetisi Liga 1 Indonesia yang terhenti karena tragedi Kanjuruhan pada awal Oktober lalu. Seharusnya pekan ini sudah memasuki pertandingan pekan 17.

Kompetisi yang sudah terhenti selama 1 bulan lebih, tentu sangat berpengaruh terhadap kondisi fisik dan teknik para pemain. Saat ini tim masih menjalani program latihan dan diselingi dengan libur sembari menunggu kepastian kompetisi kembali bergulir.

Baca Juga: Mengenal Blind Semeton Dewata, Suporter Setia Bali United 

1. Ada kabar kompetisi bergulir pada akhir November atau awal Januari

Sebulan Lebih Tanpa Kompetisi, Kondisi Pemain Bali United TergangguStefano Cugurra. (baliutd.com)

Muncul kabar bahwa kompetisi Liga 1 akan kembali bergulir pada tanggal 18 November, 25 November, dan 2 Desember mendatang. Apabila akhirnya diputuskan kompetisi dilanjutkan pada jadwal tersebut, maka pekan ke-12 hingga paruh pertama di pekan ke-17 akan dilaksanakan dengan waktu yang terbilang mepet, yakni hingga pengujung tahun 2022. 

Pelatih Bali United, Stefano Cugurra, merespons kabar tersebut. Menurutnya jika pertandingan Liga 1 kembali dilaksanakan mulai akhir bulan ini, maka dalam waktu sebulan harus ada 6 pertandingan yang akan dilakukan Serdadu Tridatu. 

"Yang pasti tim bertanding 6 kali di dalam satu bulan, tidak ideal bagi kondisi pemain. Tapi menurut saya, lebih bagus ada 6 pertandingan yang dilakukan dalam satu bulan, daripada tidak bertanding sama sekali perihal kompetisi ini," ujar Stefano Cugurra, Selasa (8/11/2022).

2. Tim diliburkan sembari kembali jalani jadwal latihan

Sebulan Lebih Tanpa Kompetisi, Kondisi Pemain Bali United TergangguTim Bali United latihan (baliutd.com)

Beberapa tim diliburkan karena belum ada kabar pasti waktu pelaksanaan kembalinya kompetisi. Bali United selama satu bulan terakhir tetap menjalani program latihan dengan diselingi beberapa kali hari libur.

Saat ini Fadil dan kolega mendapat waktu libur hingga hari Rabu (9/11/2022). Serdadu Tridatu akan kembali latihan fisik, teknik, dan taktik pada Kamis (10/11/2022).

"Tim diberikan waktu libur sampai dengan hari Rabu. Kamis tim sudah mulai menjalani latihan," tegas pelatih kolektor tiga trofi Liga 1 ini. 

Situasi saat ini membawa pada suasana kompetisi yang hampir mirip dengan masa-masa pandemik. Pada saat pandemik, isu kesehatan lah yang merebak ke seluruh dunia. Namun kali ini, tragedi Kanjuruhan menjadi isu olahraga yang melukai kompetisi sepak bola di Indonesia.  

3. Sebulan tanpa kompetisi mengganggu kondisi fisik dan teknik para pemain

Sebulan Lebih Tanpa Kompetisi, Kondisi Pemain Bali United TergangguPemain Bali United latihan (baliutd.com)

Skuad Serdadu Tridatu pun saat ini hanya menunggu kabar dari federasi terkait kapan kompetisi pekan 12 bisa terlaksana. Satu bulan lebih tanpa kompetisi tentu sangat mengganggu kondisi fisik dan teknik para pemain di lapangan hijau. 

"Tim sampai hari ini hanya menunggu surat resmi dari PSSI. Pastinya kami ingin segera kompetisi dilaksanakan kembali. Pelatih, pemain, dan official Bali United berharap kompetisi segera terlaksana," ujar Stefano Cugurra. 

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya