Comscore Tracker

Imbas Tragedi Bobotoh, Pertandingan Bali United dan Persebaya Dipindah

Pertandingan ini juga tanpa kehadiran penonton 

Gianyar, IDN Times - Pertandingan terakhir penyisihan Grup C Piala Presiden 2022 antara Bali United melawan Persebaya Surabaya mendadak dipindah ke Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Soreang, Bandung. Padahal kedua tim harus menjalani pertandingan pada Senin (20/6/2022) malam.

Sebelumnya, pertandingan Big Match ini dijadwalkan digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). Hanya saja ada perubahan lokasi pertandingan karena peristiwa yang terjadi di stadion tersebut beberapa hari lalu. Selain pindah lokasi, pertandingan tersebut juga dipastikan tanpa kehadiran penonton.

Baca Juga: Lawan Bhayangkara FC, Pelatih Bali United Siapkan Pengganti Eber Bessa

1. Lokasi pertandingan dipindah karena peristiwa meninggalnya dua suporter Persib

Imbas Tragedi Bobotoh, Pertandingan Bali United dan Persebaya DipindahPelatih Bali United Stefano Cugurra. (baliutd.com)

Perubahan lokasi pertandingan ini diterima langsung manajemen Bali United dari pihak panitia. Hal ini imbas langsung dari insiden meninggalnya dua suporter Persib Bandung, bobotoh, saat menyaksikan tim kesayangannya berlaga menghadapi Persebaya Surabaya di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Jumat (17/6/2022) lalu. Meninggalnya dua suporter itu akibat berdesakan karena penonton yang datang ke Stadion Gelora Bandung Lautan Api melebihi kapasitas.

Dua pertandingan terakhir penyisihan Grup C Piala Presiden yakni Bali United VS Persebaya dan Persib Bandung VS Bhayangkara FC, kemudian harus pindah ke Stadion Si Jalak Harupat. Selain itu, atas alasan kondusifitas, kedua pertandingan tersebut digelar tanpa penonton.

2. Masih ada peluang lolos ke babak 8 besar

Imbas Tragedi Bobotoh, Pertandingan Bali United dan Persebaya DipindahLatihan pemain Bali United jelang hadapi Persebaya Surabaya. (baliutd.com)

Bali United membidik kemenangan saat menghadapi Persib Bandung dalam pertandingan pada Senin (20/6/2022). Kedua tim saat ini memperoleh 1 poin karena sama-sama meraih satu kali seri dan satu kali kekalahan. Bali United ada di peringkat ke 3 karena unggul selisih poin atas Surabaya. Kedua tim pun masih memiliki peluang untuk lolos ke babak selanjutnya.

Agar bisa lolos ke babak selanjutnya, Bali United harus memenangkan pertandingan menghadapi Persebaya Surabaya. Sementara di pertandingan lain, Persib Bandung dan Bhayangkara FC harus saling mengalahkan.

Jika pertandingan antara Persib Bandung dan Bhayangkara FC berakhir imbang, dipastikan kedua tim tersebut akan lolos ke babak selanjutnya karena memperoleh 5 poin. Hanya 2 tim dengan poin terbaik di Grup C yang akan lolos ke babak selanjutnya.

Melihat hal tersebut, pelatih Bali United, Stefano Cugurra, mengaku lebih fokus terhadap timnya sendiri ketimbang bergantung dengan hasil pertandingan klub lain.

"Kami memiliki satu poin yang sama dengan Persebaya. Kami tahu bahwa harus memenangkan pertandingan dan dapat tiga poin untuk lolos dari fase grup. Kemudian kami masih harus menunggu hasil pertandingan Persib vs Bhayangkara FC. Namun, yang terpenting bagi kami adalah hasil kami melawan Persebaya," ujar Pelatih Bali United, Stefano Cugurra, Senin (20/6/2022). 

3. Bali United baru mampu memenangkan dua laga atas Persebaya Surabaya

Imbas Tragedi Bobotoh, Pertandingan Bali United dan Persebaya DipindahANTARA FOTO/Nyoman Budhiana

Jika melihat rekor pertemuan kedua tim, Persebaya Surabaya akan lebih diunggulkan saat menghadapi Bali United. Dari 10 kali pertemuan kedua tim, Bali United hanya mampu memenangkan 2 kali pertandingan.

Bahkan pada Liga 1 Indonesia musim lalu, Persebaya Surabaya berhasil dua kali menaklukan Bali United. Pertandingan ini pun menjadi ajang Bali United untuk memperbaiki rekor pertemuan dengan Persebaya Surabaya.

“Kami akan berusaha menang melawan Persebaya. Ini tidak mudah karena tim ini memiliki pemain yang berkualitas. Tapi kami akan bekerja keras,” ujar pelatih yang sempat menjadi pelatih kebugaran di Persebaya Surabaya ini.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya