Comscore Tracker

Bali United Waspadai Kekuatan Fisik Kedah FC Malaysia 

Laga pertama Penyisihan Grup G Piala AFC

Gianyar, IDN Times - Bali United akan memulai laga perdana di Piala AFC dengan menghadapi wakil Malaysia Kedah FC, hari ini, Jumat (24/6/2022) di Stadion I Wayan Dipta, Kabupaten Gianyar. Skuad Kedah FC telah tiba di Bali sejak Senin (20/6/2022) untuk latihan dan beradaptasi dengan kondisi di Pulau Dewata.

Bali United tidak ingin kehilangan poin pada pertandingan perdana ini. Apalagi Serdadu Tridatu selaku tuan rumah. Sementara Kedah FC berpotensi menjadi lawan tangguh karena berstatus sebagai runner up Liga Super Malaysia.

Kebugaran pemain yang lebih baik menjadi keuntungan bagi Kedah FC untuk pertandingan perdana ini. Sementara beberapa pemain Bali United harus memulihkan kondisi setelah berlaga di Piala Presiden.

Baca Juga: Jadwal Bali United di Piala AFC 2022

1. Kondisi fisik pemain lawan bisa jadi ancaman Bali United

Bali United Waspadai Kekuatan Fisik Kedah FC Malaysia Pemain Kedah FC jalani latihan (Instagram.com/kedahdarulamanfc)

Pelatih Bali United, Stefano Cugurra, mengatakan kondisi fisik Kedah FC harus diwaspadai. Wakil Malaysia memiliki waktu persiapan selama satu minggu sebelum melakoni laga perdana Piala AFC ini.

Kedah FC terakhir kali berlaga pada 17 Mei lalu melawan Negeri Sembilan FC. Seharusnya, Kedah FC akan berjumpa Johor Darul Ta’zim (JDT) pada 19 Juni lalu dalam lanjutan Liga Super Malaysia. Tetapi laga tersebut harus ditunda.

Kondisi tersebut berbanding terbalik dengan Bali United yang hanya memiliki waktu efektif selama tiga hari. Mengingat Serdadu Tridatu baru merampungkan laga di Piala Presiden 2022 menghadapi Persebaya pada 20 Juni.

"Kedah seharusnya sudah bermain melawan JDT, tetapi pertandingan tersebut ditunda. Waktu tunda tersebut pasti dimanfaatkan mereka untuk datang lebih kuat. Tim Kedah adalah tim tradisional dari Malaysia. Saya juga sudah pernah bekerja di Malaysia sehingga tahu kekuatan klub serta pemain bagus di sana," ujar Stefano Cugurra, Kamis (23/6/2022).

2. Stefano Cugurra sebut kehadiran suporter di stadion bisa jadi tekanan bagi lawan

Bali United Waspadai Kekuatan Fisik Kedah FC Malaysia Stefano Cugurra (baliutd.com)

Kedah FC tengah dalam tren negatif di kompetisi domestik Malaysia karena belum meraih kemenangan dalam tiga pertandingan terakhirnya, yakni dua kali kalah dan satu imbang. Terakhir kali skuad Sang Kenari menang adalah saat bersua Penang FC dengan skor 2-1 pada 17 April.

Hal serupa dialami Bali United di Piala Presiden yang dalam tiga pertandingan meraih sekali menang atas Persebaya Surabaya, satu kali seri atas Persib Bandung, dan satu kali kalah atas Bhayangkara FC.

Stefano Cugurra pun akan bekerja keras agar Bali United bisa meraih hasil positif pada laga perdana ini. Terlebih Bali United diuntungan dengan hadirnya ribuan suporter ke stadion.

“Saya pikir kehadiran suporter Bali United bisa memberi semangat buat kami sekaligus memberi tekanan untuk tim-tim lawan. Pasti kami di rumah (Stadion Kapten I Wayan Dipta) bisa mendapat hasil positif,” jelas Stefano Cugurra yang kerap disapa Coach Teco.

Faktor dukungan penuh langsung dari suporter yang memadati Stadion Kapten I Wayan Dipta tentu harus dimanfaatkan oleh Serdadu Tridatu untuk mengalahkan Kedah FC.

3. Waspadai pemain Timnas Thailand di Kedah

Bali United Waspadai Kekuatan Fisik Kedah FC Malaysia Pemain Kedah FC jalani latihan (Instagram.com/kedahdarulamanfc)

Kedah FC telah melakukan latihan persiapan di Lapangan Glora Trisakti, Legian, Kuta, Kabupaten Badung. Tim dengan jersey kuning-hijau ini membawa skuad terbaiknya, termasuk penyerang sayap asal Kamerun Ronald Ngah dan pemain anyar dari Thailand, Sanrawat Dechmitr.

Tujuh gol dari sembilan penampilan di ajang Liga Super Malaysia berhasil ditorehkan Ronald Ngah. Sementara Sanrawat Dechmitr merupakan pemain timnas Thailand yang merupakan pemain pinjaman dari Bangkok FC.

Umpan dari Sanrawat dikenal berbahaya dan bisa menjadi ancaman bagi Bali United.

"Kami harus respect dengan Kedah dan bekerja keras untuk memenangkan pertandingan pertama,” jelas Stefano Cugurra.

Sementara itu, Pelatih darul, Coach Aidil, mengatakan bahwa timnya fokus menghadapi tim Bali United dengan tekanan ribuan suporter.

"Saya tahu Coach Teco adalah pelatih berkualitas. Pemain Bali United juga berkualitas, salah satunya ada pemain Timnas mereka yaitu Irfan Jaya. Kami akan fokus untuk meraih hasil terbaik di pertandingan ini. Kami telah mempelajari gaya permainan Serdadu Tridatu," ujarnya. 

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya