Dinilai Profesional, Bali United Berpeluang Tampil di Piala AFC 2021

Bali United dapat pengakuan yang bagus dari PSSI

Bali United mendapatkan pengakuan sebagai klub profesional di Indonesia dari Club Licensing Committee (CLC) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). Pengakuan itu lantas membuat skuat Serdadu Tridatu berpeluang besar sebagai wakil Indonesia di ajang Piala AFC 2021 mendatang.

1. Ada lima aspek yang dinilai oleh PSSI

Dinilai Profesional, Bali United Berpeluang Tampil di Piala AFC 2021ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana

CLC PSSI memberikan pengakuan kepada klub yang bermarkas di Bali itu bukan tanpa alasan. Pihaknya mempertimbangkan lima aspek penting dalam klub. Yaitu
sporting, infrastructure, personnel and administrative, legal dan finansial.

Keputusan itu dibuat dan disahkan berdasarkan Surat Keputusan (SK) CLC PSSI yang telah diterima oleh Manajemen Serdadu Tridatu pada tanggal 19 November 2020 lalu.

"Meskipun aspek yang menjadi syarat juga sangat banyak, namun tim Bali United mampu menunjukkan jika tim ini layak sebagai salah satu tim terbaik di Indonesia. Progresnya sangat cepat. Ini karena keseriusan manajemen dan semua pihak terkait di Bali United untuk memperoleh status ini," ujar Kapten Bali United, Fadil Sausu, Selasa (24/12/2020).

2. Teco: Kami pasti ingin Bali United punya prestasi di Piala AFC 2021

Dinilai Profesional, Bali United Berpeluang Tampil di Piala AFC 2021ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana

Setelah pengakuan itu, Bali United juga berpeluang besar mewakili Inodnesia dalam ajang Piala AFC 2021 mendatang.  Selain karena seluruh kompetisi tahun 2020 dihentikan, status juara Liga 1 2019 lalu masih dimiliki oleh Bali United.

"Kami pasti ingin Bali United punya prestasi di Piala AFC 2021. Setelah juara Liga 1 2019 lalu, tim ini harus bisa punya prestasi Internasional salah satunya kompetisi Asia. Semua tahu bila tahun 2020, di Piala AFC hanya bermain tiga pertandingan. Satu bermain di Bali dan dua laga di luar Indonesia," ujar pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco.

Ia berharap Bali United memiliki kesempatan untuk main di Piala AFC 2021 dan punya prestasi pada tahun depan.

"Tahun ini kita hilang tiga kesempatan untuk bisa lolos grup, dua pertandingan di rumah dan satu di luar (Tandang)," ungkapnya.

3. Skuat Bali United masih diliburkan

Dinilai Profesional, Bali United Berpeluang Tampil di Piala AFC 2021Dok.IDN Times/Bali United

Memasuki penghujung tahun 2021, skuat Bali United masih diliburkan. Pertimbangan ini diambil karena seluruh kompetisi Liga 1 Indonesia tahun 2020 dihentikan. Ada beberapa pemain asing Bali United yang masa kontraknya berakhir pada tahun 2020. Sehingga terancam tidak bisa menjadi bagian dari squat Bali United tahun 2021.

Satu di antaranya gelandang Bali United berpaspor Irak, Brwa Nouri, yang kontraknya berakhir di akhir tahun. Meski demikian, ia berharap dapat tetap bermain untuk Bali United hingga liga kembali dilanjutkan.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya