Comscore Tracker

Bali United Bakal Seleksi Pemain Muda, Jawab Kritikan Fans?

Berharap pemain muda tak sebatas hiasan di bangku cadangan

Gianyar, IDN Times - Bali United akan segera melaksanakan program seleksi pemain usia muda, bertajuk "The Next Bali". Program ini merupakan langkah awal Bali United untuk melakukan regenerasi dan mencetak pemain sepak bola profesional.

Program ini terbuka untuk talenta-talenta muda dari seluruh Indonesia. Jika lolos dalam program seleksi ini, talenta muda Sertadu Tridatu akan ditempa trio pelatih Bali Youth.

Baca Juga: Jelang Liga 1 Indonesia, 3 Pemain Bali United Masih Cedera

1. Seleksi pemain muda akan dilakukan langsung oleh Trio Pelatih Bali United Youth

Bali United Bakal Seleksi Pemain Muda, Jawab Kritikan Fans?Pelatih Bali United Youth, Made Pasek Wijaya. (Instagram.com/baliunitedyouth)

Dikutip dari laman resmi Bali United, sekitar 1.000 peserta putra seleksi dari seluruh penjuru Indonesia akan diberikan kesempatan untuk menjadi calon generasi baru Bali United.

Seluruh bakat serta penampilan mereka akan dinilai langsung oleh para pelatih berpengalaman yakni I Made Pasek Wijaya, Sandhika Pratama, dan I Gde Mahatma Dharma. Ketiganya selama ini dikenal sebagai triio Pelatih Bali Youth.

Kiprah ketiganya dalam menjaring pemain muda tentu tidak perlu diragukan lagi. Terlebih ketiganya juga berhasil membawa Bali United Youth U-18 menjuarai Elite Pro Academy 2021.

2. Sudah ada pemain yang lahir dari program seleksi Pemain Muda Bali United

Bali United Bakal Seleksi Pemain Muda, Jawab Kritikan Fans?Pemain Bali United U-18 (Instagram.com/baliunitedyouth)

Program pembinaan pemain muda di Bali United telah berhasil melahirkan pemain yang saat ini memperkuat beberapa tim besar di Liga 1 Indonesia. Mereka di antaranya Irfan Jauhari (Persis) dan Meru Kimura (Rans Nusantara FC).

Selain itu, ada juga beberapa pemain yang masih memperkuat Bali United senior yakni Komang Tri, Agus Mahendra, Made Tito, Kadek Agung, dan Made Andhika Wijaya. Semuanya tumbuh dari tim muda Bali United.

Pihak manajemen Bali United belum merilis jadwal resmi dalam program seleksi tersebut. Namun dipastikan program ini akan berlangsung dalam waktu dekat. 

3. Bali United perlu regenerasi untuk mencetak pemain masa depan

Bali United Bakal Seleksi Pemain Muda, Jawab Kritikan Fans?Pemain Bali United U-18 (Instagram.com/baliunitedyouth)

Beberapa suporter menilai positif program seleksi pemain muda yang dilakukan Bali United tahun ini. Seperti yang diungkapkan seorang suporter, Komang Yasa asal Gianyar. Menurutnya langkah ini merupakan jawaban atas kritikan para fans.

Para fans dan pengamat sepak bola Indonesia, menilai skuad utama Bali United saat ini justru didominasi pemain usia 30 tahun ke atas. Menurutnya sangat perlu untuk dilakukan regenerasi untuk mencetak pemain masa depan.

"Jangan hanya seleksi. Tapi tempa pemain muda dan harus diberikan banyak jam terbang juga dan benar-benar disiapkan untuk regenerasi," jelas Komang Yasa, Rabu (13/7/2022).

Ia tidak ingin pemain muda hanya sebatas formalitas dan menjadi penghias di bangku cadangan. Namun para pemain muda harus diberikan kesempatan untuk promosi di skuad utama dan banyak diberikan kesempatan bermain.

"Pemain muda ini masa depan Bali United tentunya, juga masa depan Timnas Indonesia," harapnya.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya