Mohamed Salah Dibuatkan Patung di Mesir Untuk Motivasi, Mirip Gak?

Katanya, patung ini diejek sama fansnya Salah

Membuat patung memang memerlukan kemampuan berkarya seni yang tinggi. Apalagi jika mendapat proyek untuk membuat patung seorang tokoh. Seperti kasus ini. Bisa kamu tebak, patung siapakah ini sebenarnya?

Iya. Ini adalah patung pemain terbaik timnas Mesir, Mohamed Salah. Patung tersebut disimpan oleh World Youth Forum di Sharm El-Sheikh, Mesir. Patung ini menggambarkan selebrasi Salah setiap kali mencetak gol menghadapi West Bromwich Albion, bulan April 2018 lalu.

1. Mendapat ejekan dari fans

Mohamed Salah Dibuatkan Patung di Mesir Untuk Motivasi, Mirip Gak?bbc.com

Baca Juga: Tak Pernah Terlihat, Ahn Byung-keon Resmi Keluar dari Bali United

Patung itu telah diresmikan di Sharm el-Sheikh, menggambarkan pose selebrasi Mohamed Salah yang berhasil mencetak rekor dengan 32 gol di musim perdananya di Liga Inggris. Salah dianugerahi sebagai pemain terbaik Liga Inggris dan masuk nominasi sebagai pemain terbaik FIFA musim lalu. Salah juga berhasil membawa timnas Mesir berlaga di Piala Dunia untuk pertama kalinya sepanjang 28 tahun terakhir.

Sayangnya, patung yang dibuat oleh Mia Abdallah tersebut tak begitu mirip dengan sang pemain.

Alih-alih mirip Mohamed Salah, patung tersebut mendapat ejekan dari para fans di media sosial, karena lebih mirip dengan penyanyi tahun 70an, Leo Sayer atau Art Garfunkel. Bahkan mirip juga dengan karakter Marv dari film Home Alone.

2. Mengingatkan akan patung Cristiano Ronaldo

Mohamed Salah Dibuatkan Patung di Mesir Untuk Motivasi, Mirip Gak?twitter.com/M1KE_LFC

Patung ini juga mengingatkan kita pada patung Cristiano Ronaldo yang mengegerkan fans di media sosial. Patung Ronaldo yang diletakkan di Madeira airport tersebut tampak tak mirip dengannya.

Namun Emanuel Santos, sang pembuat patung tersebut diberi kesempatan untuk kembali memperbaikinya. Kini patungnya jauh lebih baik, dan mirip pemain yang kini membela Juventus tersebut.

3. Latar belakang pembuatan patung

Mohamed Salah Dibuatkan Patung di Mesir Untuk Motivasi, Mirip Gak?thisisanfield.com

Baca Juga: Maria Ozawa Diperiksa Gara-gara Beredarnya Banner Boat Party di Bali?

World Youth Forum sendiri adalah event yang diselenggarakan anak muda Mesir guna mempromosikan kedamaian dan kemakmuran. Acara ini dihadiri ribuan orang, termasuk presiden Mesir, Abdul Fattah al-Sisi.

Mai Abdallah, sang pemahat patung, mengatakan kepada media bahwa pembuatan patung itu karena Salah merupakan simbol kehebatan anak muda Mesir, dan menggambarkannya sebagai "distinguished and executable".

Dalam postingannya di Facebook, Mia juga menjawab kritikan fans Salah. Ia mengakui jika hasil karyanya tak mirip seperti aslinya. Ia berharap mereka yang mengejeknya mau belajar seni mengkritik secar sopan dan hormat.

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Ganjar Firmansyah di IDN Times Community dengan judul Setelah Ronaldo, Giliran Patung Mohamed Salah yang Dirundung Fans

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya