Tak Pernah Terlihat, Ahn Byung-keon Resmi Keluar dari Bali United

Padahal dia diunggulkan di Serdadu Tridatu

Sejak beberapa bulan terakhir, Ahn Byung-keon tampak tidak melakukan latihan atau aktivitas lainnya di Bali United. Ternyata ia keluar dari tim Serdadu Tridatu secara resmi. Hal tersebut diumumkan melalui situs BaliUtd.com, Kamis (1/11) lalu.

CEO Bali United, Peter Tanuri, mengungkapkan keputusan itu diambil melalui proses pembicaraan dan kesepakatan bersama. Setelah menjalani operasi bahu, Ahn memutuskan kembali ke Korea Selatan, dan latihan dengan sebuah klub sepak bola di Negaranya.

1. Ahn sudah dihantam cedera bahu tiga kali beruntun

Tak Pernah Terlihat, Ahn Byung-keon Resmi Keluar dari Bali UnitedBaliUtd.com/Ewin Setyo

Kendati cukup berat, mufakat hitam di atas putih telah disetujui. Si tembok kokoh asal Negeri Ginseng melepas seragam merah kebesaran klub yang bermarkas di Gianyar tersebut. Sejak putaran kedua, dirinya memang tidak tercantum dalam daftar pemain yang didaftarkan ke pihak operator kompetisi kendati masih terikat kontrak.

Ahn memang seperti akrab dengan meja perawatan sepanjang karirnya di Indonesia. Total empat cedera datang silih berganti sejak merumput pada pertengahan 2016 alias gelaran Indonesia Soccer Championship.

Ada cedera ligamen parsial (Juli 2016), bahu kanan (September 2017) yang terulang pada bulan Mei dan Juli tahun ini.

2. Ahn sudah nyaman tinggal di Pulau Dewata. Meninggalkan Bali United adalah keputusan yang sulit baginya

Tak Pernah Terlihat, Ahn Byung-keon Resmi Keluar dari Bali UnitedBaliUtd.com/Ewin Setyo

Padahal bek tengah yang sempat berkiprah bersama Bangkok FC itu menjadi tulang punggung BU dua musim belakangan. Tiga gol berhasil disarangkan sepanjang 72 kali tampil sebagai starter.

Adaptasi yang lancar plus suasana Pulau Dewata membuat pria 29 tahun itu telanjur kerasan. Berpisah tentu sesuatu yang dirasa sulit bukan main.

"Saya di Bali United sudah dua tahun, dan saya senang karena merasa berada di dalam sebuah keluarga. Saya sangat menghormati rekan-rekan pemain, tim pelatih dan juga seluruh staf di Bali United. Sda perasaan yang berat untuk meninggalkan tim ini," ujar Ahn sebelum pulang ke Korea Selatan untuk menjalani operasi bahu Juli silam.

3. Tanpa Ahn sejak putaran kedua, Serdadu Tridatu belakangan kerap andalkan talenta lokal

Tak Pernah Terlihat, Ahn Byung-keon Resmi Keluar dari Bali UnitedBaliUtd.com/Ewin Setyo

Di paruh kedua musim 2018, Mohamadou N'Diaye dan Syaiful Indra Cahya direkrut sebagai pengganti Ahn dan Demerson Costa di pos palang pintu. Namun belakangan, Widodo C Putro selaku pelatih kepala kerap andalkan jasa talenta lokal seperti Agus Nova Wiantara, Taufik Hidayat serta I Kadek Agung Widnyana Putra.

Menilik papan klasemen sementara, Fadhil Sausu cs tercecer di peringkat 7 dengan total nilai 34. Selain ditempel ketat Arema FC dari bawah, mereka terpisah empat poin dari zona tiga teratas yang jadi incaran.

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Achmad Hidayat Alsair di IDN Times Community dengan judul Lama Tak Terdengar, Ahn Byung-keon Resmi Berpisah dengan Bali United

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya