Kongres Luar Biasa Akan Digelar, PSSI Kirim Perwakilan ke FIFA

Menurutmu siapa yang layak menjadi Ketua PSSI?

Jakarta, IDN Times - Semenjak Pelaksana Tugas (Plt) Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI), Joko Driyono (Jokdri), ditetapkan sebagai tersangka pengerusakan alat bukti yang dikaitkan dengan kasus pengaturan skor di kompetisi sepak bola Indonesia, maka kursi jabatan itu kosong.

Karena itu Ketua Federasi sepak bola tertinggi Indonesia memutuskan melakukan Kongres Luar Biasa (KLB) untuk menentukan tampuk kepemimpinan baru.

Hal itu dipastikan saat Rapat Komite Eksekutif PSSI yang dipimpin langsung oleh Jokdri, di kantor PSSI, Jakarta, Selasa (19/2) malam.

"Mempertimbangkan dinamika yang berkembang dan mendengarkan aspirasi anggota agar visi dan program berjalan, PSSI akan menggelar Kongres Luar Biasa atau KLB," kata Jokdri dalam rilis yang diterima IDN Times.

1. Sebelum melaksanakan KLB, PSSI akan membuat dua agenda

Kongres Luar Biasa Akan Digelar, PSSI Kirim Perwakilan ke FIFAIDN Times/Imam Rosidin

Sebelum menggelar KLB untuk menentukan Ketum baru, PSSI rencananya akan membuat dua agenda. Pertama, mereka akan membentuk perangkat Komite Pemilihan (KP) dan Komite Banding Pemilihan (KBP).

Setelah ditentukannya dua komite tersebut, barulah PSSI akan menentukan tanggal kongres pemilihan kepengurusan yang baru.

2. PSSI belum menentukan waktu KLB

Kongres Luar Biasa Akan Digelar, PSSI Kirim Perwakilan ke FIFAJoko Driyono didampingi Ratu Tisha di Polda Metro Jaya. (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Namun PSSI masih belum menyebut kapan semua agenda yang mereka rencanakan akan digelar. Sambil mempersiapkan dua agenda tersebut beserta KLB-nya, PSSI akan mengutus perwakilan ke Zurich untuk berkoordinasi langsung dengan FIFA, federasi sepak bola dunia, guna mendapat arahan dan rekomendasi yang tepat.

Hal itu dilakukan karena PSSI juga mempertimbangkan padatnya program, termasuk menjaga komitmen partner komersial kompetisi profesional. Selain itu, PSSI menghormati agenda besar politik nasional, yakni Pemilihan Umum yang akan digelar serentak pada 17 April mendatang.

3. Ratu Tisha sempat pastikan Jokdri tetap jadi Ketum PSSI

Kongres Luar Biasa Akan Digelar, PSSI Kirim Perwakilan ke FIFAIDN Times/Imam Rosidin

Desakan mengenai KLB memang sudah muncul setelah Kongres tahunan lalu karena mundurnya Edy Rahmayadi dari kursi pimpinan. Hanya saja saat itu urung terlaksana karena mayoritas voters menganggap hal itu belum urgent.

Isu KLB justru memudar, usai Minggu pekan lalu, PSSI menggelar pertemuan dengan klub. Bahkan secara tersirat, Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria, memastikan bahwa Jokdri masih berstatus sebagai Ketum.

4. Apa yang jadi penyebab KLB akhirnya digelar?

Kongres Luar Biasa Akan Digelar, PSSI Kirim Perwakilan ke FIFADok. PSSI

Menurut Ratu Tisha sebelum keputusan KLB keluar, pihaknya berpegang kepada statuta. Karena dalam statuta tidak disebutkan apapun terkait kondisi yang menimpa Ketum PSSI saat ini. Sebab lanjut dia, yang paling penting adalah program PSSI tetap terlaksana.

Tetapi, kenapa sekarang semuanya berubah? Tentu hal ini menjadi tanda tanya besar kenapa akhirnya PSSI mau menggelar KLB. Apakah ada kaitannya dengan status Jokdri dalam proses hukum?

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya