Review Timnas Indonesia Juara Piala AFF U-22 Lawan Thailand

Kamu saksi sejarah, guys! Ini kemenangan perdana

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia U-22 akhirnya keluar sebagai juara Piala AFF U-22 2019 setelah berhasil menekuk Thailand dengan skor 2-1 di Stadion Nasional, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (26/2).

Dua gol Indonesia dicetak oleh Sani Riski pada menit ke- 58 dan Osvaldo Haay pada menit ke-63. Sedangkan gol Thailand dicetak oleh Saringkan Promsupa pada menit ke-57. Ini merupakan gelar perdana bagi Timnas Indonesia U-22 dalam keikutsertaan perdananya dalam ajang Piala AFF U-22.

1. Indonesia mendominasi sejak babak pertama dimulai

Review Timnas Indonesia Juara Piala AFF U-22 Lawan ThailandANTARA FOTO/Nyoman Budhiana

Indonesia langsung mendominasi penguasaan bola ketika pertandingan baru dimulai. Bahkan pada menit keempat, Timnas Indonesia nyaris mencetak ketika Witan Sulaeman memberikan umpan silang dari sisi kiri pertahanan Timnas Thailand U-22.

Osvaldo Haay yang berada di muka gawang langsung menyambar bola dengan keras. Sayang, kiper Thailand U22, Korraphat Nareechan, berada di posisi yang tepat untuk menepis tendangan tersebut.

Thailand mendapat peluang emas pertamanya pada menit ke-19 melalui skema sepak pojok dari sisi kanan gawang Timnas Indonesia yang dijaga Awan Setho. Umpan sepak pojok Timnas Thailand berhasil disambut dengan tendangan setengah voli, beruntung ada Firza Andika di mulut gawang yang menyapu bola keluar kotak penalti sehingga tak terjadi gol.

2. Berulang kali diserang, Timnas Indonesia beberapa kali coba membalasnya

Review Timnas Indonesia Juara Piala AFF U-22 Lawan ThailandFOX Sports Asia

Thailand U-22 perlahan mulai berganti menguasai jalannya pertandingan. Terlebih, Timnas Indonesia kerap melakukan pelanggaran dan membuat bola keluar lapangan, sehingga Saringkan Promsupa dkk bisa menciptakan banyak peluang yang cukup berbahaya.

Berulang kali diserang, Timnas Indonesia beberapa kali coba membalasnya. Upaya Witan melalui penetrasi sisi kiri lini pertahanan Thailand U-22 dan tendangan jarak jauhnya juga tak menembus gawang yang dijaga Nareechan.

Bahkan upaya Marinus Wanewar yang turun menjemput bola dari tengah lapangan pun juga tak membuahkan hasil. Babak pertama pun berakhir 0-0.

3. Osvaldo membuat Indonesia berbalik unggul 2-1

Review Timnas Indonesia Juara Piala AFF U-22 Lawan ThailandInstagram.com/timnas.indonesia

Babak kedua dimulai dengan insiden tabrakan yang melibatkan Witan dengan Nareechan. Kejadian tersebut bermula ketika Witan dengan Nareechan dalam mengejar umpan terobosan Gian Zola dari tengah lapangan.

Pada menit ke-55 Setho sempat dikejutkan dengan tendangan keras Jaroensak Wonggom dari sudut sempit. Untungnya, ia bisa menyelamatkan bola dengan baik sehingga tak terjadi gol.

Akhirnya gawang Setho tembus akibat tandukan Promsupa yang menyambut tendang bebas dekat kotak penalti pada menit ke-57. Thailand U-22 pun sementara unggul 1-0. Namun, keunggulan tersebut tak bertahan lama berkat tendangan jarak jauh Sani Riski semenit setelah gol pertama Thailand U-22. Bola yang meluncur deras tak mampu dihalau kiper akibat membentur pemain Thailand U-22.

Osvaldo membuat Indonesia berbalik unggul 2-1 berkat kepiawaiannya menyambut tendangan bebas Luthfi Kamal dari sisi kiri pertahanan Thailand U-22. Gol tersebut disambut suporter Indonesia yang hadir di stadion dengan teriakan “Juara! Juara Juara!”.

Sudah unggul, Indra Sjafri langsung memasukkan Rachmat Irianto di posisi bek menggantikan Witan yang berposisi sebagai pemain depan. 

Babak kedua masih dipenuhi pelanggaran-pelanggaran bahkan sempat memicu keributan antar-kedua kesebelasan. Saat Thailand U-22 akan mengambil tendangan bebas, terjadi aksi saling dorong di dalam kotak penalti Indonesia. Kejadian itu sempat membuat wasit menunda pertandingan untuk meredam keributan.

4. Bagas Adi harus keluar lapangan akibat diganjar kartu merah

Review Timnas Indonesia Juara Piala AFF U-22 Lawan ThailandInstagram.com/pssi__fai

Tiga menit jelang berakhirnya waktu normal, Osvaldo nyaris memperbesar keunggulan Indonesia U-22. Ia sudah berlari sendirian meninggalkan bek-bek Thailand dan tinggal berhadapan dengan kiper Thailand, sayang tendangannya mengarah tepat ke tubuh Nareechan.

Petaka terjadi pada menit ke-88, Bagas Adi harus keluar lapangan akibat diganjar kartu merah setelah melakukan tackle dua kaki yang ia lakukan ke pemain Thailand. Indonesia pun harus menyelesaikan pertandingan dengan 10 orang pemain saja.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya