Jadi Venue Piala Dunia U-20, Sudah Siapkah Stadion Dipta?

Suatu kehormatan nih bagi Bali

Denpasar, IDN Times – Terpilihnya Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 Tahun 2021 mendatang, menjadi suatu kehormatan tersendiri bagi bangsa ini. Kabar tersebut disampaikan oleh Kepala Hubungan Media dan Promosi Digital Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Gatot Widakto, Kamis (24/10), di mana pihak Federation Internationale de Football Association (FIFA) telah menjatuhkan pilihan kepada Indonesia.

Sebelumnya, Brasil dan Peru juga muncul sebagai kandidat lokasi pelaksanaan ajang bergengsi tersebut di antara sembilan stadion lainnya. Malaysia menjadi tuan rumah pada 1997, saat itu turnamen ini masih bernama Kejuaraan Dunia Pemuda FIFA. Kini, Indonesia akan menjadi negara Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) kedua yang menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20.

Ditunjuknya Indonesia ini juga berdampak pada Bali. Pasalnya, nama Stadion Kapten I Wayan Dipta di Kabupaten Gianyar muncul sebagai stadion yang akan disiapkan untuk penyelenggaraan Piala Dunia 2021. Lalu seperti apa tanggapan Chief Executive Officer (CEO) Bali United, Yabes Tanuri? Berikut ini hasil wawancara IDN Times dengan Yabes Tanuri, Kamis (24/10):

1. Bagaimana tanggapan Bapak bahwa Stadion Dipta akan digunakan untuk ajang Piala Dunia U-20 tahun mendatang?

Jadi Venue Piala Dunia U-20, Sudah Siapkah Stadion Dipta?Instagram.com/yabestan

Ia menyampaikan pihaknya sangat berterima kasih atas kesempatan yang diberikan ini. Pihaknya nanti juga akan merenovasi jika memang diperlukan.

2. Apakah sudah ada kabar kepastian terkait keputusan tersebut?

Jadi Venue Piala Dunia U-20, Sudah Siapkah Stadion Dipta?Instagram.com/baliunitedfc

Yabes mengungkapkan, sejak dihubungi IDN Times Kamis sore belum mendapatkan kabar tersebut secara penuh.

“Nggak tahu itu belum dapat (Kabar). Beritanya saya belum dapat full bahwa sudah ditunjukkan,” ucapnya.

3. Apakah sudah ada rapat tim terkait persiapan yang akan dilakukan?

Jadi Venue Piala Dunia U-20, Sudah Siapkah Stadion Dipta?Facebook.com/fifau20worldcup

Yabes menjawab pihaknya memang sempat merapatkan secara internal terkait hal ini. Hal tersebut sebagai bentuk persiapan awal yang dikatakannya boleh-boleh saja. “Kalau secara internal sudah ada. Sudah lama, sejak kami dicalonkan, kami sudah siap-siap,” jawabnya.

4. Sebenarnya Stadion Dipta sudah siap apa belum untuk menyambut Piala Dunia U-20?

Jadi Venue Piala Dunia U-20, Sudah Siapkah Stadion Dipta?Instagram.com/dipta.stadium

Mendapat pertanyaan ini, Yabes menjawab akan lebih baik jika pihak media yang mencari tahu persyaratan untuk ajang Piala Dunia U-20 tahun 2021 tersebut. Lantaran ia belum mendapat kabar tentang persyaratan yang sampai ke telinganya.

“Nggak tahu nih persyaratan FIFA-nya untuk U-20 apa. Tapi kalau persyaratannya FIFA untuk U-20 sama dengan World Cup, satu di Indonesia yang siap hanya GBK (Gelora Bung Karno). Yang lain nggak ada yang siap,” terangnya.

Untuk diketahui Stadion Dipta masih dalam pembenahan dengan memperluas area tribun supaya bisa menampung 26 sampai 27 ribu penonton. Penambahan kapasitas sekitar 4000 pentonton itu ditarget selesai pada bulan Desember mendatang.

Baca Juga: Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U-20, PSSI: Terima Kasih Jokowi

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya