Ribuan Anak Ikut Barati Cup Bali, Pemenang Akan ke Swedia

Wah, gokil sih ini

Gianyar, IDN Times - Sebanyak 2.300 peserta sepak bola dari 14 provinsi di Indonesia, dan satu negara ASEAN mengikuti Bangga Merah Putih (Barati) Cup Bali 2024 di BU Training Ground, Pantai Purnama, Kabupaten Gianyar selama empat hari sejak 2-5 Maret 2024.

CEO Barati Mendunia, Krisna Wisnu Marsis, mengatakan jumlah peserta tahun ini meningkat dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya. Turnamen ini akan menjadi ajang seleksi untuk skuad Barati 2024 yang akan berkompetisi di World Youth Cup - Gothia Cup di Swedia bulan Juli 2024 mendatang

"Berlipat dua kali lipat yang hadir dalam Barati Cup Bali 2024. Semoga tahun-tahun berikutnya kami, dan kalian bisa mengikuti Barati lagi di tahun-tahun berikutnya," terangnya, Minggu (3/3/2024).

1. Latihan berbulan-bulan sebelum bertanding

Ribuan Anak Ikut Barati Cup Bali, Pemenang Akan ke SwediaBangga Merah Putih (BARATI) Cup Bali 2024 di BU Training Ground, Pantai Purnama, Gianyar (IDN Times/Ayu Afria)

Peserta dari Asiop Jakarta, Devan (12), harus berlatih selama 5 bulan untuk mengikuti Barati Cup Bali 2024. Ia kemudian pergi ke Bali bersama timnya sebanyak 16 orang, didampingi orangtua dan pelatih. Mereka tiba pada Jumat (1/3/2024), dan antusias untuk memenangkan pertandingan.

"Mau juara. Juara satu," katanya.

2. Untuk menjaring perwakilan yang akan bertanding ke Swedia

Ribuan Anak Ikut Barati Cup Bali, Pemenang Akan ke SwediaBangga Merah Putih (BARATI) Cup Bali 2024 di BU Training Ground, Pantai Purnama, Gianyar (IDN Times/Ayu Afria)

CEO Barati Mendunia, Krisna W Marsis, mengatakan tahun ini jumlah peserta mengalami peningkatan dua kali lipat. Mereka dalam rentang usia 12 hingga 14 tahun. Tercatat setidaknya ada 120 tim yang akan bertanding kali ini. Pertandingan ini akan menentukan siapa saja yang terpilih untuk mewakili kompetisi di Swedia. Selain seleksi pemain, juga akan dilakukan pencarian pelatih yang akan mendampingi setiap Kelompok Umur (KU) 12, 13, dan 14.

"Inisiatif baru ini diharapkan dapat mendukung program pemerintah, terutama Kemenpora dan PSSI, dalam pengembangan sumber daya manusia di bidang sepakbola," ungkapnya.

Pada Barati Cup Bali 2024 terdapat 240 pertandingan dengan menggunakan 9 lapangan. Pada hari pertama dan kedua, tim KU-12 dan KU-13 akan dibagi menjadi 11 grup, sedangkan KU-14 akan dibagi menjadi 8 grup. Setiap tim di setiap Kelompok Umur akan bertanding satu sama lain. Sementara itu, pada hari ketiga dan keempat, akan dilaksanakan pertandingan sistem gugur untuk menentukan juara turnamen.

Proses seleksi skuad Barati akan dilakukan oleh Coach Indra Sjafri untuk memilih 52 pemain terbaik. Para pemain ini nantinya akan dipersiapkan melalui Training Center di Jakarta sebelum berangkat ke Swedia.

3. Indonesia sedang mengembangkan bakat unggul pemain bola

Ribuan Anak Ikut Barati Cup Bali, Pemenang Akan ke SwediaBangga Merah Putih (BARATI) Cup Bali 2024 di BU Training Ground, Pantai Purnama, Gianyar (IDN Times/Ayu Afria)

Direktur Teknis & Head of Talent Scouting Barati Mendunia sekaligus Coach, Indra Sjafri, mengatakan untuk menciptakan generasi sepak bola Indonesia lebih unggul, maka ada 5 pilar yang harus dikerjakan. Yaitu perbaikan infrastruktur, perbaikan, kurikulum sepak bola, pengembangan pelatih, pengembangan pemain, dan kompetisi.

"Kami selalu ingin generasi yang muncul itu jauh lebih baik. Jadi memang kami butuh generasi baru sepak bola Indonesia yang kualitasnya jauh lebih baik dari sekarang," jelasnya.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya