Statistik Mitsuru Maruoka Liga 1, Anggota Baru Bali United

Dia pernah menjebol gawangnya Bali United

Bali United melepas beberapa pemain yang telah bermain di Liga 1 2023/2024. Manajemen Serdadu Tridatu melakukannya sebagai persiapan menghadapi musim depan kasta tertinggi sepak bola Tanah Air. Bali United mulai mendatangkan pemain baru untuk mengisi skuad mengarungi Liga 1 2024/2025.

Mitsuru Maruoka menjadi pemain baru klub kebanggaan masyarakat Bali. Melalui akun media sosial (medsos) Bali United, mereka mengumumkan Mitsuru Maruoka telah resmi bergabung bersama skuad Serdadu Tridatu. Seperti apakah statistik mantan pemain RANS Nusantara FC ini di Liga 1?

1. Mitsuru Maruoka bermain dua musim bersama RANS Nusantara FC

Statistik Mitsuru Maruoka Liga 1, Anggota Baru Bali UnitedMitsuru Maruoka saat bermain bersama RANS Nusantara FC. (Instagram.com/mitsurumaruoka)

Gelandang asal Jepang ini bukan pertama kali bermain di Indonesia. Ia mulai merumput di Indonesia pada 2022 bersama RANS Nusantara FC. Sebelumnya, ia sempat memperkuat beberapa klub seperti Gimpo FC (Korea Selatan), BG Pathum United FC (Thailad), Cerezo Osaka (Jepang), hingga Borrusia Dortmund.

Maruoka mampu memperlihatkan performa yang cukup baik saat bersama klub milik Raffi Ahmad ini. Itu terbukti, karena ia tetap menjadi bagian skuad RANS Nusantara FC untuk mengarungi Liga 1 2023/2024. Sayangnya, RANS Nusantara FC harus degradasi ke Liga 2. Maruoka kemudian memilih untuk bermain bersama Bali United pada gelaran Liga 1 2024/2025 mendatang.

2. Raihan gol saat bersama RANS Nusantara FC

Statistik Mitsuru Maruoka Liga 1, Anggota Baru Bali UnitedMitsuru Maruoka usai mencetak gol bermain bersama RANS Nusantara FC. (Instagram.com/mitsurumaruoka)

Musim pertama bersama RANS Nusantara FC, Maruoka berhasil mencatatkan 7 gol dan 4 assist dalam 34 pertandingan. Gol debutnya terjadi saat RANS Nusantara FC menjamu PSM Makassar pada 15 Agustus 2022. Sayangnya, gol semata wayangnya ini belum mampu mengalahkan PSM Makassar. RANS Nusantara FC harus takluk dengan skor 1-2.

Dari tujuh gol Maruoka, ia mencetak dua kali brace. Brace pertamanya saat RANS Nusantara menahan imbang Dewa United dengan skor 2-2 pada 1 Oktober 2022. Brace keduanya saat menghadapi Bali United, klub yang kini ia bela pada 25 Januari 2023. Brace pemain berusia 28 tahun ini menyelamatkan RANS Nusantara FC dari kekalahan. Kedua tim bermain imbang dengan skor 4-4.

Musim keduanya, grafik performa Maruoko meningkat. Ia berhasil membukukan 11 gol dan 3 assist dalam 29 pertandingan di Liga 1 2023/2024. Raihan yang sama dengan Jefferson Assist, pemain asing asal Brasil yang telah dilepas Bali United.

3. Pernah tiga kali membobol gawang Bali United

Statistik Mitsuru Maruoka Liga 1, Anggota Baru Bali UnitedMitsuru Maruoka saat berada di Stadion Kapten I Wayan Dipta. (Instagram.com/baliunitedfc)

Seperti halnya Privat Mbarga yang pernah membobol gawang Bali United saat dirinya memperkuat Svay Rieng, Maruoka juga pernah melakukan hal yang sama. Menurut Transfermarkt.co.id, dirinya pernah tiga kali membobol gawang Bali United. Dua gol di Liga 1 2022/2023, dan satu gol saat Liga 1 2023/2024.

Seperti telah disebutkan di atas, brace Maruoka terjadi saat menjamu Bali United pada 25 Januari 2023. Dua gol ini ia ciptakan pada menit ke-23 dan ke-27 dan berhasil menghindarkan RANS Nusantara FC dari kekalahan. Pertandingan ini berakhir imbang dengan skor akhir 4-4.

Satu gol lainnya terjadi saat RANS Nusantara FC menjamu Bali United pada 17 Maret 2024. Maruoka mencetak gol pada menit ke-64. Gol semata wayangnya ini kembali membawa RANS Nusantara FC terhindar dari kekalahan. Pertandingan lanjutan Liga 1 2023/2024 ini, berakhir imbang dengan skor 1-1.

4. Maruoka tidak pernah mendapatkan kartu merah

Statistik Mitsuru Maruoka Liga 1, Anggota Baru Bali UnitedMitsuru Maruoka saat berada di Stadion Kapten I Wayan Dipta. (Instagram.com/baliunitedfc)

Maruoka menjadi pemain Liga 1 2022/2023 dan Liga 1 2023/2024 yang minim mendapatkan kartu. Ia juga tercatat sebagai pemain yang nihil kartu merah. Itu berarti ia mampu bermain dengan baik tanpa melakukan pelanggaran keras. Walaupun, ia harus berjibaku di lini tengah.

Total kartu kuning yang pernah didapat Maruoka selama berseragam RANS Nusantara FC adalah enam kartu. Satu kartu kuning saat bermain di Liga 1 2022/2023. Kartu kuning lainnya saat bermain di Liga 1 2023/2024.

Melihat dari statistik Mitsuru Maruoka di atas, pemain anyar Bali United ini bisa menjadi tumpuan di lini tengah. Ia diharapkan mampu dengan lebih baik mengganti peran Eber Bessa. Kasih nilai berapa nih semeton?

Ari Budiadnyana Photo Community Writer Ari Budiadnyana

Menyenangi hal-hal baru. Menulis salah satu hobi sejak jaman blog. Menulis apa saja yang ada di hati.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya