Profil Maouri Simon, Debut Bersama Bali United 

Pernah didepak Bima Sakti

Bali United menutup Liga 1 dengan kekalahan saat menghadapi Persita Tangerang, Selasa (30/4/2024). Serdadu Tridatu harus takluk dari tuan rumah dengan skor 2-4. Pertandingan ini sudah tidak berpengaruh terhadap peringkat Bali United di klasemen Liga 1 2023/2024.

Di balik hasil itu, ada fakta menarik dari laga menghadapi Persita Tangerang. Stefano "Teco" Cugurra menurunkan pemain mudanya, Maouri Simon. Ia merupakan pemain binaan akademi Bali United Youth. Berikut ini profil Maouri Simon.

1. Meraih tiket Golden Pass the Next Gen Bali United

https://www.youtube.com/embed/33nmB61IkEw

Bali United mengadakan program The Next Gen Bali United untuk menjaring pemain sepak bola muda berbakat menuju karier profesional. The Next Gen Bali United ini diadakan pertama kali pada 2022. Maouri Simon menjadi peserta program yang diadakan di Bali United Training Centre, Pantai Purnama, Kabupaten Gianyar.

Maouri Simon mampu memperlihatkan kemampuan terbaiknya saat itu. Hal ini membuat jajaran pelatih usia muda Bali United memberikan pemain blasteran Indonesia Prancis ini tiket Golden Pass bergabung ke akademi Bali United Youth. Setelah bergabung bersama Bali United Youth, Maouri Simon mengikuti program latihan bersama pemain-pemain muda lainnya.

2. Profil Maouri Simon sebagai joker Bali United

Profil Maouri Simon, Debut Bersama Bali United Maouri Simon saat latihan bersama Bali United. (Instagram.com/maourisimon)

Regulasi Liga 1 mengizinkan pemain sepak bola usia muda untuk bermain di tim senior atau tim utama klubnya bergabung. Ia bisa dipanggil sewaktu-waktu oleh tim usia muda. Pemain seperti ini mendapatkan istilah pemain joker.

Dilansir Baliutd.com, saat ini status Maouri Simon adalah sebagai pemain joker Bali United. Maouri bisa bermain di tim senior Bali United, Bali United U-20, dan Bali United U-18. Teco memproyeksikan Maouri Simon untuk memperkuat tim senior Serdadu Tridatu. Pemain berusia 17 tahun ini akan mendapatkan kontrak profesionalnya saat benar-benar dinyatakan layak dan pantas oleh Teco, untuk menjadi bagian dari tim utama Serdadu Tridatu.

3. Sempat didepak Bima Sakti dari Timnas U-17

Profil Maouri Simon, Debut Bersama Bali United Maouri Simon saat latihan bersama Bali United. (Instagram.com/maourisimon)

Kepiawaian Maouri Simon mengolah si kulit bundar membuatnya dipanggil untuk memperkuat Timnas U-17 asuhan Bima Sakti. Saat itu, dirinya lolos seleksi Timnas U-17 yang dilakukan di 12 kota. Pemain yang lolos seleksi ini dipersiapkan untuk memperkuat Timnas U-17 di Piala Dunia U-17 2023.

Maouri Simon sempat masuk skuad Timnas U-17 saat menghadapi Korea Selatan U-17 dalam laga persahabatan. Pada laga tersebut, dirinya hanya duduk sebagai pemain cadangan, dan belum mendapatkan menit bermain. Sayangnya, Maouri Simon tidak dipilih oleh Bima Sakti sebagai tim utama Piala Dunia U-17 2023.

4. Maouri Simon Debut saat Bali United berhadapan dengan Persita Tangerang

Profil Maouri Simon, Debut Bersama Bali United Maouri Simon saat debut bersama Bali United. (Instagram.com/maourisimon)

Didepak dari Timnas U-17 tidak membuat Maouri Simon patah semangat. Pemain berposisi sebagai gelandang serang ini debut manis bersama Bali United U-20 saat menghadapi Persik Youth. Maouri Simon berhasil mencetak grace dalam laga yang berkesudahan sama kuat 2-2 tersebut.

Performa apiknya ini membuat Teco mempromosikan dirinya bermain bersama tim senior Bali United. Dikutip dari Transfermark.co.id, Maouri Simon masuk dalam skuad Serdadu Tridatu saat menjamu Borneo FC. Ia terdaftar sebagai pemain cadangan dan belum mendapatkan menit bermain pada laga tersebut.

Tercatat, ia masuk sebagai skuad Bali United di Liga 1 2023/2024 sebanyak lima kali sebelum melakukan debutnya. Pemain bernama lengkap Maouri Ananda Yves Ramli Simon ini akhirnya mendapatkan kesempatan untuk debut bersama Bali United di laga penutup Liga 1 2023/2024. Pada laga tersebut, Bali United bertandang ke kandang Persita Tangerang.

Maouri Simon masuk menggantikan Rahmat Arjuna pada menit ke-75. Ia bermain selama 15 menit pada laga tersebut. Walaupun Serdadu Tridatu harus tunduk dari Pendekar Cisadane, setidaknya gelandang muda ini sudah pernah merasakan kompetisi Liga 1 2023/2024. Sebagai catatan, Maouri Simon merupakan pemain termuda Bali United yang pernah diturunkan Teco di Liga 1.

Profil Maouri Simon memiliki usia yang masih terbilang muda. Perjalanan karier sepak bola profesionalnya terbuka lebar. Ia hanya perlu terus mengasah teknik bermain sepak bola hingga mendapatkan kontrak profesionalnya di Bali United atau klub profesional lainnya.

Ari Budiadnyana Photo Community Writer Ari Budiadnyana

Menyenangi hal-hal baru. Menulis salah satu hobi sejak jaman blog. Menulis apa saja yang ada di hati.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya