Peta Kekuatan 3 Lawan Bali United di Grup G AFC Cup 2023

Akankah Bali United lolos fase grup?

Setelah mengalami kekalahan telak dari Lee Man FC, langkah Bali United di babak playoff Liga Champion Asia 2023/2024 terhenti. Klub asal Pulau Dewata ini harus turun kasta ke kompetisi AFC Cup 2023/2024. Badan sepak bola Asia telah menggelar proses drawing, Kamis (24/8/2023).

Dari hasil tersebut, Bali United berada di Grup G AFC Cup 2023/2024 bersama Stallion Laguna FC (Filipina), Central Coast Mariners FC (Australia), dan Terengganu FC (Malaysia). Bagaimanakah peta kekuatan ketiga klub calon lawan Serdadu Tridatu? Langsung disimak ya semeton!

1. Stallion Laguna FC punya bek tangguh asal Amerika Serikat

Peta Kekuatan 3 Lawan Bali United di Grup G AFC Cup 2023Abraham Placito sedang berlatih bersama Stallion Laguna FC. (Instagram.com/stallion.laguna.fc)

Dikutip dari News.abs-cbn.com, Stallion Laguna FC menempati urutan ketiga di klasemen Philippines Football League (PFL) 2022/2023, liga kasta teratas Filipina. Mereka berada di bawah Dynamic HERB Cebu FC dan Kaya FC Illoilo sebagai juaranya. Stallion memperoleh 38 poin dari 12 kemenangan, 2 seri, dan 9 kekalahan.

Stallion mendapatkan hasil yang tidak terlalu bagus saat awal PFL 2022/2023 dimulai. Mereka berhasil meningkatkan performa tim di penghujung PFL, dengan melakukan perubahan komposisi pemain. Satu di antaranya mendatangkan Abraham Placito, bek asal Amerika. Bek berusia 29 tahun ini nantinya akan menjadi tembok bagi Jefferson Asis dkk untuk mencetak gol ke gawang Stallion Laguna FC.

2. Central Coast Mariners FC, sang juara A-League Men 2022/2023

Peta Kekuatan 3 Lawan Bali United di Grup G AFC Cup 2023Central Coast Mariners FC saat meraih juara A-League Men 2022/2023. (Ccmariners.com.au)

Central Coast Mariners FC akan menjadi lawan terberat Bali United di Grup G. Dikutip dari situs Ccmariners.com.au, Central Coast Mariners FC berhasil meraih juara A-League Men 2022/2023, liga kasta tertinggi Australia. Central Coast Mariners FC berhasil meraih juara selama sepuluh tahun terakhir. Mereka berhasil mengalahkan Melbourne City dengan skor 6-1 pada babak grand final.

Setelah keluar sebagai juara, Central Coast Mariners FC kehilangan beberapa pemain pentingnya. Pemain ini memilih untuk melanjutkan karier di Liga Eropa, Afrika, dan Asia. Satu di antaranya Jason Cummings, yang memilih melanjutkan karier sepak bolanya ke Mohun Bagan Super Giant asal India.

Situs Transfermarkt.co.id mencatat, penyerang berusia 28 tahun ini telah mencetak 16 gol dari 25 pertandingan di A-League Men 2022/2023. Dalam AFC Cup 2023/2024 nanti, mereka untuk pertama kalinya turut serta di kompetisi kasta kedua Asia ini.

3. Terengganu FC, runner up Liga Super Malaysia

Peta Kekuatan 3 Lawan Bali United di Grup G AFC Cup 2023Pemain Terengganu FC usai mencetak gol. (Terengganufc.com)

Terengganu FC adalah klub yang berasal dari Kuala Nerus, Terengganu, Malaysia. Terengganu FC merupakan runner up Liga Super Malaysia 2022/2023 di bawah Johor Darul Takzim (JDT). Selain JDT, Terengganu FC termasuk klub paling produktif di Liga Super Malaysia dengan raihan 39 gol.

Dilansir Terengganufc.com dan Transfermarkt.co.id, Terengganu FC mempertahankan sebagian besar pemain asingnya. Pemain asing ini baru bergabung di paruh musim 2022/2023 pada awal tahun 2023. Satu orang yang perlu diwaspadai adalah penyerang asal Kroasia, Ivan Mamut. Ia telah mencetak 15 gol untuk Terengganu FC di Liga Super Malaysia.

Sistem pertandingan yang digunakan adalah round robin. Setiap tim akan saling bertemu dengan sistem home dan away. Dari ketiga negara negara di Grup G, Bali United tercatat sebagai tim yang paling sering mengikuti AFC Cup, yaitu sebanyak empat kali. Namun, Serdadu Tridatu masih belum mampu berbuat banyak di ajang ini. Kiprah Bali United di AFC Cup musim ini sangat menarik untuk disimak.

Ari Budiadnyana Photo Community Writer Ari Budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya