Perjalanan Karier Willian Pacheco Hingga Dilepas Bali United

Dia dua kali angkat tropi Liga 1 bersama Bali United

Dari unggahan akun Instagram Bali United, mereka mengumumkan bahwa center back, Willian Pacheco, tidak bersama klub berjuluk Serdadu Tridatu ini di putaran kedua Liga 1 2022/2023. Dikutip dari situs Baliutd.com, Willian Pacheco memutuskan untuk kembali ke negaranya setelah merumput di Indonesia sejak tahun 2016.

Pemain belakang asal Brasil ini telah banyak berkontribusi bagi Bali United, khususnya ketika Bali United meraih tropi Liga 1 dua musim berturut-turut. Berikut ini perjalanan karier Willian Pacheco hingga dilepas Bali United.

Baca Juga: Willian Pacheco Tinggalkan Bali United, Coach Teco: Ada Masalah Pribadi

Baca Juga: Perjalanan Karier Jordi Amat, Jadi Starter di Piala AFF

1. Mengawali karier di Brasil

Perjalanan Karier Willian Pacheco Hingga Dilepas Bali UnitedWillian Pacheco. (Instagram.com/williampacheco02)

Willian Pacheco lahir di Sao Paulo, 28 Maret1992. Pemilik tinggi 1,96 meter ini mengawali karier sepak bolanya di klub Corinthians B, dan kemudian pada tanggal 2012 pindah ke Botafogo U20.

Terakhir ia tercatat sebagai pemain Rio Branco, klub bola profesional di Kota Rio Branco. Klub ini bermain di Campeonato Acreano, liga sepak bola di negara bagian Acre.

2. Mulai bermain di Indonesia pada tahun 2016

Perjalanan Karier Willian Pacheco Hingga Dilepas Bali UnitedWillian Pacheco. (Instagram.com/williampacheco02)

Dari Rio Branco, Willian Pacheco memilih melanjutkan karier sepak bolanya di Indonesia. Ia memutuskan bermain di klub asal Ibu Kota Jakarta, Persija.

Namun ia hanya bermain setahun di liga sepak bola Indonesia, karena Pacheco memilih Malaysia untuk melanjutkan kariernya. Ia bermain di klub Selangor FC pada tahun 2017.

3. Bergabung di Bali United sejak 2019

Perjalanan Karier Willian Pacheco Hingga Dilepas Bali UnitedBali United. (dok. Bali United)

Atas rekomendasi Pelatih Bali United, Stefano Cugurra, Pacheco bergabung ke klub kebanggaan masyarakat Bali pada tahun 2019. Pachecho sempat dilatih oleh Teco (sapaan Stefano Cugurra) saat masih di Persija.

Memiliki tinggi badan hampir dua meter tentu saja membuat Pacheco sebagai benteng tangguh barisan pertahanan Bali United. Tidak hanya menjadi pengawal lini belakang, Pachecho juga memiliki kemampuan mencetak gol dan kerap menjadi target man saat tendangan pojok maupun bebas.

4. Meraih juara back to back bersama Bali United

Perjalanan Karier Willian Pacheco Hingga Dilepas Bali Unitedpemain Bali United (dok. Bali United)

Berkarier di Pulau Dewata memberikan kenangan tersendiri bagi Pacheco. Untuk pertama kalinya dalam karier sepak bola, ia berhasil mengangkat tropi juara.

Tak tanggung-tanggung, ia bersama Bali United berhasil mengangkat tropi juara Liga 1 berturut-turut selama dua musim, yaitu Liga 1 2018/2019 dan 2021/2022. Ia pun berkesempatan merasakan atmosfer kejuaraan di level Asia karena klub yang dibelanya mendapatkan jatah untuk bermain di kompetisi Asia.

Statistik Pacheco bersama Bali United terhitung sangat bagus. Turun 143 kali pertandingan, ia mampu mengoleksi 15 gol dan dua assist.

5. Sebagai pemain belakang yang produktif

Perjalanan Karier Willian Pacheco Hingga Dilepas Bali UnitedWilliam Pacheco saat mencetak gol. (dok. Bali United)

Willian Pacheco di posisi center back tentu saja memiliki tugas utama sebagai penjaga garis pertahanan Bali United. Pacheco cukup tangguh di lini belakang, terutama untuk menghalau bola-bola atas karena tinggi badannya hampir dua meter. Sehingga lawannya kesulitan untuk mengambil bola-bola atas.

Walaupun sebagai pemain bertahan, ia termasuk bek paling produktif di Liga 1 2022/2023. Musim ini berhasil mencetak 4 gol dan tercatat sebagai pemain belakang paling produktif di Liga 1 2022/2023, dan juga jajaran pemain belakang Bali United lainnya. Pemain belakang Bali United lainnya seperti Novri Setiawan (bek kanan), Haudi Abdillah (bek tengah), Leonard Tupamahu (bek tengah), dan Jajang Mulyana (bek tengah) saja baru mampu mencetak 1 gol.

Empat tahun bersama Bali United tentu saja membawa kenangan tersendiri bagi Pacheco maupun Semeton Dewata. Terlebih ia mampu mengantarkan Bali United mengangkat tropi juara Liga 1 dua kali berturut-turut. Hal ini juga yang membuat fans Bali United mempertanyakan keputusan manajemen dan pelatih untuk melepas center back produktif tersebut. Semoga sukses di karier selanjutnya Pacheco, jangan lupakan Bali!

Ari Budiadnyana Photo Community Writer Ari Budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya