Perjalanan Karier Fadil Sausu, Hengkang dari Bali United

Pernah ciptakan gol terbaik dunia

Informasi mengejutkan datang dari Bali United. Melalui unggahan di akun resmi media sosialnya, Bali United mengumumkan bahwa Serdadu Tridatu dan Fadil Sausu telah sepakat untuk mengakhiri kontrak profesionalnya. Pemain berjuluk El Capitano Bali United ini telah bermain sejak awal Bali United berdiri.

Seperti apa perjalanan karier Fadil Sausu bersama Bali United? Berikut fakta-fakta menariknya. Langsung disimak ya!

1. Fadil Sausu bermain sejak Bali United berdiri

Perjalanan Karier Fadil Sausu, Hengkang dari Bali UnitedUcapan terima kasih dari Bali United. (Baliutd.com)

Sebelum bernama Bali United, klub ini bernama Persisam Samarinda. Persisam memutuskan untuk pindah ke Bali, dan berubah nama menjadi Bali United pada 2015. Fadil Sausu termasuk pemain Persisam yang turut diboyong ke Bali.

Pemain bernomor punggung 14 ini bermain sejak awal bersama Bali United. Selain dirinya, ada dua pemain lainnya yang bermain sejak awal Bali United berdiri. Mereka adalah Yabes Roni dan Ricky Fajrin. Mereka saat ini tercatat masih bergabung bersama Bali United.

2. Dua kali mengangkat trofi juara bersama Bali United

Perjalanan Karier Fadil Sausu, Hengkang dari Bali UnitedFadil Sausu saat berada di lapangan. (Instagram.com/northsideboys12)

Selama perjalanan karier Fadil Sausu, ia telah merasakan dua kali mengangkat trofi juara bersama Bali United. Pemain kelahiran Palu, Sulawesi Tengah ini merasakan juara pertama kali pada 2019. Saat itu ia memegang ban kapten Serdadu Tridatu.

Gelar juara berikutnya yang dicapai Fadil Sausu bersama Bali United pada 2021/2022. Gelar ini sekaligus gelar back to back yang pernah dirasakan oleh pemain berposisi sebagai gelandang ini. Pencapaian dua gelar ini membuktikan kontribusi Fadil Sausu kepada Serdadu Tridatu.

3. Catatan statistik Fadil Sausu bersama Bali United

Perjalanan Karier Fadil Sausu, Hengkang dari Bali UnitedFadil Sausu (kiri) sedang dibayangi oleh lawannya. (Instagram.com/fadil14sausu)

Fadil Sausu telah bermain sebanyak 167 pertandingan bersama Bali United. Tak hanya di kompetisi lokal Tanah Air, ia juga turut bermain di kompetisi Asia. Total ada 13 pertandingan yang pernah ia jalani untuk AFC Cup dan ACL (AFC Championship League) atau Liga Champions Asia.

Fadil Sausu telah menyumbangkan 16 gol dan 31 assist selama bergabung bersama Serdadu Tridatu. Tak hanya gol di liga lokal Tanah Air, ia menyumbangkan 1 gol pada laga play-off Liga Champions Asia. Bahkan, dikutip dari IDN Times, gol yang dicetak ke gawang Tampine Rovers ini menjadi lima gol terbaik dunia saat itu. Gol tersebut menempati peringkat ketiga, di atas gol yang diciptakan oleh Anthony Martial (MU) dan Angel Di Maria (PSG).

Fadil Sausu mampu bermain cukup bersih selama berkarier bersama Bali United. Hal ini dapat dilihat dari raihan hukuman kartu yang pernah ia dapatkan. Dari 167 pertandingan, ia hanya mendapatkan 14 kartu kuning karena pelanggaran keras yang dilakukannya.

Statistik Fadil Sausu jauh menurun di Liga 1 2023/2024. Pemain berusia 39 tahun ini hanya mendapatkan kesempatan 6 pertandingan dengan jumlah menit bermain 105 menit. Ia belum mampu mencetak gol, hanya menyumbang 2 assist. Hal ini karena ketatnya persaingan di lini tengah yang diisi oleh M Rashid, Gede Sunu, Kadek Agung, Sidik Saimima, Eber Bessa, dan lainnya.

Raihan yang telah dicapai oleh Fadil Sausu selama berkarier di Bali United layak dinobatkan sebagai legenda hidup Bali United. Sayangnya, Fadil Sausu memilih untuk tidak gantung sepatu di Bali United. Semoga sukses kapten, di mana pun berkarier!

Ari Budiadnyana Photo Community Writer Ari Budiadnyana

Menyenangi hal-hal baru. Menulis salah satu hobi sejak jaman blog. Menulis apa saja yang ada di hati.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya