6 Pemain Naturalisasi di Piala Dunia 2022

Gak cuma Indonesia yang getol mencari pemain naturalisasi

Negara yang tampil di Piala Dunia 2022 Qatar tidak semuanya menggunakan pemain asli atau kelahiran negara tersebut. Beberapa negara menggunakan pemain naturalisasi untuk memperkuat tim nasionalnya (timnas) selama berlaga di Piala Dunia kali ini.

Naturalisasi (pewarganegaraan) adalah proses atau tata cara orang asing untuk memperoleh kewarganegaraan melalui suatu permohonan. Siapakah saja mereka? Berikut ini deretan pemain naturalisasi di Piala Dunia 2022.

Baca Juga: 10 Potret Top Skor Piala Dunia dari Masa ke Masa

Baca Juga: 10 Eks Pemain Piala Dunia yang Pernah Merumput di Indonesia

1. Almoez Ali, pemain Timnas Qatar

6 Pemain Naturalisasi di Piala Dunia 2022Almoez Ali. (Instagram.com/almoeizz)

Almoez Ali (striker) adalah naturalisasi dari Sudan. Ia lahir di Khartum, Sudan, pada 19 Agustus 1996. Bintang Timnas Qatar ini pernah menjadi top skor Piala Asia 2019 dan mengantarkan Qatar merebut gelar juara kala itu.

Sejak remaja sudah bermain di Qatar bersama Aspire Academy tahun 2005. Kini ia bergabung bersama Al-Sadd SC yang bermain di Stars League Qatar. Ia memulai kariernya di Timnas Qatar U20 pada tahun 2014, kemudian U23 di tahun 2015, dan dipanggil menjadi skuad Timnas senior Qatar pada tahun 2016.

2. Bryan Mbeumo, pemain Timnas Kamerun

6 Pemain Naturalisasi di Piala Dunia 2022Bryan Mbeumo. (Instagram.com/bryan_.m19)

Bryan Mbeumo lahir di Avallon, Prancis, pada 7 Agustus 1999. Walaupun lahir dan besar di Prancis, namun ia memilih menjadi warga negara Kamerun. Hal itu karena adanya lobi dari Samuel Eto'o yang menjabat sebagai Presiden Federasi Sepak Bola Kamerun (FEFACOOT).

Pemain Brentford FC Inggris ini sebelumnya pernah memperkuat Timnas junior Prancis yaitu U17, U20, dan U21. Sedangkan bersama Timnas Kameran, ia baru mulai bergabung pada 23 September 2022. Piala Dunia 2022 ini adalah debutnya di ajang Piala Dunia.

3. Otavio, pemain Timnas Portugal

6 Pemain Naturalisasi di Piala Dunia 2022Otávio Edmilson da Silva Monteiro. (Instagram.com/otaviomonteiroo)

Otávio Edmilson da Silva Monteiro adalah pemain naturalisasi yang dimiliki oleh Portugal. Ia lahir di Joao Pessoa, Brasil, pada 9 Februari 1995.

Pemain berposisi gelandang ini kini memperkuat klub FC Porto yang bermain di Liga Portugal. Sebelum pindah kewarganegaraan, ia pernah bermain untuk Timnas junior Brasil U20 dan U23. Pada tahun 2021, ia resmi memperkuat Timnas Portugal bersama Cristiano Ronaldo. Bersama Timnas Portugal, ia telah bermain sebanyak 10 kali dengan torehan 2 gol.

4. Aymeric Laporte, pemain Timnas Spanyol

6 Pemain Naturalisasi di Piala Dunia 2022Aymeric Laporte. (Instagram.com/laporte)

Bintang klub Manchester City ini adalah pemain naturalisasi yang dimiliki oleh Spanyol. Pemilik nama lengkap Aymeric Jean Louis Gerard Alphonse Laporte ini lahir di Agen, Prancis, pada 27 Mei 1994. Saat itu masih sebagai warga negara Prancis.

Laporte sempat memperkuat Timnas junior Prancis U17, U18, U19, dan U21. Kemudian setelah memilih untuk menjadi warga negara Spanyol, ia memulai debutnya bersama Timnas Spanyol pada Juni 2021. Bersama Timnas Spanyol, ia telah tampil 18 kali dengan koleksi satu gol.

5. Pemain Timnas Jerman, Jamal Musiala

6 Pemain Naturalisasi di Piala Dunia 2022Jamal Musiala. (Instagram.com/jamalmusiala10)

Jamal Musiala adalah pemain muda yang bersinar di ajang Piala Dunia 2022 Qatar. Pemain 19 tahun ini lahir pada 26 Februari 2003 di Stutgart, Jerman. Walaupun lahir di Jerman, ia besar di Inggris hingga memiliki paspor. Ia adalah anak dari seorang ibu yang berasal dari Jerman keturunan Polandia, dan ayahnya berasal dari Nigeria.

Perjalanan karier pemain gelandang serang Bayern Munchen ini pernah membela Timnas junior Inggris U15, U16, U17, dan U21. Pada tahun 2021, ia memutuskan untuk membela Timnas Jerman. Ia telah bermain 20 kali bersama Timnas Jerman dan menghasilkan satu gol.

6. Achraf Hakimi, pemain Maroko

6 Pemain Naturalisasi di Piala Dunia 2022Achraf Hakimi. (Instagram.com/achrafhakimi)

Achraf Hakimi adalah bintang dari Timnas Maroko. Ia pernah bergabung dengan klub-klub besar Eropa seperti Real Madrid, Real Castilla, Inter Mulan, Borrusia Dortmund, dan sekarang bersama klub PSG Prancis.

Pemain belakang Timnas Maroko ini lahir di Madrid, Spanyol, pada 4 November 1998. Ia kemudian memilih menjadi warga negara Maroko dan membela timnasnya. Ia memulai debut di Timnas junior Maroko sejak tahun 2015, dan bergabung di Tmnas senior Maroko pada 2016. Selama memperkuat Timnas Maroko, Achraf Hakimi telah bermain 58 kali dan mencetak 8 gol.

Proses naturalisasi terkadang diperlukan untuk kebutuhan timnas sepak bola suatu negara. Tidak hanya Indonesia saja yang getol mencari para pemain untuk dinaturalisasi agar membela timnas di ajang internasional. Semoga naturalisasi juga akan meningkatkan motivasi pemain lokal untuk memberikan permainan yang lebih baik lagi, dan ditunjuk untuk mengisi posisi di timnas negaranya.

Ari Budiadnyana Photo Community Writer Ari Budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya