4 Pemain Muda Bali United yang Berhasil Diorbitkan Teco

Emang gak diragukan sih kemampuannya

Bali United sempat mendapatkan julukan tim yang sering menurunkan pemain berumur di atas 30 tahun. Ada anggapan di kalangan pendukungnya, kalau belum 30 tahun akan susah mendapatkan menit bermain dari Stefano "Teco" Cugurra, sang pelatih. Namun, anggapan ini perlahan-lahan mulai sirna.

Teco kini sering memainkan pemain-pemain muda. Bahkan beberapa nama pemain muda ini diorbitkan oleh pelatih asal Brasil tersebut. Siapa saja mereka?

1. Kadek Arel

4 Pemain Muda Bali United yang Berhasil Diorbitkan TecoKadek Arel (tengah). (Baliutd.com)

I Kadek Arel Priyatna merupakan pemain muda usia 18 tahun yang dimiliki oleh Serdadu Tridatu. Ia berposisi sebagai pemain belakang, tembok kokoh pertahanan Bali United. Posturnya setinggi 1,85 meter ini sangat ideal sebagai pemain belakang.

Kadek Arel adalah hasil didikan akademi Bali United Youth. Performa yang apik membuatnya dipanggil untuk masuk ke tim senior Bali United pada 2023. Dikutip dari Transfermarkt.co.id, pemain kelahiran Kota Denpasar ini melakukan debutnya bersama Bali United pada 7 Maret 2023, saat Bali United berhadapan dengan Persita Tangerang. Ia langsung mendapatkan kepercayaan Teco untuk bermain penuh.

Penampilan apiknya di Bali United membuatnya masuk menjadi penggawa tim Garuda Muda. Kadek Arel menghuni lini belakang Timnas Indonesia U-19, U-20, U23, dan Timnas Olimpiade. Kadek Arel kini terlihat absen bersama Serdadu Tridatu dalam empat pertandingan terakhir Liga 1 2023/2024. Dari keterangan di situs Transfermarkt.co.id, tercatat ia sedang mengalami cedera.

2. Made Tito

4 Pemain Muda Bali United yang Berhasil Diorbitkan TecoMade Tito saat mencetak gol perdananya di Liga 1 BRI. (Baliutd.com)

Made Tito Wiratama berposisi sebagai gelandang bertahan Bali United. Seperti halnya Kadek Arel, Made Tito juga dibersarkan oleh Akademi Bali United Youth. Teco memberikan kesempatan untuk bergabung bersama tim senior Bali United pada 2022.

Dikutip dari Transfermarkt.co.id, Made Tito melakukan debut di Liga 1 bersama Bali United pada 18 Februari 2023. Saat itu, Bali United menghadapi Persebaya Surabaya. Made Tito langsung mencuri perhatian Semeton Dewata. Ia kala itu bermain sangat bagus yang dibuktikan dengan menciptakan 2 assists bagi kemenangan Bali United.

Made Tito telah menciptakan gol debutnya saat Bali United berhadapan dengan Persis Solo. Namun di saat performa Made Tito sedang menanjak, ia harus dibekap cedera saat menghadapi Stallion Laguna di Binan Footbal Stadium, Manila, Filipina, pada 20 September 2023. Cedera ini membuatnya tidak bisa bermain pada akhir putaran pertama Liga 1 2023/2024.

3. Gede Sunu

4 Pemain Muda Bali United yang Berhasil Diorbitkan TecoGede Sunu (tengah) usai mencetak gol ke gawang Persis Solo. (Instagram.com/baliunitedfc)

Nama pemain muda yang belakangan ini menarik perhatian Semeton Dewata adalah I Gede Sunu Jyesta Wibawa. Pemain kelahiran Kota Denpasar ini berposisi sebagai gelandang bertahan. Gede Sunu juga dibesarkan di Akademi Bali United Youth. Dikutip dari Transfermarkt.co.id, Gede Sunu mulai bergabung bersama tim senior Serdadu Tridatu pada 2024.

Gede Sunu melakukan debut di Liga 1 bersama Bali United saat berhadapan dengan PSM Makassar. Ia mampu menunjukkan permainan yang sangat bagus. Ia kembali mendapatkan kepercayaan saat Bali United berhadapan dengan Persis Solo. Pada laga ini, pemain berusia 21 tahun tersebut berhasil mencetak gol debutnya bagi Bali United.

4. Rahmat Arjuna

4 Pemain Muda Bali United yang Berhasil Diorbitkan TecoRahmat Arjuna merayakan gol perdananya. (Instagram.com/baliunitedfc)

Nama Rahmat Arjuna berhasil mencuri hati Teco. Lantaran pemain kelahiran Bulukumba, Sulawesi Selatan, memiliki performa yang apik saat membawa Bali United Youth U18 menjuarai Elite Pro Academy (EPA) U18 2021. Kala itu, ia berhasil mengoleksi sembilan gol. Ia kemudian mendapatkan promosi ke tim senior Bali United pada Desember 2022. Ia bergabung pada putaran kedua Liga 1 2022/2023.

Rahmat Arjuna melakukan debutnya saat menghadapi Persebaya Surabaya pada 18 Februari 2023. Saat berlangsungnya Liga 1 2023/2024, Rahmat Arjuna mendapatkan kesempatan untuk memperkuat Bali United dalam 16 pertandingan. Ia sendiri telah mengoleksi 1 gol dan 1 assist.

Rahmat Arjuna berhasil menciptakan gol debutnya di Liga 1 saat berhadapan dengan Persija Jakarta pada 24 September 2023. Ia harus berusaha lebih keras lagi untuk bisa bermain secara rutin bersama Bali United. Rahmat Arjuna harus bersaing dengan pemain-pemain bintang lainnya seperti M Rahmat, Irfan Jaya, dan Privat Mbarga.

Walaupun para Semeton Dewata sering memberikan tudingan miring kepada Stefano Cugurra, ia patut diacungi jempol. Pasalnya, ia telah mulai memberikan menit-menit bermain kepada para pemain muda Bali United. Kira-kira, siapa lagi nih yang akan diorbitkan oleh Teco?

Ari Budiadnyana Photo Community Writer Ari Budiadnyana

Menyenangi hal-hal baru. Menulis salah satu hobi sejak jaman blog. Menulis apa saja yang ada di hati.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya