5 Pemain Bali United Terlama hingga Tahun 2023

Coba tebak, siapa saja mereka?

Bali United telah selesai mengarungi musim Liga 1 2022/2023. Bali United hanya mampu finish di peringkat ke-5 klasemen akhir dengan total perolehan poin 54.

Namun di balik hasil yang kurang memuaskan di atas, ada hal menarik yang bisa dibahas. Satu di antaranya deretan pemain Bali United yang dikenal memiliki loyalitas kepada klub berjuluk Serdadu Tridatu ini. Berikut 5 pemain Bali United terlama tahun 2023.

Baca Juga: Perjalanan Bali United Mengikuti Liga 1, Belum Konsisten?

1. Fadil Sausu

5 Pemain Bali United Terlama hingga Tahun 2023Fadil Sausu Sang Legenda Bali United. (Baliutd.com)

Fadil Sausu bergabung sejak Bali United masih bernama Persisam Samarinda. Saat klub ini pindah ke Bali dan secara resmi mengusung nama Bali United pada tahun 2015, otomatis status Fadil Sausu berubah menjadi pemain Bali United.

Pemain berposisi gelandang ini menjadi angkatan pertama Bali United yang masih bertahan hingga berakhirnya Liga 1 2022/2023. Ia bergabung ketika Indra Sjafri menjadi Pelatih Bali United kala itu.

Pemain yang dikenal memiliki tendangan bebas mematikan ini kerap ditunjuk menjadi Kapten Serdadu Tridatu. Fadil Sausu merasakan dilatih oleh tiga orang berbeda yaitu Indra Sjafri, Widodo Cahyono Putro, dan Stefano Cugura.

Faidl Sausu telak melakoni pertandingan lebih dari seratus laga, tepatnya 161 laga bersama Bali United. Pemain kelahiran Palu 19 April 1985 ini telah mengoleksi 16 gol dan 29 assist.

2. Ricky Fajrin

5 Pemain Bali United Terlama hingga Tahun 2023Ricky Fajrin saat merayakan gol penentu kemenangan Bali United. (instagram.com/baliunitedfc)

Sama dengan Fadil Sausu, Ricky Fajrin menjadi pemain angkatan pertama Bali United. Ia bergabung tahun 2015, pada awal berdirinya Bali United.

Ricky Fajrin berposisi sebagai pemain belakang tepatnya sebagai bek kiri. Tugasnya tidak hanya menjaga area pertahanan dari serangan musuh. Ia kerap membantu menusuk ke daerah pertahanan lawan.

Pemain kelahiran Semarang 6 September 1995 ini juga mampu mencetak gol ke gawang musuh. Itu terbukti dari 169 laga, Ricky Fajrin berhasil membukukan 4 gol dan 18 assist.

3. Yabes Roni

5 Pemain Bali United Terlama hingga Tahun 2023Yabes Roni saat melakukan selebrasi. (Baliutd.com)

Yabes Roni menjadi pemain angkatan pertama yang masih tersisa selain Fadil Sausu dan Ricky Fajrin. Sama seperti dua rekannya, ia resmi bergabung bersama Bali United tahun 2015.

Yabes Roni termasuk pemain hasil pantauan Indra Sjafri ke daerah-daerah. Saat bergabung bersama Bali United, ia menjelma menjadi pemain depan lincah yang bermain di sektor sayap. Gocekan dan kecepatan Yabes Roni menjadi keunggulan tersendiri walaupun ia kerap kurang sabar selama menguasai bola.

Pemain kelahiran Alor, 6 Februari 1995 ini kini lebih sering duduk sebagai pemain cadangan. Dari 120 laga, ia berhasil mengoleksi 7 gol dan 7 assist.

4. Ilija Spasojevic

5 Pemain Bali United Terlama hingga Tahun 2023Spaso saat perayaan Bali United sebagai juara Liga 1 2019 (instagram.com/spaso_87)

Pemain naturalisasi kelahiran Montenegro 11 September 1987 ini mulai merumput bersama Bali United pada tahun 2017. Mantan pemain Bhayangkara FC ini berposisi sebagai penyerang.

Permainan Spaso cukup mentereng di Liga 1, ia berhasil menjadi top skor sepanjang masa Liga 1 dengan raihan 64 gol. Total 13 gol ia berhasil bukukan bersama Bhayangkara FC, dan 51 gol bersama Bali United. Ia mendapat julukan Spasogol.

Ia juga pernah menjadi top skor Liga 1 2021/2022 dengan raihan gol 23 gol. Gol ini juga membawa Bali United menjadi juara Liga 1 saat itu. Spaso tercatat pernah merasakan gelar juara Liga 1. Yaitu Liga 1 2016/2017 bersama Bhayangkara FC, dua kali bersama Bali United yaitu pada musim Liga 1 2018/2019 dan 2021/2022.

5. I Made Andhika Wijaya

5 Pemain Bali United Terlama hingga Tahun 2023Andhika Wijaya saat melakukan serangan. (Baliutd.com)

I Made Andhika Wijaya menjadi pemain lokal Bali yang bergabung cukup lama bersama Bali United. Diambil dari Bali United Youth, ia resmi bergabung bersama Bali United pada tahun 2016.

Anak mantan legenda sepak bola Bali, Pasek Wijaya, ini berposisi sebagai pemain bertahan tepatnya sebagai bek kanan. Tugasnya sama dengan Ricky Fajrin, yaitu selain bertahan juga kerap membantu melakukan serangan ke daerah lawan.

Ia pernah mengalami cedera di musim Liga 1 2022/2023 dan harus menepi selama 8 pekan. Namun setelah pulih, ia kembali mendapatkan posisi sebagai starter dalam skuad Bali United. Ia telah melakoni 131 laga bersama Serdadu Tridatu dengan torehan 1 gol dan 1 assist.

Sangat menarik untuk disimak, ke manakah para pemain loyal Bali United ini di musim mendatang. Apakah mereka tetap memilih Bali United atau justru memilih klub lain? Hal ini sangat memungkinkan, karena banyak klub Liga 1 yang mengincar skuad Bali United.

Ari Budiadnyana Photo Community Writer Ari Budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya