5 Pelatih Lokal Negara yang Lolos Perempat Final Piala Dunia

Local pride banget nih

Delapan tim nasional (timnas) sepak bola yang berlaga di babak perempat final Piala Dunia 2022 Qatar telah ditentukan. Kedelapan tim ini berhasil lolos setelah mengalahkan lawan-lawannya di babak 16 besar.

Ada hal menarik dari tim-tim yang lolos ke babak perempat final ini. Dilihat dari para arsiteknya, ada timnas yang menggunakan pelatih dari negara asalnya melatih. Siapa saja mereka?

Baca Juga: 5 Pelatih Piala Dunia Qatar 2022 yang Pernah Jadi Pemain

Baca Juga: 6 Wasit Perempuan di Piala Dunia 2022 Qatar

1. Tite, pelatih Timnas Brasil

5 Pelatih Lokal Negara yang Lolos Perempat Final Piala DuniaTite (kiri) pelatih Timnas Brasil. (Instagram.com/titecoach)

Arsitek Timnas Brasil ini lahir pada 25 Mei 1961 di Caxias do Sul, Brasil. Ia saat ini memiliki lisensi kepelatihan Pro UEFA.

Pemilik nama Adenor Leonardo Bacchi ini dulunya adalah pemain sepak bola. Ia mengawali karier sepak bolanya bersama tim Caxias. Ia memutuskan pensiun sebagai pelatih di usia 20 tahunan karena cedera lutut kakinya.

Ia kemudian melanjutkan karier sebagai pelatih pada tahun 1990, dengan melatih tim Garibaldi-RS. Ia baru mengarsiteki Timnas Brasil pada tahun 2016. Laga debutnya adalah ketika Brasil melawan Ekuador di Pra Piala Dunia 2018. Tite pernah mempersembahkan piala bagi tim Samba, yaitu Copa America Cup 2019.

2. Gareth Southgate, pelatih Timnas Inggris

5 Pelatih Lokal Negara yang Lolos Perempat Final Piala DuniaGareth Southgate pelatih timnas Inggris. (Instagram.com/officialsouthgate)

Garet Southgate pernah menjadi pemain sepak bola Timnas Prancis di Piala Dunia 1998 Prancis, Piala Dunia 2002 di Jepang dan Korea. Ia tercatat pensiun dari karier sepak bola profesionalnya pada bulan Juli 2006.

Gareth Soutgate lahir di Watford, Inggris, pada 3 September 1970. Ia sosok pelatih yang memiliki lisensi Pro EUFA. Ia ditunjuk untuk melatih Timnas Inggris pada September 2016 hingga 31 Desember 2024.

Walaupun belum pernah mempersembahkan piala untuk Timnas Prancis, namun hasil racikannya mampu mengantarkan Timnas Inggris lolos ke babak perempat final.

3. Didier Deschamps, pelatih Timnas Prancis

5 Pelatih Lokal Negara yang Lolos Perempat Final Piala DuniaDidier Deschamps pelatih timnas Prancis. (Instagram.com/equipedefrance)

Didier Deschamps lahir di Bayonene, Prancis, pada 15 Oktober 1968. Pemilik lisensi Pro UEFA ini adalah mantan pemain sepak bola Timnas Prancis di Piala Dunia 1998 Prancis. Ia bersama timnya menjuarai laga tersebut,

Didier Deschamps menjadi pelatih Timnas Prancis sejak tahun 2012. Ia menukangi dua kali bersama Timnas Prancis di Piala Dunia 2018 Rusia dan Piala Dunia 2022 di Qatar.

Pada Piala Dunia 2018 di Rusia, ia berhasil membawa Prancis menjadi juara dunia. Begitu pula ketika menjadi pemain, ia berhasil membawa Timnas Prancis juara dunia pada gelaran Piala Dunia 1998 yang diadakan di Prancis.

4. Louis Van Gaal, pelatih Timnas Belanda

5 Pelatih Lokal Negara yang Lolos Perempat Final Piala DuniaLouis Van Gaal pelatih timnas Belanda (Instagram.com/equipedefrance)

Pelatih yang memiliki nama lengkap Aloysius Paulus Maria Van Gaal ini lahir di Amsterdam, Belanda, pada 8 Agustus 1951. Mantan pemain klub Ajax Ansterdam ini pernah melatih klub-klub ternama Eropa seperti Ajax Amsterdam, Manchester United, Bayern Munchen, dan Barcelona.

Ia ditunjuk sebagai pelatih Timnas Belanda pada tahun 2021 untuk mempersiapkan penampilan di Piala Dunia 2022. Ia banyak mempersembahkan gelar juara untuk klub yang dilatihnya. Namun bersama Timnas Belanda, Van Gaal belum memberikan gelar juara di kompetisi internasional.

Sebelum melatih Timnas Belanda untuk Piala Dunia 2022, ia pernah menjadi pelatih di tim yang sama di Piala Dunia tahun 2014 Brasil. Saat itu, Van Gaal hanya mampu membawa Belanda sampai ke babak semifinal karena dikalahkan oleh Argentina 2-4 dalam babak adu penalti.

5. Lionel Scaloni, pelatih Timnas Argentina

5 Pelatih Lokal Negara yang Lolos Perempat Final Piala DuniaLionel Scaloni pelatih timnas Argentina (nomor empat dari kiri). (Instagram.com/lioscaloni)

Lionel Sebastian Scaloni lahir di Pujato pada 16 Mei 1978. Sebelum menjadi pelatih, ia adalah seorang pemain Timnas Argentina yang telah malang melintang. Scaloni tercatat sebagai skuad Argentina di Piala Dunia 2006 Jerman.

Karir pelatihnya di Timnas Argentina dimulai ketika menjadi asisten pelatih Timnas Argentina pada 2017. Kemudian ia ditunjuk menjadi pelatih Timnas Argentina U20. Pada tahun 2018, ia didapuk untuk menukangi Timnas senior Argentina.

Ia berhasil memberikan gelar juara Copa America pada tahun 2021. Selain itu, gelar juara Piala UEFA-CONMEBOL tahun 2022 juga diboyongnya ke Argentina.

Local pride banget nih pelatih yang bisa berkontribusi banyak untuk Timnas negaranya sendiri. Kalau punya pelatih lokal berkualitas dunia, rasanya gak perlu memakai pelatih impor. Selamat bertugas coach, semoga bisa memberikan yang terbaik untuk negaranya.

Ari Budiadnyana Photo Community Writer Ari Budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya