5 Fakta Maroko Vs Portugal, Adu Kuat Afrika Eropa Nih

Sama-sama jawara di babak penyisihan grup

Laga babak perempat final Piala Dunia Qatar 2022 yang patut ditunggu adalah pertandingan antara Maroko vs Portugal. Kedua negara beda benua ini akan membawa gengsi sepak bola. Maroko menjadi satu-satunya harapan dari Benua Afrika untuk memberikan kejutan kepada tim-tim tangguh dari Benua Eropa dan Amerika Latin.

Maroko maupun Portugal sama-sama bermain apik di babak penyisihan dengan menjadi penguasa puncak di grupnya masing-masing. Seperti apa fakta kedua negara?

Baca Juga: 5 Pelatih Lokal Negara yang Lolos Perempat Final Piala Dunia

Baca Juga: 6 Wasit Perempuan di Piala Dunia 2022 Qatar

1. Baru dua kali pertemuan di Piala Dunia

5 Fakta Maroko Vs Portugal, Adu Kuat Afrika Eropa NihTimnas Portugal. (Instagram.com/portugal)

Dikutip dari 11v11.com, Maroko dan Portugal tercatat pernah bertemu di Piala Dunia 1986 di Meksiko dan Piala Dunia 2018 Rusia. Kedua tim saling mengalahkan di pertemuan tersebut.

Pada Piala Dunia 1986, Maroko berhasil mencundangi Portugal dengan skor 3-1. Sedangkan pada Piala Dunia 2018, Portugal berhasil membalas kekalahan tersebut dengan skor 1-0.

2. Statistik Maroko di Piala Dunia 2022 Qatar

5 Fakta Maroko Vs Portugal, Adu Kuat Afrika Eropa NihTimnas Maroko. (Instagram.com/equipedumaroc)

Maroko di Piala Dunia 2022 ini tergabung di Grup F bersama Kroasia, Belgia, dan Kanada. Maroko berhasil memimpin klasemen dengan raihan 7 poin.

Dalam pertandingan babak penyisihan grup ini, Maroko tak terkalahkan dengan membukukan dua kali kemenangan dan satu kali seri melawan Kroasia. Capaian ini juga membuat Maroko sebagai satu-satunya tim dari Benua Afrika yang tidak pernah kalah hingga babak 16 besar. Maroko telah mengoleksi 4 gol (tidak termasuk gol saat babak penalti) hingga babak 16 besar.

3. Statistik Portugal di Piala Dunia 2022 Qatar

5 Fakta Maroko Vs Portugal, Adu Kuat Afrika Eropa NihTimnas Portugal. (Instagram.com/portugal)

Portugal tergabung di Grup H bersama Korea Selatan, Uruguay, dan Ghana di Piala Dunia 2022. Sama halnya dengan Maroko, Portugal menjadi raja di grupnya.

Namun dari segi poin yang dicapai, Portugal masih berada di bawah Maroko. Portugal hanya bisa mencapai 6 poin, di mana sempat mengalami kekalahan pada saat melawan Korea Selatan di pertandingan penutup Grup H.

Namun untuk produktivitas gol, Portugal jauh di atas Maroko, yaitu berhasil mencetak 12 gol hingga babak 16 besar. Gol ini sama dengan jumlah gol yang dicapai Inggris.

4. Kekuatan pemain dari kedua tim

5 Fakta Maroko Vs Portugal, Adu Kuat Afrika Eropa NihTimnas Maroko. (Instagram.com/equipedumaroc)

Sebagai tim yang diunggulkan, Portugal memiliki pemain dengan kualitas yang merata. Sebagian besar pemainnya adalah bintang di klub-klub besar Liga Eropa. Ada Cristiano Ronaldo, Bruno Fernandes (MU), Rafael Leao (AC Milan), Pepe (FC Porto), Nuno Mendes (PSG), Otavio (FC Porto), Bernardo Silva (Manchester City), dan lainnya. Sehingga di bawah asuhan pelatih Fernando Santos, tentu saja Portugal semakin berambisi untuk memperbaiki rekornya di Piala Dunia.

Sedangkan Maroko, walaupun menyandang status kuda hitam di Piala Dunia 2022, tidak bisa dipandang sebelah mata. Mereka memiliki beberapa pemain bintang yang mampu menjadi batu sandungan bagi Portugal untuk melangkah ke babak semifinal.
Pemain-pemain bintang yang dimiliki Maroko adalah Achraf Hakimi (PSG), Nayef Aguerd (West Ham United), Npussair Mazraoui (Bayern Munchen), Hakim Ziyech (Chelsea FC), dan Yassine Bounou. Pelatih Timnas Maroko, Walis Regragui, pasti sudah mempersiapkan racikan terbaiknya untuk memberikan kejutan di Piala Dunia 200 Qatar ini.

5. Rekor pencapaian di Piala Dunia

5 Fakta Maroko Vs Portugal, Adu Kuat Afrika Eropa NihTimnas Portugal. (Instagram.com/portugal)

Portugal pernah tampil di gelaran Piala Dunia sebanyak delapan kali yaitu di Piala Dunia 1966 (Inggris), 1986 (Meksiko), 2002 (Jepang dan Korea Selatan), 2006 (Jerman), 2010 (Afrika Selatan), 2014 (Brasil), 2018 (Rusia), dan 2022 (Qatar). Pencapaian terbaik Portugal adalah pada gelaran Piala Dunia 1986. Mereka berhasil menduduki posisi ketiga.

Maroko sendiri baru tampil di Piala Dunia sebanyak enam kali yaitu pada piala dunia 1970 (Meksiko), 1986 (Meksiko), 1994 (Amerika Serikat), 1998 (Prancis), 2018 (Prancis), dan 2022 (Qatar). Pencapaian terbaik Maroko adalah di Piala Dunia 2022. Mereka berhasil menembus babak perempat final. Sebelumnya pada Piala Dunia 1986, Timnas Maroko pernah mencapai babak 16 besar.

Menarik untuk ditunggu nih laga kedua tim yang akan dihelat di Stadion Al Thumama, pada Sabtu (10/12/2022), pukul 23.00 Wita. Apakah Maroko kembali membuat kejutan? Apakah Cristiano Ronaldo akan dimainkan dan mencetak gol bagi timnas negaranya? Saksikan pertandingannya ya.

Ari Budiadnyana Photo Community Writer Ari Budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya