5 Fakta Bali United Bisa Kalahkan Kabau Sirah

Kenzo Nambu mencetak gol perdananya

Bali United melakoni laga pekan kedua Liga 1 2024/2025 menghadapi Semen Padang di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Kabupaten Giayar, Minggu (18/8/2024) lalu. Serdadu Tridatu kembali mencatatkan hasil positif dengan menaklukkan Kabau Sirah 2-0. Dua gol Bali United diciptakan oleh Kenzo Nambu (51') dan Privat Mbarga (54').

Pertandingan Bali United menghadapi Semen Padang memiliki beberapa fakta-fakta menarik. Penasaran? Langsung disimak artikelnya sampai habis ya!

1. Kenzo Nambu mencetak gol perdana

5 Fakta Bali United Bisa Kalahkan Kabau SirahKenzo Nambu usai mencetak gol ke gawang Semen Padang. (Instagram.com/baliunitedfc)

Gelandang serang asal Jepang ini berhasil mencetak gol perdananya bersama Bali United. Pada menit ke-51, ia berhasil memanfaatkan bola muntah hasil sepakan Privat Mbarga yang behasil diblok oleh Dicky Indrayana, kiper Semen Padang. Bola muntah tersebut langsung disambar oleh Kenzo dengan kaki kirinya, dan langsung merobek jala gawang Semen Padang.

Pemain yang didatangkan dari PSM Makassar ini telah melakukan debutnya pada laga pertama Liga 1 2024/2025, saat Bali United menghadapi Persik Kediri. Ia masuk menggantikan rekan senegaranya, Mitsuru Maruoka, yang didera cedera. Saat menghadapi Semen Padang, coach Stefano Cugurra menunjuk Kenzo Nambu sebagai starter, menggantikan Mitsuru Maruoka yang belum pulih dari cedera.

2. Fitrul debut, langsung cleansheet

5 Fakta Bali United Bisa Kalahkan Kabau SirahFitrul saat latihan bersama Bali United. (Instagram.com/fitrul_dr1)

Fitrul Dwi Rustapa melakukan debutnya di Liga 1 2024/2025 bersama Bali United. Teco menugaskan Fitrul untuk menjaga gawang Serdadu Tridatu, setelah Adilson Maringa didera cedera. Mantan kiper Persib Bandung dan Persipura Jayapura ini menunjukkan kelasnya saat berhadapan dengan Semen Padang. Beberapa kali ia mampu menggagalkan peluang-peluang krusial yang dimiliki penyerang Kerbau Sirah.

Tak hanya melakukan debut, Fitrul berhasil menjaga gawangnya dari kebobolan. Ia berhasil meraih cleansheet pertamanya, sekaligus cleansheet pertama Bali United di gelaran Liga 1 2024/2025. Semeton Dewata memberikan komentar positif terkait performa Fitrul yang ditulis di kolom komentar akun Instagram Bali United.

3. Privat Mbarga kembali mencetak gol

5 Fakta Bali United Bisa Kalahkan Kabau SirahPrivat Mbarga usai mencetak gol ke gawang Semen Padang. (Instagram.com/baliunitedfc)

Mesin Gol Bali United asal Kamboja ini cukup produktif dalam dua pertandingan awal Liga 1 2024/2025. Setelah mencetak brace saat menghadapi Persik Kediri, Privat kembali mencetak satu gol saat menghadapi Semen Padang. Ia berhasil melesatkan tendangan kerasnya ke gawang yang dijaga Mochammad Dicky Indrayana pada menit ke-54.

Tak hanya menciptakan gol, pemain Timnas Kamboja ini memiliki andil atas terciptanya gol pembuka kemenangan Bali United pada menit ke-51. Gol tersebut bermula saat Privat melakukan tendangan keras yang berhasil ditepis Dicky Indrayana. Bola muntah tersebut langsung disambar Kenzo Nambu, sehingga tercipta gol pertama Bali United.

Privat juga memiliki dua peluang di depan gawang Semen Padang. Keduanya berasal dari umpan lambung M Rahmat di sisi sayap kiri. Sayangnya, Privat belum dapat mengonversi peluang tersebut menjadi gol.

4. VAR menganulir satu gol Semen Padang

5 Fakta Bali United Bisa Kalahkan Kabau SirahPemain Bali United dan Semen Padang sedang berebut bola. (Instagram.com/baliunitedfc)

Semen Padang memiliki kesempatan untuk memperkecil kekalahan. Pada menit ke-70, Ikechukwu Kennet Ngwoke berhasil memanfaatkan bola muntah untuk mengarahkannya ke tengah gawang Fitrul. Sayangnya, VAR (Video Assistant Referee) menganulir gol ini karena ada pemain Semen Padang yang terlebih dahulu dalam posisi offside.

Seperti diketahui, PSSI memutuskan untuk menggunakaan VAR dalam setiap pertandingan Liga 1 2024/2025. Sebelumnya, VAR digunakan saat Championship Series Liga 1 2023/2024. Dengan penggunaan teknologi ini, tentunya semua berharap kualitas Liga 1 bisa lebih meningkat dan lebih adil.

5. Dua pemain Semen Padang pernah bermain untuk Bali United

5 Fakta Bali United Bisa Kalahkan Kabau SirahDicky Indrayana (kanan) saat tiba di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali. (Instagram.com/semenpadangfcid)

Semen Padang memainkan dua pemain yang pernah memperkuat Bali United. Mereka adalah Dicky Indrayana dan Bayu Gatra. Kedua pemain ini bergabung di era pelatih Indra Sjafri. Mereka termasuk pemain pertama sejak Bali United berdiri di Bali.

Bayu Gatra dibesarkan oleh akademi Persisam Youth. Ia bergabung saat Bali United masih bernama Persisam pada 2015. Setahun kemudian, ia memutuskan untuk pindah ke Sriwijaya FC. Pada pertandingan menghadapi mantan klubnya, Bayu Gatra masuk sebagai pemain cadangan pada menit ke-46.

Begitu juga halnya dengan Dicky Indrayana. Dicky dibesarkan oleh akademi Bali United Youth. Ia mulai berkarier di tim senior Bali United pada 2016. Dicky sempat dipinjamkan ke Celebest FC untuk bermain di Liga 2. Empat tahun bersama Serdadu Tridatu, Dicky memutuskan untuk hengkang ke Borneo FC pada 2020.

Dua hasil positif ini tentunya bisa menjadi motivasi para pemain Bali United untuk menghadapi pertandingan pekan ketiga. Mereka akan menghadapi juara Reguler Series Liga 1 2023/2024, Borneo FC, di Stadion Batakan, Balikpapan, Kalimantan pada Selasa, 27 Agustus 2024. Akankah Bali United mampu membalas kekalahan mereka di Championship Series Liga 1 2023/2024 lalu?

Ari Budiadnyana Photo Community Writer Ari Budiadnyana

Menyenangi hal-hal baru. Menulis salah satu hobi sejak jaman blog. Menulis apa saja yang ada di hati.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya