5 Bukti Bali United Main Puputan Lawan Persija

Bali United menang 1-0 di kandang sendiri

Laga seru tersaji dalam pertandingan pekan ke-30 Liga 1 2023/2024 antara tuan rumah Bali United melawan Persija Jakarta di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Kabupaten Gianyar, Sabtu (30/3/2024). Pertandingan ini berakhir dengan kemenangan Serdadu Tridatu skor 1-0. Ilija Spasojevic berhasil mengeksekusi tendangan penalti pada babak injury time.

Pertandingan ini menyajikan beberapa fakta-fakta menarik. Penasaran? Berikut daftar fakta menariknya!

1. Pertandingan berlangsung dengan penuh tensi tinggi dan emosi

5 Bukti Bali United Main Puputan Lawan PersijaPemain Bali United (merah) sedang berebut bola dengan pemain Persija (putih dan hijau). (Instagram.com/baliunitedfc)

Pertandingan antara Bali United menghadapi Persija Jakarta sama-sama penting bagi kedua tim. Bali United memerlukan tiga poin untuk bertahan di empat besar klasmen Liga 1 2023/2024. Sedangkan Macan Kemayoran memerlukan kemenangan untuk menjaga kans menjadi peringkat keempat. Jika Persija mampu menyapu bersih laga terakhir, bukan tidak mungkin tim Ibu Kota ini akan berada di peringkat keempat.

Ambisi untuk meraih kemenangan ini membuat pertandingan berlangsung dengan tensi tinggi. Sejak awal, kedua tim terlihat bermain lebih terbuka dan saling melancarkan serangan. Selain itu, laga ini juga berlangsung keras dan penuh emosi. Hal ini dapat dilihat dari jumlah kartu pelanggaran yang dikeluarkan oleh wasit Armyn Dwi Suryathin, yaitu sebanyak 5 kartu kuning dan 1 kartu merah. Tak hanya pemain, ofisial kedua tim tak luput mendapatkan hadiah kartu kuning dari wasit.

2. Bali United bermain dengan 10 pemain

5 Bukti Bali United Main Puputan Lawan PersijaPemain Bali United saat memprotes keputusan wasit. (Instagram.com/baliunitedfc)

Kerasnya permainan, membuat Serdadu Tridatu harus bermain dengan 10 pemain. Pasalnya, Luthfi Kamal mendapatkan kartu kuning kedua berujung kartu merah pada menit ke-74. Ia dianggap menjatuhkan Marco Simic di area kotak penalti.

Mantan pemain PSIS Semarang ini mendapatkan kartu kuning pertamanya saat pertandingan baru berjalan 4 menit. Wasti memberikan hadiah kartu kuning setelah melanggar pemain Persija dengan keras. Luthfi Kamal pada pertandingan ini berposisi sebagai pemain belakang yang juga turut membantu penyerangan.

3. Persija gagal eksekusi karena Adilson Maringa

5 Bukti Bali United Main Puputan Lawan PersijaSpaso melakukan selebrasi usai mencetak gol. (Instagram.com/baliunitedfc)

Pada pertandingan ini, wasit sama-sama memberikan hadiah penalti kepada kedua tim. Persija lebih dahulu mendapatkan penalti pada menit ke-74, setelah Luthfi Kamal dianggap menjatuhkan Marco Simic di area kotak penalti. Pelanggaran yang berbuah kartu merah untuk Luthfi Kamal ini, dieksekusi oleh Gustavo Almeida.

Sayangnya, pemain asal Brasil ini gagal melakukan eksekusi. Adilson Maringa berhasil menepis bola yang diarahkan ke sisi kanan gawang Bali United. Skor tidak berubah, kedua tim masih bermain imbang.

Bali United mendapatkan hadiah penalti pada babak injury time. Wasit menunjuk titik putih setelah menganggap Rizky Ridho menjatuhkan Privat Mbarga di area kotak penalti. Sebagai eksekutor, Spaso mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Ia mampu mencetak satu-satunya gol pada pertandingan ini untuk kemenangan tim asuhan Stefano Cugurra ini.

4. Adilson Maringa bermakn cemerlang meski Persija menurunkan dua striker asing

5 Bukti Bali United Main Puputan Lawan PersijaGustavo Almeida, penyerang asing Persija Jakarta. (Instagram.com/persija)

Tak mau kecolongan di kandang Serdadu Tridatu, Thomas Doll menurunkan dua penyerang asingnya pada babak kedua. Mereka adalah Gustavo Almeida dan Marco Simic. Marco Simic bermain sejak menit pertama. Sedangkan Gustavo Almeida masuk pada babak kedua menggantikan Maciej Gajos pada menit ke-46.

Duet kedua penyerang asing ini sempat merepotkan barisan pertahanan Bali United. Beberapa kali, Simic maupun Almeida mendapatkan peluang mencetak gol. Namun, Adilson Maringa yang bermain cemerlang mampu menggagalkan serangan keduanya.

5. Serdadu Tridatu didukung penuh oleh pemain ke-12

5 Bukti Bali United Main Puputan Lawan PersijaPerwakilan supporter Bali United saat memberikan dukungan di Bali United Training Centre. (Instagram.com/northsideboys12)

Tak seperti biasanya, pada pertandingan tandang kali ini, tribun di Stadion Kapten I Wayan Dipta terlihat penuh. Semeton Tridatu terlihat mengisi penuh tribun timur yang biasanya sepi penonton. Begitu juga dengan tribun utara yang selalu bergairah, kali ini terisi penuh. Tentunya, Semeton Tridatu mendukung penuh tim kebanggaannya agar tetap berada di empat besar klasmen Liga 1 2023/2024.

Pada hari sebelumnya, perwakilan suporter datang langsung ke Bali United Training Centre. Mereka datang untuk memberikan semangat kepada para pemain Serdadu Tridatu untuk memperoleh 3 poin pada saat berhadapan dengan Tim Macan Kemayoran. Dukungan pemain kedua belas ini membuat Stadion Kapten I Wayan Dipta kembali bergemuruh. Para pemain bermain puputan untuk meraih kemenangan.

Dengan tambahan 3 poin ini, Bali United kini memperoleh 52 poin. Walaupun tetap berada di peringkat ketiga, namun Bali United berhasil menjauh dari PSIS Semarang dan Madura United dengan selisih 5 poin. Bali United akan melawan tim yang sudah pasti degradasi ke Liga 2, Persikabo 1973, pada Kamis (4/4/2024).

Ari Budiadnyana Photo Community Writer Ari Budiadnyana

Menyenangi hal-hal baru. Menulis salah satu hobi sejak jaman blog. Menulis apa saja yang ada di hati.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya