Main Imbang, Bali United Selalu Tumbang di Laga Tandang

Posisinya masih belum aman di empat besar

Bali United melakukan partai tandang saat menghadapi RANS Nusantara FC di Stadion Sultan Agung Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada Minggu (17/3/2024). Serdadu Tridatu hanya mampu bermain imbang menghadapi klub berjuluk The Prestige Phoenix ini dengan skor 1-1. Jefferson Assist dan Mitsuru Maruoka menjadi pencetak gol bagi timnya, masing-masing pada menit ke-61 dan ke-64.

Pertandingan Rans Nusantara FC dan Bali United ini menyajikan beberapa fakta menarik. Penasaran? Berikut daftarnya, pastikan kamu membacanya sampai habis.

1. Jefferson Assist kembali mencetak gol setelah tujuh pertandingan tanpa gol

Main Imbang, Bali United Selalu Tumbang di Laga TandangJefferson Assis sedang berebut bola dengan pemain PSM Makassar. (Instagram.com/baliunitedfc)

Sebagai seorang striker, tentunya memiliki tugas utama untuk mencetak gol. Seperti halnya Jefferson Assist. Pada putaran pertama, penyerang asing asal Brasil ini memiliki performa yang cukup baik. Tak lebih dari tiga pertandingan, dirinya pasti akan mencetak gol.

Berbeda dengan putaran kedua, produktivitasnya jauh menurun. Dalam tujuh pertandingan terakhir, ia belum mencetak gol sama sekali. Saat laga melawan RANS Nusantara FC, ia berhasil memecah kebuntuan ini. Jefferson berhasil menciptakan gol melalui tandukan kepala setelah mendapat umpat dari Ebber Bessa pada menit ke-61.

2. Bali United belum mampu memecah kebuntuan partai tandang

Main Imbang, Bali United Selalu Tumbang di Laga TandangLutfi Kamal (putih) saat mendapatkan pengawalan pemain RANS Nusatantara FC. (Instagram.com/baliunitedfc)

Dengan hasil imbang melawan RANS Nusantara FC, Bali United masih belum bisa bangkit pada partai tandang. Serdadu Tridatu belum pernah meraih kemenangan dalam lima pertandingan terakhir. Kemenangan terakhir adalah saat bermain di kandang Madura United. Bali United mampu menundukkan tuan rumah dengan skor 2-1.

Dalam lima partai tandang terakhir, Bali United hanya meraih hasil 3 kali seri dan 2 kali kalah. Hasil seri didapat saat berhadapan dengan Dewa United (1-1) pada 8 Desember 2023, PSM Makassar (0-0) pada 24 Februari 2024, dan RANS Nusantara FC pada 17 Maret 2024. Sedangkan saat menghadapi Persik Kediri dan Barito Putera, Serdadu Tridatu mengalami kekalahan masing-masing dengan skor 0-1 dan 3-4.

3. Dua mantan Bali United bermain di RANS Nusantara FC

Main Imbang, Bali United Selalu Tumbang di Laga TandangRizky Pellu saat meraih juara Liga 1 bersama Bali United pada Liga 1 2021/202. (Instagram.com/rizkypellu19)

Saat pertandingan Bali United vs RANS Nusantara FC, terdapat mantan dua pemain Serdadu Tridatu yang bermain untuk RANS Nusantara FC. Mereka adalah Taufik Hidayat dan Rizky Pellu. Sebelum bergabung bersama tim milik Raffi Ahmad ini, mereka memiliki peran yang penting di Bali United.

Taufik Hidayat mulai bermain bersama Bali United pada 2018. Pemain bertahan ini dibeli dari PSIS Semarang. Taufik Hidayat hanya bertahan setahun, dan memilih pindah ke PSM Makassar pada 2019.

Sedangkan Rizky Pellu mulai bermain untuk Bali United pada 2021. Sebelumnya, ia dikenal sebagai pemain yang cukup lama membela PSM Makassar. Berselang dua tahun, Rizky memutuskan untuk kembali ke PSM Makassar. Kemudian pada 2023, Rizky Pellu memilih untuk bergabung RANS Nusantara FC dengan status pinjaman.

4. Bali United dan RANS Nusantara FC sama-sama mengamankan posisi

Main Imbang, Bali United Selalu Tumbang di Laga TandangIrfan Jaya (putih) saat mendapatkan pengawalan pemain RANS Nusatantara FC. (Instagram.com/baliunitedfc)

Bali United saat ini tengah berjuang untuk bertahan di zona championship. Hal ini agar mereka memiliki kesempatan untuk meraih gelar ketiganya di Liga 1. Namun hasil seri ini membuat Bali United harus bekerja keras dalam sisa laga.

Saat ini, posisi Serdadu Tridatu di empat besar masih belum aman. Madura United, PSIS Semarang, dan Persik Kediri masih menjadi ancaman Bali United untuk bertahan di zona championship. Bali United, PSIS Semarang, Madura United, dan Persik Kediri memiliki peluang yang sama untuk masuk zona championship.

Sedangkan bagi RANS Nusantara FC, hasil imbang ini tentunya membuat tim asuhan Francis Wawengkang tersebut juga harus bekerja keras agar terhindar dari degradasi. Ada tiga tim yang mengekor RANS Nusantara FC di zona degradasi yaitu Persita Tangerang, PSS Sleman, dan Arema FC. Ketiga tim memiliki poin yang sama yaitu 31.

Sedangkan RANS Nusantara FC memiliki poin 34. Jika ketiga tim tersebut mampu mendapatkan hasil positif pada laga sisa Liga 1 2023/2024, RANS bisa saja terdepak ke zona degradasi bersama Bhayangkara FC dan Persikabo 1973.

Bali United menyisakan lima pertandingan di Liga 1 2023/2024. Serdadu Tridatu akan menghadapi tim yang berada di zona degradasi, yaitu Bhayangkara FC dan Persikabo 1973. Di atas kertas, sepertinya Bali United akan mampu mengatasi kedua lawannya ini.

Ari Budiadnyana Photo Community Writer Ari Budiadnyana

Menyenangi hal-hal baru. Menulis salah satu hobi sejak jaman blog. Menulis apa saja yang ada di hati.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya