Bali United Lolos Championship Series, Kalahkan Persebaya 2-0

Maringa catatkan cleansheet

Laga pekan ke-33 Liga 1 2023/2024 menghadirkan pertandingan antara tuan rumah, Persebaya Surabaya, menghadapi Bali United. Pertandingan ini berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo, Rabu (24/4/2024) sore. Bali United berhasil menghentikan perlawanan tuan rumah dua gol tanpa balas.

Dua gol Bali United dicetak oleh Irfan Jaya (35') dan Privat Mbarga (73'). Bali United mengambil inisiatif serangan sejak menit awal guna meraih kemenangan untuk lolos ke babak Championship Series Liga 1 2023/2024. Beberapa fakta menarik tersaji dalam laga ini. Berikut daftarnya!

1. Bali United lolos Championship Series

Bali United Lolos Championship Series, Kalahkan Persebaya 2-0Privat Mbarga usai mencetak gol ke gawang Persebaya Surabaya. (Instagram.com/baliunitedfc)

Kemenangan 2-0 atas tuan rumah Persebaya Surabaya mengubah poin Serdadu Tridatu menjadi 58 poin. Hal ini membuat posisi Bali United di empat besar tidak tergoyahkan. Dua tim yang berada di luar empat besar, PSIS dan Dewa United, dipastikan tidak bisa melewati poin Serdadu Tridatu.

Jatah satu tim di babak Championship Series masih diperebutkan oleh tiga tim yakni Madura United, PSIS Semarang, dan Dewa United. Madura United saat ini memiliki poin 53. Sedangkan PSIS dan Dewa United memiliki poin sama yaitu 50 poim. Ketiga tim ini sama-sama menyisakan dua pertandingan untuk berebut jatah di babak Championship Series.

2. Maringa raih cleansheet kesembilan

Bali United Lolos Championship Series, Kalahkan Persebaya 2-0Adilson Maringa. saat sedang berlatih. (Instagram.com/baliunitedfc)

Adilson Maringa memiliki performa yang cukup apik bersama Bali United. Saat menghadapi Persebaya Surabaya, ia kembali berhasil mencatatkan cleansheet. Ini menjadi cleansheet kesembilan kiper asal Brasil ini di Liga 1 2023/2024.

Dikutip dari akun Instagram @liga1match, Maringa berhasil melakukan 127 kali penyelamatan sebelum laga menghadapi Persebaya Surabaya. Mantan kiper Arema FC ini berada di peringkat kedua penyelamatan terbanyak di bawah Sonny Stevens (Dewa United). Dalam 33 pertandingan di Liga 1 2023/2024, Adilson mengalami kebobolan sebanyak 39 gol.

3. Mantan pemain Persebaya Surabaya cetak gol kemenangan Bali United

Bali United Lolos Championship Series, Kalahkan Persebaya 2-0Irfan Jaya (kiri) usai mencetak gol ke gawang Persebaya Surabaya. (Instagram.com/baliunitedfc)

Gol pembuka kemenangan Bali United dicetak oleh Irfan Jaya pada menit ke-35. Ia berhasil lolos dari penjagaan pemain belakang Bajul Ijo, dan menyontekkan bola masuk ke gawang yang dijaga oleh Andhika Ramadhani. Ini menjadi gol keempatnya bersama Bali United.

Seperti diketahui, Irfan Jaya adalah mantan pemain Persebaya Surabaya. Dilansir Transfermark.co.id, pemain yang dibesarkan oleh akademi PSM Youth ini mengawali karier profesionalnya bersama Persebaya Surabaya (Persebaya 1927) pada 2017. Irfan Jaya merumput bersama Persebaya selama empat tahun. Ia memutuskan hijrah ke PSS Sleman pada 2021, sebelum akhirnya memperkuat Bali United pada 2022.

4. Persebaya mengalami tiga kekalahan beruntun

Bali United Lolos Championship Series, Kalahkan Persebaya 2-0Eber Bessa (kanan) dihadang pemain Persebaya Surabaya. (Instagram.com/baliunitedfc)

Performa Bajul Ijo di akhir Liga 1 2023/2024 kurang bersinar. Persebaya Surabaya hanya mampu meraih satu kemenangan dalam lima laga terakhir. Selebihnya, mereka hanya mampu bermain satu kali seri dan mengalami tiga kekalahan beruntun.

Satu-satunya kemenangan tersebut diraih saat menundukkan Arema FC dengan skor tipis 1-0 pada 27 Maret 2024. Mereka mampu menahan imbang Madura United dengan skor 0-0. Tiga kekalahan beruntun diperoleh Arema FC dari Dewa United (0-3), Persib Bandung (1-3), dan terakhir oleh Bali United (0-2). Dengan hasil ini, Persebaya Surabaya meraih poin 39 yang kini bertengger di posisi 12 klasemen Liga 1 2023/2024.

Bali United kini hanya menyisakan satu pertandingan menghadapi tuan rumah Persita Tangerang, Selasa (30/4/2024) depan. Pada Mei 2024 nanti, Bali United akan bersiap untuk menghadapi pertandingan di babak Championship Series untuk meraih gelar ketiganya.

Ari Budiadnyana Photo Community Writer Ari Budiadnyana

Menyenangi hal-hal baru. Menulis salah satu hobi sejak jaman blog. Menulis apa saja yang ada di hati.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya