Bali United Kena Comeback, Takluk dari Persikabo 1973

Jala gawang Bali United dikoyak habis di babak kedua

Perjuangan Bali United untuk bertahan di empat besar klasemen Liga 1 2023/2024 menjadi berat. Pasalnya, Serdadu Tridatu mendapatkan hasil negatif kontra tuan rumah Persikabo 1973. Klub yang sudah pasti degradasi ke Liga 2 ini berhasil mengalahkan Bali United dengan skor 3-2 di Stadion Sultan Agung Bantul, Senin (15/4/2024) malam.

Tiga gol tuan rumah dicetak oleh Yandi Sofyan (50'), Manahati Lestusen (68'), dan Myat Kaung Khant (80'). Sedangkan pemain Bali United hanya mampu mencetak satu gol melalui tembakan keras I Made Tito Wiratama (22'). Satu gol lainnya diperoleh dari gol bunuh diri pemain belakang Persikabo 1973, Muhammad Kamaluddin (34'). Simak fakta-fakta menarik dari laga Bali United menghadapi Persikabo 1973.

1. Bali United kena comeback Persikabo 1973

Bali United Kena Comeback, Takluk dari Persikabo 1973Ilija Spasojevic (putih) berusaha menanduk bola ke arah gawang Persikabo 1973. (Instagram.com/baliunitedfc)

Bali United mampu menguasai jalannya pertandingan di babak pertama pada pertandingan lanjutan pekan ke-31. Made Tito berhasil mencetak gol pembuka Bali United melalui sepakan kerasnya pada menit ke-22. Bali United kemudian meningkatkan intensitas serangan.

Melalui suatu serangan, Bali United mampu mengubah skor menjadi 2-0. Pemain belakang Persikabo 1973, Muhammad Kamaluddin, salah mengantisipasi umpan lambung pemain Bali United. Bola tersebut justru masuk ke gawangnya sendiri.

Pada babak kedua, pemain Bali United terlihat menurunkan intensitas serangan. Hal ini dimanfaatkan oleh para pemain Persikabo 1973 untuk menggedor daerah pertahanan Bali United. Walaupun timnya sudah pasti degradasi ke Liga 2, namun para pemain Laskar Padjadjaran justru tampil lebih semangat di babak kedua. Hal itu terbukti, mereka mampu membalikkan keadaan.

Yandi Sofyan mendapatkan kesempatan pertama membobol gawang Bali United yang dijaga oleh Adilson Maringa. Delapan belas menit kemudian, giliran Manahati Lestusen yang mendapatkan kesempatan merobek jala Bali United. Gol kemenangan Persikabo 1973 diciptakan oleh pemain Timnas Myanmar, Myat Kaung Khant. Dengan kemenangan ini, Persikabo 1973 berhasil memutus rekor tak terkalahkan selama enam pertandingan berturut-turut.

2. Mantan pemain Bali United cetak gol

Bali United Kena Comeback, Takluk dari Persikabo 1973Yandi Sofyan usai mencetak gol ke mantan klubnya. (Instagram.com/officialpersikabo)

Gol pembuka Persikabo diciptakan oleh Yandi Sofyan. Penyerang berusia 31 tahun ini ternyata pernah bermain untuk Bali United. Ia merumput bersama Serdadu Tridatu pada 2017 setelah hijrah dari Persib Bandung.

Ia hanya bersama Bali United selama dua tahun dengan raihan 2 gol. Pada 2019, Yandi Sofyan meninggalkan Serdadu Tridatu. Yandi Sofyan telah mengoleksi 9 gol bersama Persikabo 1973 di Liga 1 2023/2024. Raihan ini mengukuhkan dirinya sebagai top skor Laskar Padjadjaran.

3. Lama tak bermain karena cedera, Made Tito langsung cetak gol

Bali United Kena Comeback, Takluk dari Persikabo 1973I Made Tito Wiratama (depan) usai mencetak gol ke gawang Persikabo 1973. (Instagram.com/baliunitedfc)

Ada yang menarik dari pertandingan Persikabo 1973 versus Bali United. Stefano Cugurra kembali memasang Made Tito sebagai starter. Seperti diketahui, Made Tito telah melewati 18 laga bersama Bali United karena cedera ligamen yang dialaminya.

Seolah tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan yang diberikan oleh pelatih, pemain kelahiran Kota Denpasar ini mampu bermain apik di lini tengah. Tak hanya itu, Made Tito mampu mencetak gol pembuka bagi Bali United pada menit ke-22. Tendangan kerasnya tidak mampu dijangkau oleh kiper Persikabo 1973, Husna Al Malik.

Pemain lokal Bali ini tidak bermain penuh. Made Tito diganti oleh Sidik Saimima di menit ke-72. Laga ini menjadi pembuktian Made Tito kepada Semeton Dewata dan pelatih bahwa dirinya sudah siap kembali bersama Bali United.

Selain Made Tito, ada juga nama Ryuji Utomo. Pemain belakang ini kembali mendapatkan kesempatan bermain sejak 15 laga terakhir. Ryuji Utomo masuk menggantikan Jajang Mulyana pada menit ke-46.

Posisi Bali United saat ini berada di peringkat ketiga klasemen sementara Liga 1 2023/2024. Madura United dan PSIS Semarang yang sama-sama memiliki poin 47, berpeluang untuk menggeser posisi Serdadu Tridatu. Bali United menyisakan tiga laga yaitu menghadapi Bhayangkara FC pada Sabtu (20/4/2024), Persebaya Surabaya pada Rabu (24/4/2024), dan Persita Tangerang pada Selasa (30/4/2024). Serdadu Tridatu harus bisa memaksimalkan hasil dari tiga pertandingan terakhir ini untuk bertahan di posisi empat besar.

Ari Budiadnyana Photo Community Writer Ari Budiadnyana

Menyenangi hal-hal baru. Menulis salah satu hobi sejak jaman blog. Menulis apa saja yang ada di hati.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya