Seleksi Pemain Muda Bali United, Ini Syarat dan Kriteria Penilaiannya

Talenta muda Bali harus mulai mempersiapkan diri nih

Gianyar, IDN Times - Seleksi pemain muda Bali United bertajuk "The Next Bali" akan segera digelar. Trio pelatih Bali United Youth, I Made Pasek Wijaya, Sandhika Pratama, dan I Gde Mahatma Dharma, mulai menjelaskan secara detail tahapan seleksi pemain muda tersebut.

Manajemen Bali United memang belum mengeluarkan pengumuman jadwal seleksi. Namun ketiga pelatih telah menjelaskan tahapannya, yakni proses pendaftaran, persyaratan, penilaian, hingga nanti berlaga di lapangan hijau.

Ketiga pelatih juara ini memberi semangat serta motivasi kepada seluruh pesepak bola berbakat dari penjuru Indonesia yang akan mengikuti program “The Next Bali”. 

Baca Juga: Bali United Bakal Seleksi Pemain Muda, Jawab Kritikan Fans?

1. Seleksi pemain muda Bali United dibuka untuk 3 kelompok umur

Seleksi Pemain Muda Bali United, Ini Syarat dan Kriteria PenilaiannyaPemain Bali United U-18 (Instagram.com/baliunitedyouth)

Program seleksi pemain muda Bali United ini dibuka untuk 3 kelompok umur, yakni kelompok U-14, U-16, dan U-18.

“Pertama, kami akan menyeleksi pemain usia 14 tahun yakni kelahiran tahun 2009. Kemudian pemain usia 16 tahun, kelahiran 2007 atau 2008. Terakhir, pemain usia 18 tahun kelahiran tahun 2005 dan 2006,” ujar I Gde Mahatma Dharma, Jumat (15/7/2022).

Nantinya akan dicari 1.000 orang pendaftar. Namun yang akan lolos seleksi hanya dicari 100 peserta. Seleksi akan dilakukan selama tiga hari.

"Berdasarkan tiga kriteria tersebut, pada hari pertama kami akan menjaring 1.000 peserta. Kemudian pada hari kedua, menjadi 500 peserta, dan terakhir 100 peserta,” ungkap pelatih lainnya, Sandhika Pratama.

Proses seleksi administrasi juga dilakukan dengan mempertimbangkan prestasi, posisi pemain sesuai kebutuhan klub, dan postur pemain.

"Tentu saja para talenta muda ini harus mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya," jelas Sandhika.

2. Calon peserta harus memahami empat kemampuan dasar bermain bola

Seleksi Pemain Muda Bali United, Ini Syarat dan Kriteria PenilaiannyaPelatih Bali United Youth, Made Pasek Wijaya. (Instagram.com/baliunitedyouth)

Sementara itu, Made Pasek Wijaya menjelaskan bahwa ada empat kemampuan dasar bermain bola yang setidaknya harus dipersiapkan oleh calon pemain Bali United.

"Empat kemampuan dasar yang kami lihat adalah teknik, taktikal, fisik, dan mental," jelas pelatih terbaik pada Elite Pro Academy (EPA) U-18 2021 itu.

Teknik berkaitan dengan kemampuan shooting, kontrol bola, akurasi passing, dan heading.

Sedangkan untuk taktikal, akan ada gim 9 melawan 9 pemain dan 11 melawan 11.

"Dari sana kami akan melihat cara bermain bolanya, bagaimana menyerang dan bertahan," ungkapnya.

Fisik pemain juga sangat diperhitungkan. Peran visik sangat vital saat bermain bola. Terakhir yang menjadi perhatian adalah mental, yang sangat penting untuk diasah di usia muda.

"Kami memberi pemahaman bahwa setiap pemain muda harus punya respek terhadap wasit dan lawan," tegas Made Pasek.

3. Calon pemain muda Bali United diminta mempersiapkan diri sebaik-baiknya

Seleksi Pemain Muda Bali United, Ini Syarat dan Kriteria PenilaiannyaPemain Muda Bali United. (baliutd.com)

Made Pasek juga akan menilai pemahaman calon pemain muda terhadap dasar transisi menyerang dan bertahan.

Pemain harus mengetahui kapan harus menyerang dan kapan harus bertahan. Selain itu, pemain paham tanggung jawab masing-masing posisi dalam menyerang dan bertahan.

"Termasuk bagaimana nanti pemain menjalankan transisi positif serta negatif. Itulah yang harus ditunjukkan calon pemain muda dalam permainan nanti,” jelas Made Pasek.

Ia meminta calon pemain muda Bali United untuk mempersiapkan diri sebaik-baiknya.

Topik:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya