MotoGP Andalusia: Fabio Quartararo Rebut Podium Pertama, Rossi Ketiga!

Quartararo dua kali jadi yang tercepat di MotoGP

Jakarta, IDN Times - Pembalap Petronas Yamaha, Fabio Quartararo, kembali menjadi yang tercepat dalam seri kedua MotoGP Andalusia yang digelar di Sirkuit Jerez, Spanyol, Minggu (26/7/2020).

Pembalap asal Italia tersebut berhasil tampil sangat baik dengan menyelesaikan lap demi lap dengan kecepatan konsisten dengan menunggangi YZR-M1.

Balapan berlangsung sengit saat lap pertama baru dimulai. Fabio Quartararo yang start terdepan di pole position, langsung memimpin balapan diikuti Maverick Vinales di posisi kedua, dan Valentino Rossi pada posisi ketiga.

Vinales langsung melakukan kesalahan saat lap pertama memasuki tikungan terakhir. Pembalap asal Spanyol yang mencoba mengambil alih posisi Quartararo itu harus melebar. Walhasil, posisinya di ambil Rossi di posisi kedua.

Lima posisi terdepan tak mengalami perubahan berarti sampai memasuki lap ke-9. Namun, Quartararo semakin menjauh dari rombongan dan semakin di atas angin memimpin balapan.

Persaingan yang seru justru terjadi dalam perebutan posisi tiga sampai lima. Beberapa kali, Vinales, Fransisco Bagnaia, dan Jack Miller terlibat pertarungan sengit. Bahkan, terjadi insiden pada lap ke-10, di mana Miller harus terjatuh dari lintasan dan tak bisa melanjutkan balapan.

Bagnania yang mulai panas terus mempercepat lajunya di lintasa. Dia pun berhasil menyodok ke posisi kedua menggeser posisi ketiga dan terus mengejar Quartararo yang masih memimpin lomba.

Bagnaia pun terus memperlebar jarak dengan Rossi menjadi dua detik dan mencoba terus mengejar Quartararo yang tampil konsisten di depan terpaut lima detik. Sementara, pada posisi lainnya tak ada perubahan berarti hingga balapan memasuki lap ke-17.

Namun, dua lap berselang, hal kurang enak menimpa Bagnaia. Pembalap Pramac Ducati itu harus menghentikan balapan lantaran motor yang ditungganginya, yakni GP20 mengalami kerusakan mesin, sehingga posisinya kembali diambil alih oleh Rossi.

Persaingan sengit terjadi saat balapan memasuki tiga lap terakhir. Namun tak banyak perubahan berarti, karena Fabio Quartararo tetap mempertahankan posusi pertama, Maverick Vinales berhasil menyelesaikan lomba pada posisi kedua, dan Valentino Rossi di posisi ketiga.

Baca Juga: MotoGP Andalusia: Quartararo Start Paling Depan, Valentino Rossi ke-4

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya