Kejuaraan Tenis Bertaraf Internasional Digelar di Bali

Ini menjadi potensi pariwisata dan ekonomi di Pulau Dewata

Badu ng, IDN Times – Kejuaraan tenis bertaraf internasional Amman Mineral Men's World Tennis Championship 2024 telah diselenggarakan di Nusa Dua, Bali, mulai 25 Agustus hingga 25 September 2024. Turnamen untuk petenis putra ini merupakan bagian dari rangkaian turnamen tetap International Tennis Federation (ITF) yang diikuti oleh sekitar 369 atlet tenis nasional dan mancanegara dari 56 negara.

Direktur Turnamen Amman Mineral Men's World Tennis Championship 2024, Lani Sardadi menjelaskan adanya kompetisi tenis bertaraf internasional diharapkan potensi pariwisata dan ekonomi di Pulau Dewata akan semakin terangkat melalui pariwisata olahraga (sport tourism).

“Kami tentunya berharap dengan adanya pergantian suasana, semangat dan performa para atlet tenis Indonesia yang bertanding semakin baik. Sehingga dapat meningkatkan prestasi mereka di kompetisi taraf internasional ini,” ungkapnya.

1. Turnamen diselenggarakan dalam 4 rangkaian

Kejuaraan Tenis Bertaraf Internasional Digelar di BaliAmman Mineral Men's World Tennis Championship 2024 di Nusa Dua Bali (IDN Times/Ayu Afria)

Menurut Direktur Turnamen Amman Mineral Men's World Tennis Championship 2024, Lani Sardadi bahwa kompetisi tenis putra profesional dunia ini diselenggarakan di Lapangan Tenis The Nusa Dua, di dalam kompleks ITDC. Yang digelar secara back to back dalam empat rangkaian diantaranya :

  1. ITF WTT M15K – 26 Agustus sampai 1 September
  2. ITF WTT M25K – 2 sampai 8 September
  3. ITF WTT M25K – 9 sampai 15 September
  4. ITF WTT M15K – 15 sampai 23 September

“Turnamen ini diharapkan menjadi ajang olahraga yang efektif untuk memupuk mental yang kuat, sportivitas, disiplin, dan membawa nama Indonesia ke level yang lebih tinggi di kancah internasional,” jelasnya.

2. Bali perlu menyediakan semua fasilitas pendukung untuk turnamen tenis

Kejuaraan Tenis Bertaraf Internasional Digelar di BaliAmman Mineral Men's World Tennis Championship 2024 di Nusa Dua Bali (IDN Times/Ayu Afria)

Pihaknya menyebut semua fasilitas pendukung, seperti clubhouse, sudah selesai dibangun. Maka berbagai turnamen tenis bertaraf internasional yang termasuk dalam kalender tetap ITF maupun ATP Tour diharapkan akan semakin sering dilaksanakan di Bali.

Selain itu menurutnya publik harus mengetahui alasan mengapa tenis itu memerlukan lebih banyak turnamen di Indonesia. Bahwa para atlet tenis bisa mengikuti pertandingan jika ranking-nya ada atau cukup. Tapi untuk mendapatkan ranking mereka harus mengikuti pertandingan.

“Kenapa harus kami laksanakan di Indonesia, karena kalau kami laksanakan di Indonesia kita itu bisa memberikan wadah untuk atlet-atlet kita sendiri. Sehingga walaupun saat ini mereka tidak punya rangking atau berpotensi. Kami kasih wadah sehingga mereka tetap bisa build up ranking,” jelasnya.

3. Pertandingan tenis memberikan dampak ke hunian hotel

Kejuaraan Tenis Bertaraf Internasional Digelar di BaliAmman Mineral Men's World Tennis Championship 2024 di Nusa Dua Bali (IDN Times/Ayu Afria)

Sementara itu CEO Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Ari Respati mengatakan dengan penyelenggaraan tenis tersebut diharapkan dapat meningkatkan okupansi 24 hotel yang ada di kawasan tersebut. Sudah sekitar dua bulanan ini okupansi hotel mampu mengungguli angka yang tercatat tahun 2018 lalu, dengan persentase sekitar 80 persen.

“Tenis ini akan memiliki masa depan yang cerah sekali di Nusa Dua. Khususnya di tempat kami saat ini. Kalau bisa sebulan sekali menyelenggarakan turnamen ini supaya kawasannya penuh dan ramai,” ungkapnya.

Baca Juga: 10 Lagu Bali Terbaru September 2024, Tayang di YouTube

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya