12 Ribu Orang Ikut Porsenijar Kota Denpasar

Yuk datang ke lokasi buat nyemangatin jagoanmu!

Denpasar, IDN Times – Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara bersama Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa; dan Ketua DPRD Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Gede membuka Pekan Olahraga dan Seni Pelajar (Porsenijar) Kota Denpasar Tahun 2024 di GOT Lila Buana Denpasar, Senin (1/4/2024).

Menurut Jaya Negara, kegiatan ini berlangsung hingga 7 April 2024 mendatang. Ada 32 cabang olahraga, dan 22 cabang seni yang akan dipertandingkan.

“Melalui Porsenijar ini akan dievaluasi dengan cermat dan teliti bagi para atlet dan artis pelajar untuk nanti diterjunkan pada even Porsenijar Provinsi Bali,” katanya dalam rilis.

1. Sebanyak 12 ribu orang dipastikan mengikuti pertandingan

12 Ribu Orang Ikut Porsenijar Kota DenpasarPekan Olahraga dan Seni Pelajar (Porsenijar) Kota Denpasar Tahun 2024 kembali dibuka (Dok.IDN Times/istimewa)

Kadis Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kota Denpasar, AA Gede Wiratama, mengatakan kegiatan Porsenijar Kota Denpasar dilaksanakan di GOR Lila Buana Denpasar dan kawasan Taman Budaya Art Center Denpasar. Untuk cabang olahraga dilaksanakan di lapangan venue yang ada di Kota Denpasar. Sedangkan untuk cabang seni dilaksanakan di Taman Budaya Art Center Denpasar dari tanggal 1 sampai 6 April 2024.

“Porsenijar Kota Denpasar tahun ini diikuti sekitar 12.000 orang yang terdiri dari atlet dan artis, beserta pembina atau pelatih, serta wasit atau juri,” ungkapnya.

Dalam cabang olahraga untuk jenjang SD, SMP, SMA/SMK mempertandingkan 32 cabor resmi dan 5 cabor eksibisi yakni Rugby, Xiangqi, Pickle Ball, e-Sport dan Yongmoodo. Sedangkan untuk cabang seni dimulai dari jenjang TK, SD, SMP, SMA/SMK yang melombakan 22 cabang seni.

2. Meningkatkan kesadaran para siswa akan arti olahraga dan seni

12 Ribu Orang Ikut Porsenijar Kota DenpasarFoto hanya ilustrasi (pexels.com/jeshootscom)

Jaya Negara mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Denpasar mengapresiasi atas penyelenggaraan kegiatan Porsenijar Kota Denpasar 2024. Pelaksanaa tahun ini sebagai ajang untuk menyeimbangkan kegiatan fisik dan nonfisik. Menurutnya, kecerdasan bukan hanya pada bidang akademik saja. Kekuatan fisik serta pengetahuan seni dan budaya secara tidak langsung mengasah kecerdasan emosional anak dalam berinteraksi.

“Porsenijar Kota Denpasar dapat memberdayakan olahraga dan seni sebagai bagian penting serta strategis bagi pencapaian prestasi, serta secara berkelanjutan dapat meningkatkan kesadaran para siswa akan arti penting olahraga dan seni,” katanya.

3. Denpasar fokus melahirkan atlet dan artis yang berprestasi

12 Ribu Orang Ikut Porsenijar Kota DenpasarFoto hanya ilustrasi (pexels.com/@rdne)

Kompetisi ini dinilai dapat memberikan kontribusi positif bagi bekal hidup dan pembangunan di bidang pendidikan. Sehingga penyelenggaraan Porsenijar Kota Denpasar dapat bermanfaat dalam upaya mengembangkan pembinaan olahraga dan seni di Kota Denpasar.

Jaya Negara berharap para atlet dan artis menaati segala peraturan serta keputusan yang telah ditetapkan dengan mengedepankan sikap sportivitas. Ia juga menekankan kepada seluruh wasit atau juri agar menjalankan pertandingan ini secara profesional.

“Dengan pola pembinaan yang baik tersedianya sarana prasarana, serta komitmen bersama dalam pembangunan olahraga dan seni akan mampu melahirkan atlet dan artis yang berprestasi di Kota Denpasar,” jelasnya.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya