Deretan Petinju yang Tanding di Bali, Dikemas Menghibur

Kompetisi tinju ini hampir jarang diadakan

Tinju merupakan olahraga yang cukup populer di masyarakat. Namun, kompetisi tinju hampir jarang diadakan. Karena itu HW Sport Show (HSS) menghadirkan olahraga ini, dan  mengemasnya menjadi hiburan menarik. Pelaksanaan HSS sendiri telah memasuki seri ketiga.

HSS Series 3 telah diadakan di Atlas Super Club, Kabupaten Badung, Minggu (10/9/2023) lalu. Beberapa petinju pro, amatir, hingga selebritas beradu fisik di ajang yang dihadiri oleh Menpora, Dito Ariotedjo; dan Bupati Badung, Giri Prasta. Meski pertandingannya di Bali sudah selesai, namun menarik untuk diulas siapa saja para petinju yang unjuk kekuatan di atas ring. Berikut potret keseruan HSS Series 3.

1. Pertandingan comeback Jekri Riwu

Deretan Petinju yang Tanding di Bali, Dikemas MenghiburJekri Riwu (celana hitam) vs Rahul Pinem (celana gold) . (dok. pribadi/Ari Budiadnyana)

Jekri Riwu merupakan petinju Bali yang pernah meraih emas pada Kejurnas Tinju Elite dan Youth di Medan, Sumatra Utara, pada Agustus 2022. Dalam HSS Series 3, ia berhadapan dengan petinju asal Indonesia, Rahul Pinem.

Jekri Riwu berhasil keluar sebagai pemenang dalam pertandingan yang berlangsung 6 ronde. Ia merasa senang bisa kembali naik di ring tinju.

2. Petinju asal NTB, Sahlan Coral, naik ring

Deretan Petinju yang Tanding di Bali, Dikemas MenghiburSahlan Coral (kanan) dan Don Dulaiman (kiri). (dok. pribadi/Ari Budiadnyana)

Sahlan Coral merupakan petinju kelahiran Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Ia telah lama menetap di Bali dan bergabung di sasana Mirah Boxing Camp. Nama Sahlan Coral tidak asing bagi dunia tinju Indonesia.

Ia pernah merebut juara sabuk emas tinju Indonesia pada tahun 2010. Ia sempat berlatih di Harry's Gym di Australia bersama Chris Jhon, Daud Jordan, dan lainnya. Pada HSS Series 3, Sahlan Coral menghadapi petinju asal Palestina, Don Sulaiman, di kelas Super Welterweight.

Di usianya saat ini, Sahlan Coral masih terlihat agresif di atas ring. Don Sulaiman tidak mampu meredam pukulan-pukulan yang dilancarkan Sahlan Coral. Pada ronde ke-2, Don Sulaiman tidak bisa melanjutkan pertandingan lagi. Sahlan Coral berhasil menang TKO atas Don Sulaiman.

3. Michael Sigarlaki gantikan petinju Amerika Serikat

Deretan Petinju yang Tanding di Bali, Dikemas MenghiburMichael Sigarlaki (kiri) dan Mark de Mori (kanan). (dok. pribadi/Ari Budiadnyana)

Petinju kenamaan asal Australia, Mark de Mori, seharusnya bertanding melawan Nick Guivas asal Amerika Serikat. Namun karena kondisi tertentu, Nick Guivas batal turun di HSS Series 3. Ia kemudian digantikan oleh petinju asal Indonesia, Michael Speed Sigarlaki.

Walaupun bodinya lebih kecil dari Mark, Michael mampu memberikan perlawanan. Pada babak pertama, Michael mengejutkan lawannya dengan pukulan keras ke arah wajah Mark. Gaya bertanding Michael sangat menghibur, mengingatkan kita pada Muhamad Ali. Beberapa kali ia sempat mengejek lawannya di atas ring. Pertandingan yang berlangsung selama 6 ronde ini, dimenangkan oleh Mark de Mori dengan kemenangan angka.

4. Alex Bajawa takluk dari petinju muda Australia, Max Mcintyre

Deretan Petinju yang Tanding di Bali, Dikemas MenghiburMax Mcintyre (kiri) dan Alex Bajawa (kanan). (dok. pribadi/Ari Budiadnyana)

Alex Bajawa adalah petinju ternama tanah Air. Beberapa gelar nasional berhasil direbutnya. Kini usianya telah memasuki kepala empat, namun semangatnya di atas ring masih ada. Alex Bajawa menghadapi petinju muda, Max Mcintyre, asal Australia yang masih berusia 19 tahun.

Alex Bajwa kewalahan menghadapi kelincahan dan kekuatan pukulan petinju termuda yang berlaga di HSS Series 3 ini. Alhasil, Alex Bajawa harus takluk di ronde kedua. Max Mcintyre berhasil menang TKO atas Alex Bajawa.

5. Martin Baker asal Inggris kalahkan petinju Australia

Deretan Petinju yang Tanding di Bali, Dikemas MenghiburTrav Robinson (kiri) dan Martin Baker (kanan). (dok. pribadi/Ari Budiadnyana)

Martin Baker asal Inggris menghadapi Trav Robinson dari Australia pada kelas Heavyweight. Martin Baker unggul dalam hal kecepatan dan kelincahan. Martin Baker berhasil memukul roboh Trav Robinson dengan pukulan keras pada ronde kedua. Martin Baker berhasil meraih kemenangan kemenangan KO atas lawannya.

6. Ghulba Fauzan raih kemenangan TKO

Deretan Petinju yang Tanding di Bali, Dikemas MenghiburGhulba Fauzan (kiri) dan Farel Rashid (kanan). (dok. pribadi/Ari Budiadnyana)

Ghulba Fauzan turun di kelas Superlight menghadapi Farel Rashid. Mereka merupakan petinju pemula, dan belum menguasai teknik bertinju dengan baik. Ghulba Fauzan berhasil meraih kemenangan TKO atas Farel Rashind, setelah Ghulba memukul bagian perut Farel.

7. Endi Junior berhasil kalahkan petinju Rusia

Deretan Petinju yang Tanding di Bali, Dikemas MenghiburEugene (kiri) dan Endi Junior (kanan). (dok. pribadi/Ari Budiadnyana)

Endi Junior asal Indonesia harus menghadapi petinju asal Rusia, Eugene. Mereka bertanding di kelas Super Middleweight. Bertanding selama 6 ronde, Endi berhasil meraih kemenangan angka atas Eugene.

8. Oloan Silalahi harus takluk dari petinju Asutralia

Deretan Petinju yang Tanding di Bali, Dikemas MenghiburSteven Kennedy (kiri) dan Oloan Silalahi (kanan). (dok. pribadi/Ari Budiadnyana)

Pertandingan di kelas Heavyweight menghadirkan petinju Indonesia, Oloan Silalahi, menghadapi Steven Kennedy asal Australia. Pertandingan berjalan dalam tempo yang sedikit lambat. Seteven Kennedy berhasil meraih kemenangan angka atas Oloan Silalahi.

9. Riko Chen sempat pukul jatuh Anthony

Deretan Petinju yang Tanding di Bali, Dikemas MenghiburRiko Chen (kiri) dan Anthony Engelen (kanan). (dok. pribadi/Ari Budiadnyana)

Riko Chen asal Indonesia menghadapi Anthony Engelen asal Belanda. Pertandingan yang berlangsung sebelum partai puncak Uus vs JRX ini berlangsung menarik. Pada ronde pertama, Riko Chen sempat memukul jatuh Anthony.

Namun  di ronde kedua hingga ronde ketiga, Riko Chen harus menjadi bulan-bulanan Anthony. Puncaknya pada ronde ketiga, Anthony menghujani Riko dengan pukulan yang menyebabkan Riko tersungkur. Anthony mendapatkan kemenangan KO pada ronde ke-3 atas Riko Chen.

Dengan hadirnya pertandingan tinju seperti HSS ini, tentunya dapat membangkitkan gairah olahraga tinju di Indonesia. Semoga, pertandinga-pertandingan tinju lainnya mulai bertumbuh di Indonesia.

Ari Budiadnyana Photo Community Writer Ari Budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya