Comscore Tracker

Jangan Khawatir, Inilah Waktu Terbaik untuk Sarapan Menurut Para Ahli

Jangan berpikir kamu jadi gak sehat kalau melewatkan sarapan

"Pagi harimu akan menentukan kesuksesan sepanjang harimu. Begitu banyak orang bangun dan langsung mengecek pesan teks, email, dan media sosial. Saya menggunakan jam pertama saya bangun untuk sarapan pagi rutin dan meditasi untuk mempersiapkan diri." - Caroline Ghosn, Founder Levo, entrepreneur muda sukses.

Kalimat di atas menunjukkan, bahwa sarapan adalah rutinitas utama yang dilakukan oleh orang-orang sukses. Bukan melihat media sosial (Medsos), email dan lainnya. Meski begitu, sebenarnya kapan sih waktu yang tepat untuk sarapan? Menurut para ahli, berikut ini waktu yang tepat untuk sarapan:

1. Masih belum ada bukti jika melewatkan sarapan akan merusak kesehatan

Jangan Khawatir, Inilah Waktu Terbaik untuk Sarapan Menurut Para Ahlipopsugar.com

Dilansir dari Popular Science, selama ini penelitian hanya berfokus pada manfaat efek pendek dari sarapan, bukan efek panjangnya. Itu sebabnya masih belum ada bukti, bahwa melewatkan sarapan dapat merusak kesehatan. Namun menurut ahli gizi klinis di Pusat Medis Rush University, Chicago, Kristin Gustashaw, kebanyakan orang yang sarapan mendapatkan manfaat positif.

Baca Juga: Bisa Menghambat Rejeki! 5 Kebiasaan Buruk Saat Bangun Tidur

2. Sarapan justru penting jika kamu akan berolahraga, ujian, menghadapi hari sibuk atau tiba-tiba lapar selepas bangun tidur

Jangan Khawatir, Inilah Waktu Terbaik untuk Sarapan Menurut Para Ahliconsumerhealthdigest.com

Menurut Gustashaw, sarapan justru jadi hal penting jika kamu seorang atlet yang memerlukan banyak tenaga untuk berolahraga, menghadapi ujian, atau kegiatan sibuk lainnya. Termasuk sarapan ketika kamu bangun pagi dalam keadaan lapar.

Dilansir dari Journal of Physiology: Endocrinology and Metabolism, peneliti membandingkan efek sarapan dengan puasa sebelum bersepeda pada 12 pria. Hasilnya, mereka yang sarapan lebih baik daripada yang berpuasa.

Baca Juga: Minum Air Putih di Pagi Hari Itu Penting Banget Lho! Ini Alasannya

3. Sarapan karbohidrat efektif untuk mengoptimalkan performa tubuh

Jangan Khawatir, Inilah Waktu Terbaik untuk Sarapan Menurut Para Ahlipixabay/cgdsro

Gimana bisa sarapan mengoptimalkan performa tubuh? Membakar karbohidrat ternyata lebih efektif daripada membakar lemak untuk performa ketahanan.

Menurut Javier Gonzalez, seorang peneliti dalam fisiologi manusia di University of Bath, Inggris, karbohidrat adalah bahan bakar yang menghasilkan energi dua kali lebih cepat daripada pembakaran lemak. Selain itu, pembakaran karbohidrat lebih hemat oksigen daripada lemak yang butuh sepuluh persen lebih banyak.  

4. Kenapa ibu selalu cerewet dan memaksamu untuk sarapan dulu sebelum menghadapi ujian di sekolah. Sebab itu penting lho, guys! Hasil ujian juga lebih baik jika sudah sarapan

Jangan Khawatir, Inilah Waktu Terbaik untuk Sarapan Menurut Para Ahliquipper.com

Menurut jurnal yang diterbitkan oleh Mahoney CR dan tim, siswa sekolah akan lebih bisa mengerjakan ujian apabila sudah sarapan. Gustashaw menambahkan, sarapan memberikan kesempatan tubuh untuk mendapatkan nutrisi. Nutrisi itulah yang membuat tubuh mendapatkan siklus metabolisme terbaik.

5. Namun yang perlu kamu ingat, bahwa melewatkan sarapan juga ada manfaatnya. Karena dapat membakar kalori lebih banyak

Jangan Khawatir, Inilah Waktu Terbaik untuk Sarapan Menurut Para Ahliposabilitymagazine.co.uk

American Journal of Clinical Nutrition menemukan manfaat positif ketika melewatkan sarapan. Yaitu dapat membakar kalori lebih banyak. Kok bisa? Dilansir dari Popular Science, mereka yang menunda sarapan selama 90 menit atau makan malam 90 menit sebelum tidur, berpotensi kehilangan lemak tubuh sebanyak dua kali lipat dalam 10 minggu.

Meski ada yang positif, tapi ada juga negatifnya jika melewatkan sarapan keseringan. Seperti peradangan yang berpengaruh negatif terhadap sensitivitas insulin seseorang. Hal itu akan memengaruhi jumlah glukosa dalam darah seseorang.

Selain itu, Gustashaw juga menyampaikan orang yang melewatkan sarapannya cenderung lebih banyak merokok, minum alkohol, tapi lebih sedikit berolahraga. Betul gak? Hayo, ngaku aja.

Lalu sebaiknya gimana dong? Ya, kalau makanan yang tersedia kurang sehat seperti donat, sebaiknya lewatkan saja sarapan. Tapi kalau ada makanan sehat, sebaiknya sarapan.

Baca Juga: Terapkan 7 Tips Ini Supaya Suasana Hatimu Tak Buruk Saat Bangun Pagi

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya