Comscore Tracker

Ini Alasan Ilmiah Kucing Suka Masuk ke dalam Kotak Kardus

Kucing emang punya sifat-sifat yang aneh, tapi bikin gemas

Mungkin, kamu yang sudah lama memelihara kucing mulai bertanya-tanya melihat perilakunya yang terkadang aneh. Seperti melompat-lompat di tengah malam, tidur di sebelah kamu dan mendengkur, hingga menjejalkan tubuhnya ke dalam tas plastik atau kotak kardus berbagai ukuran. Mengapa kucing bertingkah seperti itu ya?

Berikut ini penjelasan ilmiah sifat-sifat aneh kucing, dilansir dari wawancara Kate Wong untuk Scientific American.

Baca Juga: 6 Benda Untuk Menangkal Santet, Konon Kucing Juga Bisa

1. Ketika meminta perhatian dan pertolongan, kucing akan mendengkur

Ini Alasan Ilmiah Kucing Suka Masuk ke dalam Kotak Kardushswstatic.com

Kamu pernah mendengar orang yang mendengkur pelan, kan? Nah, seperti itulah suara kucing yang mendengkur. Itu sebenarnya kebiasaan mereka sejak masih kecil ketika minta susu kepada ibunya. Kalau sudah begini, mereka umumnya minta dibelai-belai, ya minta perhatian kamu sih. Getaran dari dengkuran kucing memiliki efek yang menenangkan buat kamu.

Berbeda halnya kucing yang mendengkur untuk meminta pertolongan. Getaran dari dengkuran kucing berguna untuk menyembuhkan kerusakan tulangnya yang terluka.

2. Kucing rumah jauh lebih cerewet daripada kucing liar. Itu karena mereka tahu, mengeong adalah cara terbaik untuk mendapatkan perhatian kamu

Ini Alasan Ilmiah Kucing Suka Masuk ke dalam Kotak Karduskittenrescue.org

Asal kamu tahu, kucing tidak akan mengeong kepada kucing lain. Mereka rajin memantau kehadiran dan kepergian kucing lain. Jadi gak perlu bahasa lisan.

Itu hanya dilakukan oleh ibu kucing yang berkomunikasi dengan anak-anaknya. Selain itu, kucing hanya mengeong kepada manusia. Karena dia tahu, bahwa itulah cara terbaik untuk mendapatkan perhatianmu.

3. Kucing manja karena menganggap kamu superior

Ini Alasan Ilmiah Kucing Suka Masuk ke dalam Kotak Karduskitnipbox.com

Mungkin kamu bertanya-tanya, kenapa kucing di rumah bisa begitu manja. Apakah dia menganggapmu sebagai orangtua, saudara atau sahabat?

Nyatanya, kucing yang suka menggosok-gosokkan badannya ke kaki itu karena menganggapmu lebih dari teman. Mereka menganggapmu superior. Ini sama seperti anak kucing yang menggosok-gosokkan badan ke ibunya, kucing betina ke pejantannya, atau kucing kecil ke kucing yang lebih besar.

4. Kucing akan dengan sendirinya mendekatimu. Karena dia benar-benar mencintai kamu

Ini Alasan Ilmiah Kucing Suka Masuk ke dalam Kotak Kardusaspca.org

Tentu saja ini adalah proses yang alami. Gak serta-merta bisa memaksanya supaya mencintai kamu. Kamu akan merasakan kasih sayangnya jika kamu memberikan makan, merawat dan bermain dengannya.

Selain itu, adakalanya kamu akan menemui kesulitan untuk membangun kepercayaan terhadap kucing yang penakut dan gugup. Pelan-pelan saja. Perlakuannya sama seperti kepada manusia: cinta tidak bisa dipaksakan, kan?

5. Kucing suka menggigit atau mencakar ketika kamu membelainya. Itu karena dia merasa sudah cukup

Ini Alasan Ilmiah Kucing Suka Masuk ke dalam Kotak Karduscutecatshq.com

Kucing memang menggemaskan. Makanya kamu pengin memeluk dan membelainya. Tetapi, tiba-tiba mereka menggigit dan mencakar begitu kamu belai. Itu tandanya mereka sudah cukup untuk dibelai.

Sebenarnya kucing sudah memberikan tanda-tanda sebelumnya. Pada saat merasa cukup, biasanya telinga kucing akan merata atau ekornya sedikit berkedut. Itu sebabnya, kamu kadang hanya perlu puas dengan mengelusnya sebentar, dan membiarkan dia pergi dari pangkuan.

6. Hei, kucing juga bisa cemburu!

Ini Alasan Ilmiah Kucing Suka Masuk ke dalam Kotak Kardusanimalnewyork.com

Sama seperti anjing, kucing juga bisa cemburu. Biasanya itu terjadi ketika kamu memberikan perhatian yang sama kepada kucing lain. Tapi itu gak akan lama kok. Cemburunya sangat singkat. Mereka akan mudah melupakannya.

7. Hati-hati ya. Kalau kamu tidak menemuinya dalam waktu yang lama, kucing bisa melupakanmu lho

Ini Alasan Ilmiah Kucing Suka Masuk ke dalam Kotak Karduscutecatshq.com

Mungkin kamu pernah pergi dalam waktu yang lama. Begitu pulang, kucing di rumah merasa asing atas kehadiranmu. Pada dasarnya, kucing akan melupakan kucing lain jika mereka terpisah dalam waktu yang lama. Hal itu pun berlaku untuk manusia.

Kalau anjing sih berbeda. Mereka dapat mengingat manusia hanya dari baunya dan dapat bertahan selama berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun.

8. Kucing suka memberimu tikus mati bukan sebagai hadiah

Ini Alasan Ilmiah Kucing Suka Masuk ke dalam Kotak Karduspurch.com

Biasanya, kucing akan membawa tangkapan ke tempat yang aman sebelum dimakan. Tetapi jika menurutnya dapur adalah tempat yang aman, lalu mereka menyadari bahwa makanan pemberianmu jauh lebih enak, mereka akan meninggalkan tangkapannya di tempat itu juga.

Kalau menurut laman Pet-Happy, kucing adalah hewan liar yang tinggal di hutan puluhan ribu tahun lalu. Mereka punya insting berburu yang kuat. Kamu harus sadar, bahwa hewan imut ini termasuk golongan karnivora. Kucing-kucing liar zaman dulu banyak memangsa hewan pengerat, burung, serangga, hingga reptil kecil.

Jadi, apakah hewan buruannya itu adalah hadiah buat kamu? Hmmm. Belum tentu juga ya.

Baca Juga: Duka Kematian Hewan Peliharaan Ternyata Lebih Menyakitkan dari Manusia

9. Kucing suka menjatuhkan barang karena mencari perhatian atau untuk kesenangannya sendiri

Ini Alasan Ilmiah Kucing Suka Masuk ke dalam Kotak Karduswpcode.info

Kebiasaan ini memang sangat mengganggu. Taruh gelas berisi air di atas meja, eh kucingmu malah menjatuhkannya. Kucing memang suka menjatuhkan barang dari tepi rak, meja, atau lainnya. Kenapa mereka melakukan hal itu? Sebenarnya mereka mencari perhatianmu. Kadang-kadang juga untuk kesenangannya sendiri sih. Menyebalkan, tapi kenapa masih tetap menggemaskan ya?

10. Kucing gak suka keluar rumah bisa jadi karena dia merasa nyaman

Ini Alasan Ilmiah Kucing Suka Masuk ke dalam Kotak Kardusomlet.co.uk

Jika kamu memelihara kucing di rumah sejak lahir, dia gak akan pernah merasakan kehilangan tinggal di luar. Itu karena dia gak pernah mengalaminya.

Namun persoalannya akan lain jika kamu mengadopsi kucing liar dan membawanya ke dalam rumah. Awalnya mereka mungkin akan stres. Makanya kamu harus mengajaknya bermain agar terbiasa.

11. Kucing tiba-tiba suka berlari atau melompat kegirangan karena merasa bosan dan stres

Ini Alasan Ilmiah Kucing Suka Masuk ke dalam Kotak Kardusyoutube.com/HouzzTV

Jangan salah, kucing juga bisa frustrasi kalau lagi bosan dan stres. Makanya kalau sudah begini, ajaklah mereka bermain.

12. Kucing suka masuk ke dalam kotak kardus karena merasa itu adalah tempat yang nyaman. Gak peduli kardusnya kecil atau rusak

Ini Alasan Ilmiah Kucing Suka Masuk ke dalam Kotak Kardusyokosojapan.co.jp

Mereka merasa kotak kardus adalah tempat yang ideal dan nyaman untuk tidur. Makanya kucing suka tergila-gila begitu melihat kotak kardus.

13. Kucing suka memanjat dan gak bisa turun sendiri karena takut

Ini Alasan Ilmiah Kucing Suka Masuk ke dalam Kotak Kardusalicdn.com

Kucing punya cakar yang memungkinkannya untuk memanjat pohon tinggi. Namun karena cakarnya memancang dan melengkung ke belakang, mereka masih kesulitan menggunakannya untuk turun. Sebenarnya kucing punya refleks yang bagus untuk melompat turun dengan aman. Hanya saja, kucing takut.

14. Kucing suka menjilat dan menggigit kantong plastik atau benda-benda yang bukan makanannya untuk mengurangi stres

Ini Alasan Ilmiah Kucing Suka Masuk ke dalam Kotak Kardusthecatsite.com

Mereka tahu kalau kantong plastik gak enak untuk dimakan. Mereka hanya senang menjilat dan menggigitnya untuk mengurangi stres. Gak hanya kantong, kadang dia juga melakukannya pada wol atau kain. Mereka juga suka memijat-mijat pada permukaan yang lembut. Sebab nyaman karena dianggap seperti ibunya.

15. Kucing mengunyah bulunya karena merasa gatal dan ada kutu atau parasit di tubuhnya

Ini Alasan Ilmiah Kucing Suka Masuk ke dalam Kotak Kardusnaturalcatcareblog.com

Itu adalah cara untuk menghilangkan gatal atau kutu pada tubuhnya. Namun, jika dia sampai memuntahkan bulu, itu adalah tanda stres parah. Bisa jadi dia mengalami konflik dengan kucing tetangga. 

16. Kucing menjadi 'gila' ketika diberikan catnip. Sebab tumbuhan itu memengaruhi otaknya

Ini Alasan Ilmiah Kucing Suka Masuk ke dalam Kotak Karduspopsugar.com

Kamu pernah kasih catnip gak sih? Itu adalah tanaman yang disukai kucing. Mereka akan tergila-gila terhadapnya. Menurut seorang dokter hewan Fresno di California, Ramona Turner, catnip mengandung minyak nepetalactone yang mengikat protein dan merangsang saraf sensoriknya.

Sel-sel saraf tersebut memicu respons ke otak, dan diproyeksikan ke beberapa daerah otak seperti amigdala serta hipotalamus. Bagian itu mengatur rasa lapar dan emosi.

Kucing pada dasarnya menanggapi minyak tersebut layaknya feromon yang dipancarkan oleh kucing lain, sehingga memicu respons seksual. Makanya kucing jadi bertindak aneh atau 'gila'. Tetapi catnip gak berbahaya dan gak bikin ketagihan kok.

Semoga kamu gak khawatir melihat tingkah-tingkah aneh pada kucingmu ya. Kalau ragu-ragu, bawa saja ke dokter hewan untuk meminta bantuan.

Baca Juga: Asik, Ini 6 Hewan Peliharaan Terbaik untuk Menjaga Kesehatan Mentalmu 

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya