Comscore Tracker

3 Penjelasan Ilmiah Kenapa Kamu Punya Wajah Jutek

Kelihatannya jutek, padahal gak juga lho

Kamu yang punya wajah seperti marah, pasti sering dikatain jutek kan? Padahal kamu sebenarnya biasa saja, tapi teman-teman terlanjur menganggapmu lagi badmood atau bete.

Tenang, kamu gak sendirian. Karena hampir sebagian orang memang memiliki wajah jutek. Sebenarnya punya wajah jutek ada penjelasan ilmiahnya lho. Berikut ini ulasannya:

1. Itu bukan salahmu, tapi memang wajah seperti itu dikenal sebagai "resting bitch face"

3 Penjelasan Ilmiah Kenapa Kamu Punya Wajah Jutekmundotkm.com

RBF adalah sebuah sindrom yang (Mungkin) menyerang jutaan orang di seluruh dunia. Sindrom ini ditandai dengan ekspresi natural yang sering dipersepsikan seperti orang yang tidak tertarik, tak peduli, atau, ya, bitchy.

2. Selama ini, orang-orang yang memiliki RBF sering ditanya apakah mereka sedang mengalami hal buruk

3 Penjelasan Ilmiah Kenapa Kamu Punya Wajah Jutekmarieclaire.com

Tak jarang mereka sering menerima kalimat "Kamu lebih cantik kalau senyum!" oleh orang-orang di sekitar mereka. Kamu bisa melihat RBF ada pada Anna Kendrick, Kristen Stewart atau Aubrey Plaza.

Tapi sekarang para peneliti sudah mengonfirmasi bahwa RBF bisa diukur dengan serangkaian tes diagnostik. Riset ini dilakukan di Nordus Information Technology, Jason Rogers dan Abbe Macbeth menganalisa lebih dari 10 ribu ekspresi yang dipindai menggunakan FaceReader. Mereka menemukan fakta, bahwa ekspresi rata-rata manusia terdiri dari 97 persen ekspresi alami dan tiga persen ekspresi emosi.

Ketika para ilmuwan memindai wajah Anna Kendrick dan Kristen Stewart, mereka menemukan sebuah duri dalam emosi mereka, sebuah faktor X di balik wajah mereka.

3. Namun ini tak hanya fenomena yang melanda para perempuan, karena Kanye West juga mengalami hal serupa

3 Penjelasan Ilmiah Kenapa Kamu Punya Wajah Jutekedition.cnn.com

Jadi apa yang menyebabkan seseorang memiliki RBF? Rogers dan Macbeth tak memiliki jawaban yang pasti, namun mereka menduga bahwa budaya sekitar dan genetis ikut berpengaruh. Namun penyebab utamanya bisa jadi soal bagaimana kamu 'menahan' wajahmu selama ini.

Macbeth mendeskripsikan RBF terlihat seperti salah satu sisi bibir tertarik ke dalam, mata menyipit, dan sudut bibir sedikit terangkat, namun tak sampai tersenyum.

Penasaran gak kamu punya RBF? Coba deh kamu ambil tesnya dan cari tahu di link berikut ini Noldus.com.

3 Penjelasan Ilmiah Kenapa Kamu Punya Wajah Jutekknowyourmeme.com

Nah, lain kali kalau ada teman yang bilang wajahmu jutek, tunjukin saja artikel ini. Biar mereka tahu penyebabnya.

Baca Juga: 5 Tanda-tanda Kamu Dimanfaatkan Orang Lain, Coba Renungkan!

Topic:

  • Irma Yudistirani

Just For You